Ini Dia, Cara Alami Basmi Larva Lalat Paling Ampuh

Di rumah yang kotor, larva lalat atau belatung pun dapat muncul dan susah dienyahkan. Untuk mencegah kemunculannya di rumah, lakukan beberapa hal mudah ini.

RealEstat.id (Jakarta) – Rumah yang jarang dibersihkan dan tumpukan sampah yang dibiarkan, dapat menyebabkan lalat berkembangbiak. Larva lalat atau belatung pun dapat muncul dan susah dienyahkan. Selain menjijikkan, larva lalat juga menimbulkan penyakit. 

Sebenarnya cara paling mudah adalah menggunakan produk yang mengandung permethrin, bahan kimia sintetis yang biasa digunakan sebagai insektisida, pembasmi serangga, atau pembasmi kutu. Hanya saja cairan ini berbahaya bila terkena mata dan kulit.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Bentuk Meja Makan Sesuai dengan Ruangan

Anda juga bisa menggunakan cairan pemutih baju yang ampuh untuk menghancurkan kehadiran larva lalat atau belatung. Caranya: larutkan cairan pemutih dengan air. Tuangkan cairan tersebut ke dalam tempat sampah, tutup rapat dan biarkan uap dari pemutih tersebut membunuh larva.

Cairan lain yang ampuh membasmi larva lalat adalah dengan menyemprotkan (hairspray) cairan pewangi rambut. 

Beberapa Cara Alami
Untuk mencegah munculnya larva lalat, Anda dapat membasminya dengan cara sederhana dan alami. 

Trik alami membasmi bibit lalat bisa dengan menyiramkan air mendidih. Cara ini sangat berguna, terutama jika mahluk kecil itu berkerumun di suatu tempat seperti di tempat sampah.

Selain air panas, membasmi larva belatung ini juga bisa dengan cara menaburkan tanah diatom, sejenis batu sedimen yang bermanfaat sebagai pembersih dan pembunuh serangga.

Taburkan tanah diatom pada larva dan tunggu hingga mati. Tanah itu akan menempel dan membuat mereka kekurangan cairan secara perlahan.

Baca Juga: Mau Beli Tanaman Hias, Perhatikan Beberapa Hal ini!

Membasmi larva lalat  bisa juga dengan menaburi limau atau garam. Cara kerjanya mirip dengan tanah diatom, limau atau garam akan mengeringkan larva dan menyebabkan mereka mati karena kekurangan cairan. Limau yang harus Anda gunakan adalah kalsium oksida atau kalsium hidroksida.

Cairan lain yang bisa menyebabkan larva lalat enggan hidup adalah dengan campuran air dan cuka. Pada dasarnya, larva tidak bisa hidup pada tempat yang mengandung campuran air dan cuka.

Trik lain untuk mencegah serbuan jentik lalat bisa dengan cara menggunakan bir. Caranya, masukkan sedikit bir ke wadah terbuka dan letakkan di dekat larva lalat.

Baca Juga: Jababeka Raih Predikat “Best Industrial Developer” di Asia Property Awards 2020

Larva ini akan tertarik untuk mendatangi wadah tersebut. Mereka akan merangkak ke dalamnya dan tenggelam di dalam bir. Anda dapat menggunakan cara ini jika larvanya tersebar di mana-mana.

Tips ampuh lainnya untuk membasmi bisa dengan memasukkan kapur barus ke dalam tempat sampah. Kapur barus merupakan campuran kimia yang berisi insektisida.

Jika Anda meletakkan satu atau dua kapur barus di dasar tempat sampah secara teratur dan menutup tempat sampah tersebut, kapur barus dapat menjadi penangkal larva yang efektif.

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)