CentrePark Asah Literasi Digital SDM Melalui Pelatihan Virtual

Digitalisasi dinilai mampu memperkokoh posisi kepemimpinan CentrePark di ekosistem operator parkir yang mengandalkan teknologi terkini.

RealEstat.id (Jakarta) - PT Centrepark Citra Corpora (CentrePark), penyedia solusi dan manajemen operator perparkiran, melakukan sejumlah upaya strategis untuk mendukung akselerasi terwujudunya transformasi digital di berbagai proses bisnisnya.

Digitalisasi dinilai mampu memperkokoh posisi kepemimpinan CentrePark di ekosistem operator parkir yang mengandalkan teknologi terkini di Indonesia saat ini.

Salah satu program yang digagas adalah menerapkan transformssi digital dalam operasionalnya.

Baca Juga: 11 Tahun Berkiprah, CentrePark Kelola 1,2 Miliar Unit Kendaraan Terparkir

Chief Operating Officer (COO) PT Centrepark Citra Corpora, Adriatik Harisnanda, menyebut program ini sudah mulai bergulir sejak tahun 2020, beberapa saat setelah Virus Corona mewabah di Indonesia.

“Selama masa pandemi ini, kami menyediakan kesempatan class training dengan fokus materi tentang digital transformation. Pelatihan dilakukan secara online sesuai arahan pemerintah wajib menerapkan social distancing di tempat kerja,” kata Adriatik, dalam keterangan pers yang dikutip, Senin (17/05/2021).

Selain untuk memperkuat pelaksanaan transformasi digital di CentrePark, tujuan pelatihan tersebut juga untuk mengasah keterampilan masyarakat selagi masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca Juga: Inovasi Centre Park Guna Bertahan Hadapi Pandemi

“Melalui inisiatif ini, CentrePark berupaya untuk membantu masyarakat beradaptasi dengan era di mana proses digitalisasi di berbagai lini akan berjalan semakin cepat, termasuk di area perparkiran,” jelas Adriatik.

Adapun tema yang dipelajari selama pelatihan ini mencakup berbagai domain digital seperti penerapan uang elektronik (cashless) untuk transaksi bayar parkir meliputi e-Money, Flazz, Brizzi dan TapCash.

Sejumlah model bisnis digital juga telah diterapkan, salah satunya Central Parking Monitoring yang memungkinkan para partner bisnis seperti pengelola gedung dan pemilik properti dapat memantau langsung jumlah traffic kendaraan, kondisi area parkir hingga pendapatan.

“Eranya sudah ke arah sana. Termasuk laporan kami kepada klien juga sudah dalam bentuk paperless. Itulah perlunya pelatihan bidang digital bagi SDM kami,” tuturnya.

Baca Juga: Usaha Parkir Butuh Relaksasi Pajak Demi Bertahan Di Tengah Covid-19

Ajakan melek digital kepada seluruh karyawan CentrePark juga menyentuh pembahasan tren perubahan masyarakat dari transaksi tanpa fisik melalui aplikasi parkir bernama Parkee.

“Sebagian besar lahan parkir yang dikelola oleh kami telah didigitalisasi oleh Parkee, sehingga sangat memungkinkan bisa menggunakan fitur booking slot parkir terlebih dulu" jelasnya

Lebih Mudah Bertransaksi
Pun pembayaran parkir bisa dilakukan dengan uang digital seperti GoPay, Dana, Ovo, LinkAja dan Shopee di lebih dari 200 titik parkir yang tersebar di Indonesia.

Terkait hal itu, Chief Executive Officer (CEO) PT Centrepark Citra Corpora, Charles Oentomo menyampaikan perkembangan teknologi pembayaran membuat masyarakat semakin mudah ketika akan bertransaksi.

Baca Juga : Bisnis Sistem Pembayaran Transportasi Makin Prospektif

"Cukup dengan menggunakan uang elektronik pada aplikasi Parkee ataupun dompet digital, setiap orang bisa membayar apa saja tanpa repot membawa uang tunai," ujar Charles.

Pengadopsian digital ini, lanjutnya, didorong karena adanya pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat lebih membutuhkan transaksi pembayaran secara cashless.

“Adanya pandemi memaksa bisnis parkir untuk menerapkan pembayaran secara non tunai. Hal ini guna menekan penularan virus. Kami juga telah menerapkan touchless button di pintu masuk,” ujarnya.

Strategi digital CentrePark tersebut diperkuat oleh laporan Finansial Inclusion Insights Indonesia 2018 oleh Strategi Nasional Keuangan Inklusif yang menyatakan, jumlah pengguna uang elektronik menlonjak signifikan.

Baca Juga: Kementerian ATR/BPN Menuju Transformasi Digital

Bahkan, hampir seluruh masyarakat dari berbagai kelompok usia mulai menggunakannya. Bank Indonesia mencatat, pada kuartal IV 2019 pertumbuhannya mencapai 241,2%.

“Sejak lima tahun terakhir cashless payment dianggap lebih efektif dan efisien, sehingga kami meminta semua karyawan CentrePark untuk mendukung ke arah itu," kata Dia.

Charles menambahkan, CentrePark percaya bahwa digitalisasi mendorong kompetensi SDM dan melahirkan produk-produk terbaru sehingga tercipta lebih banyak peluang bisnis.

“Kami berharap program pelatihan ini dapat menambah pengetahuan, pemikiran dan pencerahan yang optimal guna mendukung terselenggaranya transformasi digital, sekaligus turut berkontribusi mencetak generasi unggul dan berkualitas di Indonesia,” pungkas Charles.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Gedung Terminal St. John di Manhattan, New York (Foto: Dok. Cookfox Architects)
Gedung Terminal St. John di Manhattan, New York (Foto: Dok. Cookfox Architects)
Petugas Call Center Sharp Indonesia tengah melayani konsumen (Foto: Dok. Sharp Indonesia)
Petugas Call Center Sharp Indonesia tengah melayani konsumen (Foto: Dok. Sharp Indonesia)
Fasilitas SPBU Shell di Jakarta Garden City (Foto: Modernland Realty)
Fasilitas SPBU Shell di Jakarta Garden City (Foto: Modernland Realty)