Pasar Surabaya Menggeliat, Gedung Perkantoran Milik Intiland Ramai Peminat

Intiland beberapa portofolio gedung perkantoran di Surabaya, yakni Intiland Tower dan Praxis di pusat kota, serta Spazio dan Spazio Tower di Surabaya Barat.

Gedung Perkantoran Spazio Surabaya (Foto: Dok. Intiland)
Gedung Perkantoran Spazio Surabaya (Foto: Dok. Intiland)

RealEstat.id (Surabaya)PT Intiland Development, Tbk (DILD) melihat kebutuhan perkantoran yang sehat dan nyaman menjadi tren baru di Surabaya, khususnya di masa Pandemi seperti saat ini. Tingkat permintaan terhadap pasar perkantoran di Surabaya sempat mengalami kontraksi sejak terjadi pandemi Covid-19, namun pada awal tahun 2021, ada indikasi permintaan ruang perkantoran di Surabaya berangsur mengalami tren positif.

Harto Laksono, selaku Direktur Pemasaran PT Intiland Grande, anak usaha perseroan untuk pengembangan di Surabaya menjelaskan, salah satu perkantoran yang mengalami tren positif adalah Spazio Tower milik Intiland. Gedung perkantoran strata title ini, menurutnya, berhasil terserap pasar dengan cukup baik.

“Hingga saat ini, unit-unit kantor di Spazio Tower telah terjual sebanyak 70% sejak diluncurkan dan sebagian besar unitnya telah diserahterimakan kepada pembeli. Terdapat lebih dari 60% dipakai sendiri oleh pemilik,” ujar Harto Laksono kepada awak media, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga: Rilis Cluster DUO di Talaga Bestari, Intiland Tawarkan Desain Rumah Inovatif

Intiland sendiri saat ini memiliki beberapa portofolio gedung perkantoran di Surabaya, dua gedung berada di pusat kota, yaitu Intiland Tower dan Praxis, sementara dua gedung lainnya terletak di pusat bisnis Surabaya Barat yaitu, Spazio dan Spazio Tower.

Beberapa perusahaan berskala nasional dan multinasional telah berkantor di Spazio Tower, baik di bidang manufaktur, supplier, digital start-up, dan lain sebagainya. Bahkan terdapat satu perusahaan menempati area kantor seluas satu lantai di gedung ini.

Harto menjelaskan target pasar pembeli Spazio Tower memang sebagian besar adalah para pengguna akhir atau end user. Mereka mayoritas adalah para pemilik perusahaan atau pabrik di kawasan Surabaya. Kantor tersebut difungsikan bukan untuk operasional, namun lebih sebagai kantor representatif untuk bertemu dengan investor atau calon konsumen dari produk mereka sebelum berkunjung ke lokasi pabrik.

Baca Juga: Intiland Pilih Total Bangun Persada Sebagai Kontraktor Apartemen SQ Rés

Intiland menilai respon positif dari pasar perkantoran tidak luput dari pesatnya perkembangan kawasan Surabaya Barat dengan pembangunan infrastruktur serta transportasi yang baik. Spazio Tower yang merupakan pengembangan lanjutan dari gedung Spazio yang telah beroperasi sejak 2012. Kawasan perkantoran terpadu ini dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang, mulai dari perbankan, ritel, dan area F&B sehingga mampu memberikan preferensi lebih bagi para konsumen yang memerlukan perkantoran yang modern, lengkap, dan dengan akses transportasi yang mudah.

Harto Laksono menjelaskan Spazio Tower dirancang sebagai gedung perkantoran modern dengan konsep sehat dan ramah lingkungan yang diterapkan ke seluruh aspek bangunan. Didesain dengan area bukaan hingga 60%, gedung ini dilengkapi dengan beragam fitur menarik seperti jendela yang dapat dibuka di setiap unitnya serta tersedianya koridor terbuka untuk memaksimalkan sirkulasi udara di dalam gedung.

