Tips Desain dan Dekorasi Kamar Bayi: Nyaman dan Cantik

Menciptakan kenyamanan pada kamar bayi dengan desain dan dekorasi indah tentunya membutuhkan sentuhan khusus. Berikut ini beberapa tips buat Anda.

Kamar Bayi (Foto: Pixabay.com)
Kamar Bayi (Foto: Pixabay.com)

RealEstat.id (Jakarta) - Menghias kamar bayi dengan aneka dekorasi cantik menjadi sebuah "kewajiban" orang tua. Apalagi sang buah hati sudah dinantikan kehadirannya. Untuk itu, menciptakan suasana kamar bayi yang nyaman harus dilakukan dengan sempurna.

Menciptakan kenyamanan pada kamar bayi dengan desain dan dekorasi indah tentunya membutuhkan sentuhan khusus. Pasalnya, untuk mendapatkan hasil desain yang menawan, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan.

Baca Juga: Tips dan Trik Bersihkan Coretan Anak di Dinding Rumah

Berikut ini beberapa tips untuk mendesain kamar bayi Anda:

Tentukan Lokasi Kamar Bayi
Langkah pertama adalah menentukan lokasi kamar untuk sang jabang bayi. Agar memudahkan, pilih kamar yang mudah dan cepat dijangkau oleh orang tua. Hindari penempatan kamar bayi di ruang-ruang yang berpotensi menimbulkan kebisingan.

Warna dan Tema Kamar Bayi
Selanjutnya, tentukan warna kamar yang disesuaikan dengan tema yang diinginkan. Biasanya, kamar bayi mengadopsi warna-warna yang memberi kesan sejuk. Sebaliknya, hindari pemilihan warna yang mencolok dan membuat mata sang bayi lelah.

Agar kamar lebih menarik, padukan warna dengan tema ruang yang diinginkan: misalnya tema robot, tokoh kartun tertentu, antariksa, dan lain-lain. Agar dekorasi kamar bayi lebih terlihat estetis, berikan sentuhan aksesori pada dinding serta elemen ruang lainnya sebagai pemanis.

Baca Juga: Mitos Seputar Kamar Tidur, Salah Satunya Menyebabkan Perselingkuhan

Pemilihan Furnitur
Agar kamar bayi terasa nyaman bagi buah hati dan sang ibu, sebaiknya pilih furnitur yang ditempatkan sesuai dengan fungsi. Hindari penempatan furnitur secara berlebihan, karena akan mempersempit ruangan. Sebaiknya jangan gunakan furnitur yang memiliki sudut tajam, yang dapat melukai sang buah hati.

Cermati Pencahayaan Ruang
Untuk kamar bayi berumur di bawah satu tahun, sebaiknya pencahayaan kamar diatur agar tidak menyilaukan mata. Untuk itu, hindari penempatan cahaya persis di atas tempat tidur sang bayi.

Agar sang bayi nyaman pada malam hari, pilihlah pencahayaan lampu yang agak redup. Tujuannya agar memudahkan sang bayi tidur dengan nyenyak dan tidak terganggu oleh pencahayaan ruang. Anda juga dapat memberikan sentuhan melalui permainan cahaya, seperti lampu dekoratif sebagai pemanis.

Baca Juga: Tips Mendesain Ruang Makan Selaiknya Nuansa Kafe

Sirkulasi dan Bukaan Jendela
Sirkulasi udara ke dalam kamar menjadi salah satu syarat desain kamar bayi yang sehat. Untuk itu, penempatan letak jendela dan pintu perlu dipikirkan dengan cermat. Tujuannya, agar sang bayi tetap nyaman, tidak merasa gerah atau kedinginan.

Bila beberapa tips desain kamar bayi tersebut sudah terpenuhi, maka kenyamanan dan tumbuh kembang buah hati Anda bisa lebih baik.

Selamat berkreasi!

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait