Tips Rumah Sejuk dan Sehat Tanpa AC: Lihat Pergerakan Matahari!

Dengan perencanaan yang tepat, Anda dapat menciptakan rumah yang sejuk, nyaman, dan sehat meski tanpa AC atau pendingin ruangan. Bagaimana caranya?

Kamar tidur (Foto: Pixabay.com)
Kamar tidur (Foto: Pixabay.com)

RealEstat.id (Jakarta) – Di negara tropis seperti Indonesia, intensitas sinar matahari terkadang berlebihan, terutama memasuki musim kemarau. Alhasil, rumah menjadi panas dan gerah. Untuk itu, Anda harus tahu cara membuat rumah sejuk dan sehat, meski tanpa AC atau pendingin ruangan.

Pendingin ruangan atau AC (air conditioner) memang bisa dijadikan solusi instan, namun Anda harus siap-siap mengeluarkan uang lebih untuk biaya listrik. Apalagi tarif listrik kerap kali naik.

Sebenarnya, dengan perencanaan yang tepat, rumah bisa dibuat sejuk, nyaman, dan sehat meski tanpa AC. Caranya, dengan melihat pergerakan sinar matahari.  

Baca Juga: Desain Arsitektur dan Interior Rumah Ideal di Era "New Normal"

Kamar Tidur
Selain baik untuk kesehatan, sinar matahari pagi yang masuk ke kamar tidur membuat Anda tidak malas bangun. Agar sinar matahari pagi dapat masuk ke ruang ini, letakkan kamar tidur di sisi tenggara hingga timur laut. Posisi ini juga mencegah kamar tidur terhalang dari sinar matahari sore yang kerap membikin kamar gerah di malam hari.

Ruang-ruang Publik
Ruang keluarga, ruang tamu, dan ruang makan sebaiknya berada di sisi barat laut atau barat daya. Di posisi ini, ruang publik akan mendapatkan penerangan alami yang hangat.

Meski demikian, untuk mengurangi panas matahari dari sisi barat, perlu digunakan material peredam panas. Anda dapat menggunakan coating untuk tembok atau memasang aluminium foil di bagian langit-langit rumah.

Buat juga ventilasi silang (cross ventilation) dengan membuat banyak lubang angin di dua sisi dinding yang berhadapan. Cara ini terbukti ampuh menghadirkan kesejukan di dalam ruangan.

Baca Juga: Ragam Tanaman di Rumah yang Bisa Sejukkan Suhu Ruangan

Kamar Mandi
Kamar mandi atau toilet memiliki kelembapan tinggi. Ruangan yang lembap sangat berbahaya buat kesehatan, terutama pernapasan.

Guna mengurangi tingkat kelembapan, kamar mandi atau toilet sangat memerlukan sinar matahari langsung. Untuk itu, letakkan kamar mandi pada sisi barat atau timur rumah.

Dapur
Sebagai tempat memasak, dapur memiliki suhu ruang yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya dapur diletakkan di posisi yang kurang mendapat sinar matahari, yakni di sisi utara atau selatan rumah.

Bukaan Rumah
untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung, letakkan bukaan rumah, seperti seperti pintu atau jendela di sisi utara atau selatan. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa dengan memasang tirai atau kaca peredam panas di pintu atau jendela.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa
Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)
Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa