Cara Ampuh Membasmi dan Mengusir Tikus di Rumah Dari Pakarnya

Sebuah penelitian menunjukkan, 20% - 25% kebakaran rumah dan bangunan disebabkan korsleting dari kabel yang terkelupas akibat gigitan tikus.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) - Salah satu hama yang paling mengganggu di dalam rumah adalah tikus. Untuk itu, perlu dipahami tips dan cara membasmi serta mengusir tikus dari rumah, agar tidak kembali lagi. Pasalnya, hewan pengerat yang satu ini mampu menyebabkan kerusakan signifikan pada rumah, terutama pada perabotan rumah bermaterial kayu dan kabel.

Khusus kabel, tikus mengerat dan mengunyahnya hingga terkelupas. Akibatnya, risiko korsleting berujung kebakaran pun makin besar. Sebuah penelitian menunjukkan, 20% - 25% kebakaran rumah dan bangunan di Amerika Serikat disebabkan korsleting dari kabel yang terkelupas akibat gigitan tikus.

Baca Juga: Ini Dia, Cara Alami Basmi Larva Lalat Paling Ampuh

Saking ganasnya, tikus sebagai pengerat juga bisa merusak perabotan rumah seperti sofa, bahkan buku dan kertas serta baju tidak luput rusak digigit. Tikus bersarang di tempat-tempat tersembunyi atau di tempat yang sulit dijangkau manusia di dalam rumah, di bawah wastafel, di belakang kulkas, atau di balik mesin cuci.

Aktivitas tikus yang terus mengerat bahkan mengganggu ketenangan pemilik rumah, terusik waktu bersantainya hingga kerap terjaga dari tidur karena suara berisik yang ditimbulkan.

Sudah banyak cara dilakukan untuk mengusir para pengerat dari dalam rumah, dan seperti yang dibagikan penyedia jasa pengusir hama Smith’s Pest Management asal San Fransisco, antara lain:

Baca Juga: Sering Kali Mengotori Hunian, Ini Dia Trik Mengusir Cicak di Rumah

1. Periksa Rumah
Sebelum Anda mengusir dan membasmi tikus-tikus menjengkelkan dari dalam rumah, periksa dulu rumah secara menyeluruh untuk mengetahui akses masuk mereka.

Bagian atau area rumah yang perlu diperiksa dengan seksama antara lain saluran air, celah di ventilasi atau pintu garasi, serta ruang di fondasi rumah. Setelah ditemukan lokasi yang menjadi akses keluar masuk tikus, Anda bisa menutupnya atau memasang jebakan.

2. Tutup Lubang atau Celah Kecil
Tikus bisa masuk melalui lubang atau celah selebar kira-kira dua jari orang dewasa, karenanya tutup semua celah yang ada di sekeliling rumah Anda. Penutup celah bisa dari kawat, seng, semen, atau dempul. Jangan lupa rutin periksa celah yang ditutup dan pastikan semuanya selalu dalam kondisi baik.

Baca Juga: Cara Menghalau Ular Masuk ke Rumah, Ternyata Bukan dengan Garam!

3. Bersihkan Rumah Sesering Mungkin
Definisi membersihkan rumah di sini adalah menyingkirkan barang-barang tak terpakai dari dalam rumah. Rapikan mereka di satu tempat yang tertutup agar tikus tak bisa bersarang di dalamnya. Sampah sisa makanan harus dalam kondisi tertutup, segera membersihkan tumpahannya termasuk tumpahan minuman serta jaga kebersihan dan kelancaran saluran pembuangannya.

4. Pasang Jebakan atau Sebar Racun Tikus
Beragam jebakan tikus mudah didapatkan di toko perabotan atau bahan bangunan dekat sekitar tempat tinggal Anda. Bentuknya bermacam-macam, ada yang seperti penjepit atau berbentuk lem dengan daya rekat sangat kuat. Bahkan racunnya juga dijual bebas termasuk yang ditawarkan secara online.

Pasang jebakan sebanyak-banyaknya di area yang selama ini tikus berkeliaran di dalam rumah Anda. Untuk umpannya, Anda bisa memanfaatkan selai kacang, buah-buahan seperti pisang dan apel, atau kepala ikan asin. Pasang perangkap dan racun tikus di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak Anda.

Baca Juga: 5 Tips Rumah Bersih Bagi Pecinta Hewan Peliharaan

5. Sebar Benda yang Tidak Disukai Tikus
Cara ini lebih sebagai antisipasi tikus masuk dan berulah di rumah Anda. Buah mengkudu, cabai rawit, lada hitam, atau cengkeh bisa Anda sebar di sekitar celah di pintu garasi atau gerbang rumah. Bisa juga menaburkan bubuk merica (atau semprotan merica) di sekitar lubang tikus untuk mencegah mereka masuk kembali ke rumah Anda.

6. Hubungi Penyedia Jasa Pengusir Hama Tikus
Anda bisa menghubungi penyedia jasa pengusir hama tikus jika memang sudah merasa enggan atau tak mampu melakukannya sendiri. Biasanya para petugas sudah paham semua cara mengusir para pengerat sehingga Anda tinggal menunggu hasilnya saja.

Habitat tikus tidak hanya di dalam rumah. Mereka bisa berpindah dan bersarang di luar rumah Anda setelah “terusir”. Rutin membersihkan halaman atau taman di rumah Anda bisa membantu untuk benar-benar mengusir tikus dari rumah Anda.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa
Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)
Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa