Tips Mencegah Kebakaran Rumah dan Ragam Penyebabnya

Perlu mengetahui berbagai potensi penyebab kebakaran. Dengan begitu, kita bisa melakukan tindakan pencegahan sebelum 'si jago merah' melahap habis hunian.

Ilustrasi penyebab kebakaran rumah. (Foto: Jakmall)
Ilustrasi penyebab kebakaran rumah. (Foto: Jakmall)

RealEstat.id (Jakarta) - Kebakaran rumah dapat terjadi karena berbagai sebab. Namun pada umumnya, bencana tersebut muncul akibat kelalaian penghuni yang tak memperhatikan pemicu kebakaran.

Potensi kebakaran rumah meningkat seiring dengan datangnya musim kemarau. Hal tersebut disebabkan karena suhu udara di sekitar rumah meningkat dan menjadi salah satu pemicu semakin cepatnya api menjalar ke dalam ruangan.

Oleh karena itu, penghuni perlu mengetahui berbagai potensi penyebab kebakaran yang bisa terjadi di hunian. Dengan begitu, mereka bisa melakukan tindakan pencegahan sebelum kebakaran terjadi.

Baca Juga: Ini Dia Cara Agar AC di Rumah Hemat Listrik dan Awet

Lantas, bagaimanakah antisipasi terbaik untuk mencegah kebakaran rumah. Mari kita simak tips-nya berikut ini, ya.

Peralatan elektronik dan instalasi listrik sesuai standar
Mayoritas kebakaran hunian yang sering terjadi di Indonesia disebabkan korsleting listrik. Hal itu dapat dipicu karena kelalain dalam penggunaan peralatan elektronik ataupun instalasi listrik yang tidak memadai.

Maka dari itu pemilik rumah wajib untuk menggunakan peralatan elektronik dan instalasi kabel listrik yang sesuai standar yang ditetapkan.

Baca Juga: Mitos Seputar Kamar Tidur, Salah Satunya Menyebabkan Perselingkuhan

Untuk mencegah rumah terbakar, ada baiknya penghuni memeriksa secara rutin kondisi instalasi kabel listrik dan melakukan perawatan dengan baik.

Dapur menjadi area rawan
Selain korsleting listrik, area dapur juga menjadi titik rawan dan pemicu kebakaran rumah. Hal tersebut disebabkan pada area tersebut terdapat bahan mudah terbakar, seperti minyak.

Kebakaran di area dapur banyak terjadi dipicu karena kelalaian penghuni yang meninggalkan dapur saat kompor gas masih menyala.

Oleh karenanya, sebagai solusi mencegah kebakaran di dapur adalah dengan tidak meninggalkan area tersebut ketika masih memasak.

Baca Juga: Ini Dia, Tips Rumah Hemat Listrik dari PLN

Jika ingin meninggalkan dapur, matikan terlebih dahulu kompor dan singkirkan bahan yang mudah terbakar dari atas kompor.

Simpan bahan kimia rumah tangga dengan aman
Bahan-bahan kimia untuk keperluan rumah tangga juga tak jarang menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Tumpukan produk pembersih rentan terbakar atau meledak akibat suhu ruangan yang panas.

Nah, sebaiknya simpanlah produk bahan kimia pembersih rumah tangga secara benar dan jauhkan dari paparan sinar matahari serta jangan meninggalkan bahan kain dekat produk tersebut. Letakkan secara rapi dan di wadah penyimpanan yang ideal.

Waspada saat lilin dan rokok menyala
Kebakaran rumah kerap kali juga terjadi akibat lalainya penghuni ketika menyalakan lilin ataupun rokok.

Tetap waspada saat lilin atau rokok menyala, agar tidak menyambar tirai atau kain furnitur yang mudah terbakar. Janganlah meninggalkan ruangan dengan lilin atau rokok dalam kondisi menyala.

Berita Terkait

Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)