Tips Lengkap Bikin Rumah Lebih Sejuk dan Adem Tanpa AC, Mudah Kok!

Solusi untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman adalah dengan mengondisikan lingkungan sekitar rumah.

Kamar tidur (Foto: dok. Pixabay.com)
Kamar tidur (Foto: dok. Pixabay.com)

RealEstat.id (Jakarta) – Rumah-rumah yang berada di kawasan tropis atau dataran rendah memang cenderung memiliki suhu ruangan yang cukup tinggi dan membuat suasana gerah. Lantas, bagaimana tips membuat rumah lebih sejuk tanpa AC dengan cara yang murah meriah?

Ya, pemakaian penyejuk udara alias AC memang bisa menjadi solusi bagi rumah yang gerah. Namun, konsumsi energi listriknya relatif tinggi dan ternyata kurang ramah lingkungan.

Sebenarnya ada cukup banyak cara yang dapat dilakukan untuk membikin rumah sejuk dan adem dengan cara murah meriah, tanpa banyak mengeluarkan biaya listrik.

Baca Juga: Tips Rumah Sejuk dan Sehat Tanpa AC: Lihat Pergerakan Matahari!

Solusinya, dengan mengondisikan lingkungan sekitar untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman. Untuk itu, langkah pertama yang mesti dilakukan adalah mengenali situasi lingkungan di sekitar rumah.

Dua faktor utama yang mesti diperhatikan agar rumah sejuk adalah memerhatikan pergerakan angin dan arah sinar matahari. Dengan demikian, bentuk dan arah hadap rumah sangat menentukan. Selain itu, material bangunan juga dapat memengaruhi suhu ruangan.

Pada dasarnya, Anda dapat menurunkan suhu dan membuat sejuk rumah dengan melakukan tiga hal: menghalangi sumber panas yang datang dari luar, membuang panas dari dalam ruangan, dan mengurangi sumber-sumber panas.

Baca Juga: Begini Caranya Agar Rumah Terasa Sejuk Ketika Musim Kemarau Tiba

Menghalangi Sumber Panas

Menghalangi sumber panas dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

1. Memilih warna-warna cerah di bagian dinding luar rumah.

Warna-warna gelap cenderung menyerap panas matahari, sehingga dapat meningkatkan suhu dalam ruangan. Sebaliknya, warna-warna cerah akan memantulkannya.

2. Menanam tanaman dan pohon di sekitar rumah.

Tanaman yang ditanam bisa berupa pepohonan tinggi untuk menaungi rumah. Dapat pula berupa tanaman merambat yang ditanam di sisi rumah yang paling banyak terpapar matahari. Bahkan pohon perdu juga cukup efektif untuk melindungi bagian bawah dinding.

3. Memasang tirai tipis atau kerai.

Idealnya, rumah Memasang tirai tipis atau kerai di bagian luar rumah yang kerap terpapar matahari dapat mencegah cahaya menerobos langsung melalui jendela ke dalam rumah.

4. Pasang Kaca Film

Kaca film dapat membantu mengurangi panas matahari yang masuk melalui jendela rumah hingga 78%. Hal ini membikin suasana rumah yang sejuk dan nyaman. Selain itu, penggunaan penyejuk udara juga bisa diminimalkan.

Baca Juga: Ragam Tanaman di Rumah yang Bisa Sejukkan Suhu Ruangan

Membuang Panas

Panas di dalam ruangan bukan hanya berasal dari faktor-faktor eksternal. Faktor internal juga dapat menjadi sumber panas, seperti para penghuni dan alat-alat yang digunakan. Untuk membuang panas yang dihasilkan dari dalam, Anda dapat mencoba beberapa cara:

1. Ventilasi Silang (Cross Ventilation)

Bukalah jendela rumah di pada sisi datangnya angin. Kemudian, buka pula jendela pada sisi yang sebaliknya. Udara hangat di dalam ruangan akan terbawa angin, keluar melalui jendela.

2. Buat Udara Selalu Bergerak

Memasang kipas angin di langit-langit juga akan membantu menjaga udara di dalam ruangan tetap bergerak, sehingga suhu ruangan dapat diturunkan. Kipas angin ini relatif lebih hemat listrik daripada AC, dan lebih ramah lingkungan.

3. Gunakan Exhaust Fan

Gunakan exhaust fan di dapur dan kamar mandi. Selain membuang panas, exhaust fan juga akan mengurangi kelembapan di dalam ruangan, sehingga tidak pengap.

Baca Juga: Rumah Unik Suku Kurdi Irak, Hunian Sejuk di Pegunungan Tandus

Kurangi Sumber Panas

Berbagai peralatan rumah tangga dapat menjadi sumber panas. Oleh karena itu, mengurangi penggunaan alat-alat elektronik akan menurunkan suhu ruangan.

Pilihan alat-alat elektronik yang hemat energi juga akan membantu. Beberapa cara untuk mengurangi sumber panas, antara lain:

1. Gunakan Lampu LED

Daripada menggunakan lampu pijar, lebih baik gunakan lampu hemat energi, seperti lampu LED. Pada lampu pijar, hanya 5% energi listrik yang diubah menjadi penerangan, sementara 95% sisanya menjadi panas. Jangan takut, saat ini lampu LED dijual dengan harga terjangkau.

2. Gunakan Microwave

Gunakan microwave sebagai pengganti oven. Dibanding oven, microwave nyaris tidak menghasilkan panas.

Semoga tips membuat rumah lebih sejuk dengan cara mudah dan murah ini bermanfaat. Selamat Mencoba!

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: diolah dari Pixabay.com
Foto: diolah dari Pixabay.com