Tips Ampuh dan Mudah Membasmi Kecoa di Rumah

Selain dengan membersihkan sudut-sudut rumah, ada tips ampuh membasmi kecoa di dalam rumah.

RealEstat.id (Jakarta) - Membasmi kecoa merupakan "pekerjaan wajib" di rumah. Betapa tidak, selain menjadi perantara hadirnya beragam penyakit, kecoa terkenal dengan kegemarannya berada di tempat-tempat kotor.

Karena itu, kehadiran serangga kecil satu ini tentu sangat menjengkelkan. Nah, agar kenyamanan Anda tidak terganggu, diperlukan cara yang tepat untuk membasmi dan mencegah kedatangan kecoa di rumah.

Tips paling ampuh dan mudah membasmi kecoa bisa dengan meletakkan boraks di tempat yang biasa dilalui kecoa di rumah, seperti di pojok ruangan atau di meja dapur.

Baca Juga: Ini Dia, Cara Alami Basmi Larva Lalat Paling Ampuh

Boraks adalah senyawa garam, turunan dari asam borat lemah, yang dapat dibeli dengan mudah di apotek dan toko bahan kimia.

Sebagai informasi, boraks sebagai bahan tambahan makanan dinilai berbahaya bagi tubuh, namun boraks tidak berbahaya bagi kulit bila digunakan dalam jumlah terbatas.

Untuk membasmi kecoa, taburi bubuk boraks di sepanjang pojok lantai yang berbatasan dengan dinding. Sifat kecoa yang memakan apa saja, remah-remah kecil makanan yang tertinggal di meja dapur Anda akan menjadi jamuan pesta buat kecoa.

Baca Juga: Sering Kali Mengotori Hunian, Ini Dia Trik Mengusir Cicak di Rumah

Fungsinya selain untuk mengusir, bisa juga mematikan, karena kandungan bahan ini memiliki senyawa yang mampu membunuh kecoa. Jika terkena boraks, kulit kecoa akan mengering dan kehilangan cairan, kemudian mati.

Agar upaya pencegahannya efektif, dilakukan tips membasmi kecoa ini secara berkala. Lakukan penaburan boraks setiap tiga pekan sekali. Cara ini selain bisa membasmi kecoa, juga bisa mencegah menetasnya telur kecoa.

Selain mampu membasi kecoa, boraks juga bisa membasmi kutu di karpet. Caranya, taburkan boraks pada karpet dan dibiarkan selama 30 menit. Kemudian, bersihkan dengan penyedot debu hingga bersih.

Baca Juga: Cara Menghalau Ular Masuk ke Rumah, Ternyata Bukan dengan Garam!

Agar aman, jauhkan boraks dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Masukkan boraks ke dalam botol plastik, biar aman simpan racun serangga itu di dalam lemari tempat tersembunyi. Berikan tanda supaya penggunaannya tidak disalah gunakan.

Agar rumah tetap bebas dari kecoa, pastikan kebersihan sudut-sudut ruang, terutama dapur. Bersihkan celah-celah pada kompor, lemari es, dan bagian lain yang kerap menyimpan kotoran. Bersihkan juga di bagian bawah serta tempat atau sudut ruangan yang mungkin menjadi tempat jatuhnya makanan.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Bentuk rumah elemen ‘Tanah” menguntungkan berada di tengah-tengah rumah lain yang berbentuk elemen ‘Api’.
Bentuk rumah elemen ‘Tanah” menguntungkan berada di tengah-tengah rumah lain yang berbentuk elemen ‘Api’.
Foto: Dok. Sinar Mas Land
Foto: Dok. Sinar Mas Land
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Efek cermin yang "memperluas" ruangan. (Foto: Pixabay.com)
Efek cermin yang "memperluas" ruangan. (Foto: Pixabay.com)