Mau Beli Mesin Cuci? Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tak Salah Memilihnya

Beragam fitur teknologi yang ada pada mesin cuci, dianggap mampu menjadi solusi mencuci pakaian secara praktis dan meringkankan pekerjaan rumah.

Ilustrasi memilih mesin cuci idaman. (Foto: Hgtv)
Ilustrasi memilih mesin cuci idaman. (Foto: Hgtv)

RealEstat.id (Jakarta) - Sebagian besar masyarakat perkotaan kini menggunakan mesin cuci untuk membersihkan pakaian kotor di rumah mereka.

Dengan ragam fitur teknologi yang telah dibenamkan pada mesin cuci bukaan depan atau pun mesin cuci bukaan atas, dianggap mampu meringankan beban pekerjaan rumah tangga, sekaligus menjadi solusi mencuci pakaian secara praktis.

Saat ini seiring dengan inovasi teknologi, banyaknya brand, ukuran serta variasi model mesin cuci yang beredar di pasaran membuat siapa pun akan merasa kebingungan dalam memilihnya.

Baca Juga: Ini Dia Trik Hilangkan Noda Perabot Rumah dengan Gula-Pasir

Lantas, bagaimana cara memilih mesin cuci yang sesuai kebutuhan Anda? Simak tips-nya berikut ini.

Memahami jenis mesin cuci
Sebelum Anda membeli sebuah mesin cuci, ada baiknya pahami terlebih dahulu jenis perangkat elektronik itu.

Contohnya, jenis mesin cuci bukaan depan (washing machine front load) dan mesin cuci bukaan atas (washing machine top load). Kedua jenis mesin cuci tersebut memiliki kelebihannya masing-masing.

Baca Juga: Tips Basmi Tungau Kasur, Penyebab Alergi Sistem Pernapasan

Umumnya, mesin cuci bukaan depan akan lebih hemat air dan bisa mencuci lebih bersih. Sedangkan mesin cuci bukaan atas dikenal lebih murah dibanding model bukaan depan.

Perhatikan fitur kelebihannya
Selain jenisnya, Anda pun harus memperhatikan pula ragam fitur tambahan yang tersedia. Misalnya pembilas tambahan, dispenser deterjen otomatis, hingga fitur quick dry.

Sesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan mencuci pakaian di rumah. Konsultasikanlah dengan penjual produk untuk solusi terbaiknya.

Lihat kapasitas mesin cuci
Ketika sedang memilih mesin cuci, pertimbangkanlah kapasitas pakaian kotor yang sanggup tertampung oleh perangkat elektronik rumah tangga tersebut.

Baca Juga: Cara Menghalau Ular Masuk ke Rumah, Ternyata Bukan-dengan Garam

Dengan memiliki mesin cuci berkapasitas besar, maka Anda bisa mencuci dalam jumlah yang lebih banyak pula serta akan lebih hemat energi listrik, biaya operasional, dan air.

Perhatikan instalasi pipa air di rumah
Mesin cuci akan membutuhkan sumber air dan instalasi pipa air yang memadai. Oleh karenanya, Anda harus sudah memahami kondisi penempatan mesin cuci serta jalur air yang tersedia. Sebelum membeli, pelajari pula daya listrik yang dibutuhkan dan jalur pembuangan.

Jangan lupa dengan garansi & sertifikasi
Selain brand, jenis mesin cuci serta fitur teknologi yang canggih, jangan lupakan ketersedian garansi dan sertifikasi mesin cuci.

Perhatikan seberapa lama jaminan servis berkala atau garansi spare part yang ditawarkan oleh produsen mesin cuci. Dengan begitu, akan membuat pembelian mesin cuci menjadi lebih terjamin.

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)