Hal ini sejalan juga dengan salah satu survei yang dilakukan oleh Gensler pada tahun 2020 lalu, yang menjelaskan bahwa sebagian besar pekerja mengharapkan lingkungan kantor yang efisien serta memiliki fleksibilitas yang hampir sama ketika mereka harus menjalankan kegiatan work from home. Hal yang menjadi perhatian utama adalah karyawan tidak berada di dalam ruangan tertutup, dan dapat menikmati penghawaan alami.

Baca Juga: Rilis Cluster Sierra di Serenia Hills, Intiland Tawarkan 5 Konsep Hunian Modern

Fasilitas lain yang telah disiapkan di Spazio Tower adalah ketersediaan dua lantai area ritel F&B dan ruang komunal terbuka di setiap lantai yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai ruang santai atau meeting point dengan tamu atau kolega perusahaan.

Selain itu, fitur-fitur inovatif juga turut diaplikasikan ke dalam unit kantor Spazio Tower. Gedung perkantoran ini menawarkan kebebasan lebih bagi pemilik untuk mengatur penggunaan energi secara mandiri dan terpisah dengan unit lainnya. Sehingga selain dapat menekan biaya operasional, hal ini juga dapat memberikan kebebasan jam kerja bagi penggunanya.

“Konsep sehat dari unit kantor yang kami tawarkan dapat memberi keyakinan lebih bagi calon konsumen akan terjaminnya faktor kesehatan di lokasi. Hal ini menjadi kesempatan baik bagi kami untuk mengenalkan kembali konsep kantor sehat yang telah kami siapkan jauh sebelum pandemi,” ungkap Harto. Selain itu, faktor penting lainnya yakni terdapat beberapa keunggulan yang dapat dinikmati dari bekerja di area perkantoran.

Baca Juga: Intiland Lakukan Serah Terima 170 Unit Hunian The Rosebay

Selain dapat meningkatkan produktifitas kerja karyawan, lebih fokus, maka bekerja di kantor dapat mengurangi stres, serta menjamin work-life balance dan menciptakan sinergi dan kolaborasi dengan tim.

Spazio Tower, sebuah bangunan mixed-use modern yang dikembangkan oleh perseroan di pusat kawasan pengembangan bisnis dan komersial di Surabaya Barat. Menempati luas lahan sekitar 4.600 meter persegi, Spazio Tower menawarkan ruang perkantoran dengan luas mulai 52 hingga 2.000 meter persegi.

Menyediakan 11 lantai ruang perkantoran strata title seluas 28.496 meter persegi, Spazio Tower juga dilengkapi fasilitas function hall, hotel Kayumanis yang menempati tujuh lantai teratas, serta dua lantai area ritel F&B seluas 5.077 meter persegi yang saat ini telah diisi oleh beberapa tenan F&B, antara lain Papa Ron’s Pizza, Parcwest, dan Mitch & Elle.

Selain itu, area ritel Spazio Tower juga terkoneksi langsung dengan Spazio dan Spazio Terrace yang memiliki beragam pilihan tenan seperti restoran, café, kedai kopi, salon, hingga karaoke.

Angkat Konsep Perkantoran Sehat
Selain Spazio Tower, Intiland juga mengembangan Praxis, area perkantoran modern berkonsep sehat di pusat kota Surabaya. Praxis merupakan pengembangan mixed–use & high rise terpadu yang menempati area seluas 1,1 hektar. Berlokasi tepat di dalam satu kawasan dengan Intiland Tower Surabaya, Praxis menerapkan konsep mall yang inovatif dalam gedung perkantoran.

Empat lantai perkantoran ini dilengkapi dengan fasilitas eskalator dan area parkir kendaraan di setiap lantai, yang dapat memudahkan mobilitas pengunjung dan karyawannya. Selain itu, Praxis juga menawarkan unit kantor yang dilengkapi dengan display façade ke arah koridor utama, sehingga memudahkan perusahaan untuk menampilkan produknya.

