Mutiara Puri Harmoni 2 Tawarkan Rumah Subsidi dengan DP 0% dan Cicilan Rp1,2 Juta

Selain menawarkan rumah subsidi dengan harga Rp168 juta, Vista Land Group juga memasarkan Rumah Kios dengan harga Rp200 jutaan di Mutiara Puri Harmoni 2.

Perumahan Subsidi Mutiara Puri Harmoni 2, Bekasi. (Foto: Dok. Vista Land Group)
Perumahan Subsidi Mutiara Puri Harmoni 2, Bekasi. (Foto: Dok. Vista Land Group)

RealEstat.id (Bekasi) – Agaknya, pandemi Covid-19 tidak terlalu berpengaruh terhadap pasar rumah subsidi. Bahkan, perumahan yang membidik masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebagai target market ini diprediksi tumbuh di atas 20% di 2021 ini. Hal ini pula yang membuat Vista Land Group optimistis memasarkan Mutiara Puri Harmoni 2.

Ardian Hendra, General Manager Regional Timur Vista Land Group menjelaskan, pasar rumah subsidi bergeming lantaran didukung kebijakan pelonggaran (relaksasi) persyaratan, suku bunga KPR rendah, dan DP 0%. Selain itu, Pemerintah juga sudah memutuskan harga unit rumah subsidi dengan skema Subsidi Selisih Bunga (SSB) tidak mengalami kenaikan pada tahun 2021.

Baca Juga: Bidik MBR, Permata Puri Harmoni 2 Pasarkan Rumah Rp168 Juta

Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor 535/KPTS/M/2019 Tentang Batasan Harga Jual Rumah Sejahtera Tapak Yang Diperoleh Melalui Kredit/Pembiayaan Pemilikan Rumah Bersubsidi, dengan lima kelompok wilayah persebaran rumah.

Menurut Ardian Hendra, stimulus dari Pemerintah berupa tidak naiknya harga rumah subsidi, akan lebih menggairahkan pasar. Apalagi di 2021 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menaikkan target rumah subsidi dengan pembiayaan Subsidi Selisih Bunga (SSB) dari 109.253 unit tahun lalu, menjadi 222.876 unit.

Di samping itu, kata Ardian, pasar rumah subsidi di tahun 2021 sangat prospektif, karena kebutuhan akan tempat tinggal bagi MBR masih sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat dari backlog rumah subsidi cukup besar.

Baca Juga: Garden Hous Grand Wisata: Satu Rumah, Beragam Fungsi

“Berdasarkan data Kementerian PUPR, backlog perumahan per awal 2020 mencapai 7,64 juta unit rumah yang terdiri dari 6,48 juta unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) non fixed income, 1,72 juta unit rumah untuk MBR fixed income dan 560.000 unit rumah untuk non MBR,” kata Ardian, dalam keterangan tertulis yang diterima RealEstat.id.

Khusus di daerah Bekasi yang merupakan daerah penyangga DKI Jakarta, lanjut Ardian, market share untuk rumah subsidi masih sangat tinggi. Pasalnya, lahan  peruntukan rumah subsidi semakin sempit, terlebih di kota besar seperti Bekasi, keberadaan rumah subsidi akan makin jauh ke dalam dari jalan raya provinsi.

DP 0% dan Cicilan Rp1,2 Juta
Vista Land Group, kata Ardian, siap mendukung pencapaian target rumah subsidi 2021, salah satunya adalah perumahan yang secara lokasi hanya 10 menit ke Jalan Pantura. Jadi ini kesempatan masyarakat untuk memiliki rumah dengan lokasi yang strategis, dan didukung dengan lahan pengembangan masih cukup luas, ditambah banyaknya kawasan industri yang mempekerjakan jutaan karyawan.

“Proyek tersebut adalah Mutiara Puri Harmoni 2, di Cikarang Utara, Bekasi adalah hunian aman dari Banjir di Timur Jakarta dan dibangun sejak 2016 di atas lahan 26 hektar kini sudah 90% terjual. Di tahun lalu saja kami bisa menjual 250 unit rumah. Saat ini sudah terbangun hampir 2.000 unit rumah subsidi dan rumah kios. Untuk itu, tahun 2021 ini kami optimis penjualan rumah di Mutiara Puri Harmoni 2 bisa tumbuh di atas 50 persen,” kata Ardian.

