Tips Memasang Wallpaper di Dinding Hunian Anda

Di pasaran, ada dua jenis bahan dasar wallpaper, yaitu kertas dan sintetis (vynil) yang dapat dipilh sesuai kebutuhan.

Foto: PIxabay.com
Foto: PIxabay.com

RealEstat.id (Jakarta) – Wallpaper memiliki beragam fungsi, mulai untuk mempercantik ruangan, hingga menutup kekurangan dinding hunian, baik rumah maupun apartemen. Bila Anda ingin menghias ruangan dengan wallpaper, ketahui terlebih dahulu tips memasang wallpaper di dinding hunian Anda—tanpa harus menggunakan jasa tukang.

Wallpaper dengan warna dan motif tertentu dipercaya dapat memberikan kenyamanan serta memperbaiki mood. Di pasaran, ada dua jenis bahan dasar wallpaper, yaitu kertas dan sintetis (vynil). Selain karena mengilap, alasan orang banyak memilih bahan vynil karena tahan air, mudah dibersihkan, dan harganya lebih murah.

Jika berniat memasang wallpaper di dinding hunian Anda, setidaknya perhatikan beberapa tips berikut ini:

Baca Juga: Tips Desain dan Dekorasi Kamar Bayi: Nyaman dan Cantik

Kenali Struktur Dinding
Tips pertama sebelum memasang wallpaper adalah mengenali sifat struktur dinding rumah Anda, lembap atau kering. Dinding kering paling baik untuk dilapisi wallpaper.

Jika dinding lembap, ada baiknya diperbaiki dulu dan pastikan kering sebelum dipasang. Untuk dinding baru, harus menunggu permukannya benar-benar kering. Boleh juga diratakan dengan dempul atau plamir dan tunggu sampai kering.  

Penanganan Dinding Lama
Pada dinding lama, sebaiknya wallpaper tidak langsung dipasang. Anda harus dibersihkan terlebih dahulu dinding tersebut dari lapisan cat yang mengelupas, karena akan berpengaruh pada daya rekat wallpaper.

Jika ada retak rambut dan lubang pada dinding, tambal dulu dengan plamir atau dempul. Hal ini akan menghindarkan cat terkelupas yang membuat banyak tonjolan dan wallpaper terlihat tidak rata.

Baca Juga: 7 Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya

Penggunaan Lem
Jangan terlalu banyak memakai perekat atau lem khusus agar tidak menimbulkan gelembung. Tips memasang wallpaper agar tidak terkelupas adalah dengan meratakan sapuan lem ke seluruh dinding.  

Tak Semua Dinding Perlu Wallpaper
Perlu diperhatikan, tak perlu semua dinding dilapisi wallpaper, karena wallpaper. Cobalah dulu untuk menghias pemisah dinding atau border. Selain lebih kecil biayanya, hal ini untuk membantu Anda dan keluarga merasa nyaman dengan perubahan baru ini.

Trik Menyambung Wallpaper
Panjang atau lebarnya dinding bukan tak mungkin membentuk sambungan pada wallpaper. Di sini harus hati-hati dan teliti menyesuaikan motif, yaitu masing-masing bagian yang terpotong sambungan.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Sofa Sesuai dengan Ruangan

Mengganti Wallpaper Lama
Mengganti wallpaper lama dengan yang baru pun tak jauh berbeda caranya. Lepaskan dulu wallpaper, bersihkan dinding dari lem yang masih menempel. Setelah kering, silahkan pasang wallpaper baru.

Demikian tips memasang wallpaper di dinding hunian. Namun jika Anda merasa bukan ahlinya, ada baiknya meminta bantuan tukang atau pemasang wallpaper.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Membuat Pupuk Kompos (Foto: Dok. Pixabay.com)
Membuat Pupuk Kompos (Foto: Dok. Pixabay.com)