Baca Juga: Cluster Dandelion Graha Natura Surabaya Tawarkan Rumah Sehat Bergaya Compact

“Konsep kantor seperti mal ini bisa dikatakan sebagai satu-satunya di Surabaya. Konsep ini tentunya sesuai bagi perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumennya, seperti bank, kantor maskapai penerbangan, tour & travel agent, dan lain sebagainya,” jelas Harto lebih lanjut.

Praxis menawarkan area perkantoran strata title seluas 17.400 meter persegi dengan beragam fasilitas unggulan, antara lain area parkir kendaraan yang memadai, koneksi langsung dengan 28 lantai gedung apartemen modern, serta tiga lantai area ritel F&B yang telah diisi oleh beberapa restoran dan café ternama. Hadir pula pusat layanan public SIM Corner di lantai LG yang telah diresmikan pada bulan November lalu.

Beragam perusahaan besar yang bergerak di bidang pasar modal, konsultan, serta jasa keuangan juga telah berkantor di gedung ini. Selain itu, saat ini ketersediaan unit serviced office dengan luas total 260 meter persegi juga telah tersewa habis, atas tingginya minat pasar perkantoran di pusat kota. Saat ini, perseroan tengah mempersiapkan pengembangan tahap kedua dari serviced office yang diproyeksikan akan siap pada bulan Maret tahun ini.

Baca Juga: Intiland Sosialisasikan Gaya Hidup dan Hunian Sehat di Masa Pandemi

Harto menyebut bahwa telah terjadi tren positif akan kebutuhan ruang kantor di Surabaya sejak akhir 2020 lalu. Ia menilai konsumen mulai percaya kembali dengan amannya bekerja di gedung perkantoran.

Mengantisipasi potensi tersebut, perseroan menyiapkan beberapa strategi khusus untuk menarik bagi konsumen dan investor, seperti program investasi dengan penawaran rental guarantee 30% dalam tiga tahun, kemudahan cara bayar uang muka 20% diangsur selama 4 kali, promo bunga khusus dengan kredit investasi Bank BCA, serta menyediakan finished unit dengan lantai dan plafon.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Kawasan Industri Jababeka juga terbuka bagi perusahaan startup (Foto: Jababeka.com)
Kawasan Industri Jababeka juga terbuka bagi perusahaan startup (Foto: Jababeka.com)
Anniversary BTN Solusi Properti Expo 2021
Anniversary BTN Solusi Properti Expo 2021
Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja (kiri atas), Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn (kanan atas), Ketua Panitia BCA Expoversary Online 2021 & Direktur BCA Finance, Petrus Karim (kiri bawah), dan Executive Vice President Consumer Loan, Felicia M. Simon (kanan bawah) saat virtual press conference BCA Expoversary Online 2021, Jumat (26/2/2021).
Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja (kiri atas), Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn (kanan atas), Ketua Panitia BCA Expoversary Online 2021 & Direktur BCA Finance, Petrus Karim (kiri bawah), dan Executive Vice President Consumer Loan, Felicia M. Simon (kanan bawah) saat virtual press conference BCA Expoversary Online 2021, Jumat (26/2/2021).
Tampak dalam gambar: Fenderia Laorensi, Head Of Operation PT Siloam Medika Cemerlang
(keempat dari kiri), David Iman Santosa, Managing Director Urban Development PT
Modernland Realty Tbk. (kelima dari kiri), dan Herman Goh, Director Jakarta Garden City (keenam dari kiri) saat prosesi penandatanganan kerjasama, Jumat, 26 Februari 2021.
Tampak dalam gambar: Fenderia Laorensi, Head Of Operation PT Siloam Medika Cemerlang (keempat dari kiri), David Iman Santosa, Managing Director Urban Development PT Modernland Realty Tbk. (kelima dari kiri), dan Herman Goh, Director Jakarta Garden City (keenam dari kiri) saat prosesi penandatanganan kerjasama, Jumat, 26 Februari 2021.