Baca Juga: MAS Group Pasarkan Rumah Rp200 Jutaan di Britania Bekasi

Ardian mengatakan, pengembang perumahan bersubsidi sekarang ini tidak hanya dituntut menjual dengan harga terjangkau sesuai aturan pemerintah, tetapi kualitas lingkungan juga harus diperhatikan. Karena itulah konsep umum pengembangan Mutiara Puri Harmoni 2 mengusung konsep Healthy Compact House dengan ruangan yang terbatas menjadikan hunian sehat dan bersih di lingkungan asri. Boleh dikatakan Mutiara Puri Harmoni 2 perumahan subsidi terbaik di Koridor Timur Jakarta.

“Di era digital seperti sekarang ini, di mana konsumen punya informasi banyak pilihan, pengembang tidak bisa lagi hanya mengandalkan harga murah. Konsumen akan memilih yang terbaik, yaitu harga terjangkau dan lingkungan yang baik, dan tentunya punya kemudahan akses. Inilah alasan mengapa proyek kami sangat diminati kalangan MBR,” ujarnya.

Baca Juga: Koridor Timur Jakarta Jadi Tujuan Investasi Hunian di Masa Pandemi

Menurut Ardian,  meski perumahan bersubsidi, Mutiara Puri Harmoni 2 yang dikembangkan Vista Land Group sejak awal telah memikirkan kualitas lingkungan untuk kenyamanan keluarga. Hingga tidak heran kalau rata-rata pembelinya adalah end-user. Sekarang ini ada 1.500 KK (kepala keluarga) yang sudah tinggal di dalamnya. Saat ini pengembang sedang membangun 150 unit rumah ready yang siap akad di awal semester kedua 2021.

Saat ini, Mutiara Puri Harmoni 2 memasarkan rumah subsidi tipe 26/60 (Luas Bangunan/Luas Tanah) dengan seharga Rp168 juta yang dapat dimiliki dengan fasilitas KPR dengan subsidi bunga 5% fix, dan angsuran sekitar Rp1,2 juta per bulan.

Hal yang menarik adalah konsumen dapat menikmati uang muka DP Rp0 alias tanpa DP. Vista Land Group juga memberikan tambahan bonus, antara lain tembok belakang, sumur pompa air dengan kedalaman lebih dari 30 meter, dan gratis biaya proses.

Tawarkan Rumah Kios
Di samping itu, jelas Ardian, saat ini pihaknya sedang memasarkan produk unggulan berupa Rumah Kios (Ruki) untuk usaha dengan tipe 28/40 m2 dengan harga Rp200 jutaan. Lokasi area Ruki sangat strategis berada di gerbang paling depan dari pintu masuk perumahan Mutiara Puri Harmoni 2.

“Untuk hunian sederhana harga Ruki Rp200 jutaan sangat menarik dan pembeli kita berikan promo cashback Rp10 juta setelah akad. Unit Ruki yang kami tawarkan sangat terbatas dan  ternyata peminatnya cukup banyak. Karena mereka melihat kawasan ini sudah ramai, dihuni sekitar 1.500 KK,” jelas Ardian.

Baca Juga: Koridor Timur Jakarta Bakal Salip Barat Jakarta, Ini Penyebabnya

Lokasi Mutiara Puri Harmoni 2 sangat strategis, berlokasi di Jl Karang Anyar, Karang Bahagia, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat yang dapat dijangkau dari Stasiun KRL (Kereta Rel Listrik) Cikarang, Angkutan kota dan Gerbang Tol Cikarang Barat. Perumahan ini juga dilengkapi berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial, di antaranya: area bermain anak, danau yang luas, minimarket, pusat jajanan (kuliner), sarana ibadah, lapangan olahraga, taman dan balai warga.

Sedangkan di lingkungan sekitar terdapat kawasan industri Jababeka, MM 2000, Rumah sakit, Pasar Cikarang, Sentra Grosir Cikarang, Sekolah, serta dekat dengan terminal Bus Cikarang, Stasiun KRL Cikarang, dan Stasiun KA Lemah Abang.     

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Interior rumah di Cluster Myza BSD City (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Interior rumah di Cluster Myza BSD City (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Serah terima unit Shinano Precast,  Jakarta Garden City (Foto: Dok. Modernland Realty)
Serah terima unit Shinano Precast, Jakarta Garden City (Foto: Dok. Modernland Realty)
The Grand by Crown Group.
The Grand by Crown Group.
Gambar 3D TOD Intermoda Tahap 1 (Foto. Dok: PT Sinar Mitbana Mas)
Gambar 3D TOD Intermoda Tahap 1 (Foto. Dok: PT Sinar Mitbana Mas)