5 Tips Rumah Bersih Bagi Pecinta Hewan Peliharaan

Pemilik rumah harus menyisihkan biaya ekstra untuk makan, pemeliharaan, dan kesehatan serta membersihkan hunian lantaran ulah hewan peliharaan mereka.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) – Memiliki hewan peliharaan di rumah mendatangkan kesenangan tersendiri bagi para pecinta binatang. Hadirnya hewan peliharaan yang bersahabat, seperti kucing ataupun anjing di rumah dianggap dapat mengurangi tingkat stres dan kesepian bagi para penyayang binatang ini.

Kendati demikian, pemilik hewan peliharaan harus menyisihkan biaya ekstra untuk makan, pemeliharaan, dan kesehatan. Di sisi lain, mereka juga harus bersiap-siap mengeluarkan tenaga ekstra untuk membersihkan hunian yang berpotensi berantakan dan kotor lantaran ulah hewan peliharaan kesayangan mereka.

Baca Juga: Trik Ampuh Usir Nyamuk di Kamar Tidur Kesayangan

Bagi Anda yang ingin memiliki hewan peliharaan di rumah, bersiap-siaplah membersihkan rumah dari bulu kucing atau anjing yang bertebaran dan menempel di sofa atau karpet. Belum lagi bila binatang-binatang tersebut buang kotoran tidak pada tempatnya di dalam maupun lingkungan sekitar rumah.

Agar rumah tetap bersih meski memelihara hewan kesayangan, perhatikan beberapa tips berikut ini:

Pastikan Kebersihan Hewan Peliharaan
Sebagai binatang rumahan, kucing atau anjing memiliki kebiasaan bermain di dalam ruangan. Binatang-binatang ini juga gemar menghangatkan diri di atas sofa bahkan di tempat tidur.

Oleh karena itu, pastikanlah hewan peliharaan Anda tetap bersih dengan memandikannya secara teratur. Bersihkan pula telapak kaki mereka agar tak meninggalkan bekas di atas seprai atau karpet. Jangan memberikan makanan sembarangan, agar bulu mereka tidak mudah rontok.

Baca Juga: Sering Kali Mengotori Hunian, Ini Dia Trik Mengusir Cicak di Rumah

Bersihkan Bulu yang Menempel dengan Lakban
Bulu kucing atau anjing seringkali rontok dan menempel di sofa, kursi ataupun karpet di rumah, sehingga membuat ruangan menjadi kotor. Bulu hewan peliharaan yang menempel di sofa juga tidak baik untuk kesehatan penghuni, terutama bagi yang memiliki alergi.

Untuk membersihkan bulu-bulu yang menempel, Anda dapat menggunakanlah lakban atau selotip berukuran besar. Tempelkan bulu hewan peliharaan Anda ke bagian lakban yang lengket, hingga buluterangkat sempurna.

Buat Area Khusus Hewan Peliharaan
Agar memudahkan dalam membersihkan rumah, sebaiknya Anda memiliki area khusus bagi hewan peliharaan. Misalnya Anda bisa mengubah kandang kucing menjadi tempat tidur yang nyaman dengan memberikan alas tebal dan bantal kecil tak terpakai. Cara ini akan membuat Anda hanya perlu fokus membersihkan tempat tersebut.

Baca Juga: Cara Menghalau Ular Masuk ke Rumah, Ternyata Bukan dengan Garam!

Jaga Ruangan Tetap Wangi
Bau tidak sedap seringkali tercium ketika Anda memelihara kucing atau anjing. Kondisi ini tentu akan mengganggu kenyamanan semua anggota keluarga.

Oleh karena itu, usahakan untuk menghadirkan aroma ruangan tetap harum. Caranya, bisa dengan menggunakan pewangi ruangan atau aroma terapi yang menyegarkan dan dipasang di sudut ruangan.

Lakukan Toilet Training
Kucing dan anjing dikenal sebagai hewan yang cerdas dan dapat dilatih melakukan banyak hal. Agar hewan peliharaan tidak membuang kotoran sembarangan, lakukan toilet training atau melatih mereka untuk buang air di tempat khusus yang telah disediakan. Langkah ini akan mengurangi potensi rumah kotor dan bau akibat kotoran binatang peliharaan.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Juneidi D. Kamil, Pakar Hukum Properti (Foto: RealEstat.id)
Juneidi D. Kamil, Pakar Hukum Properti (Foto: RealEstat.id)
Ciptakan Ruang Multifungsi di Rumah 
Bersama Dulux EasyClean Anti-Viral. (Foto: dok. AkzoNobel)
Ciptakan Ruang Multifungsi di Rumah Bersama Dulux EasyClean Anti-Viral. (Foto: dok. AkzoNobel)
Pekuburan (Foto: Dok. Pixabay)
Pekuburan (Foto: Dok. Pixabay)
Toilet duduk (Foto: Pixabay.com)
Toilet duduk (Foto: Pixabay.com)