Desain Arsitektur dan Interior Rumah Ideal di Era "New Normal"

Pandemi Corona membuat gaya hidup berubah. Desain arsitektur dan tata ruang rumah pun perlu disesuaikan dengan "the new normal" sekaligus agar tidak tertular COVID-19.

Pantry merupakan area yang menjadi favorit setelah pemberlakuan social distancing. (Foto: Pixabay)
Pantry merupakan area yang menjadi favorit setelah pemberlakuan social distancing. (Foto: Pixabay)

RealEstat.id (Jakarta) - Wabah pandemi COVID-19 telah mengubah pola pikir, gaya hidup, hingga cara bekerja. Kerja di rumah saat ini dianggap sebagai “the new normal” oleh sebagian orang. Untuk itu, diperlukan desain arsitektur dan tata ruang rumah yang sesuai dengan hidup dalam era kewajaran baru tersebut, alias rumah yang "ramah" COVID-19.

Ada beberapa catatan yang digarisbawahi oleh Ricardo Bhirawa, seorang arsitek yang mendesain perumahan Vinaya Terrace @Bintaro agar rumah dapat "berdamai" dengan virus Corona. Berikut tips-nya untuk Anda:

Baca Juga: 5 Tips Dekorasi Rumah Sangat Sederhana Agar Tampil Menawan

Ruang Kerja
Work from Home (WFH) alias kerja dari rumah menjadi pola baru yang dianggap normal saat ini. Untuk itu, ruang kerja harus diperhatikan sehingga nyaman dan tidak menjemukan. Jauhkan ruang kerja dari tempat anak berkegiatan. Bila tak ada ruang khusus bekerja, meja makan bisa disulap menjadi tempat berkerja—tentu saja dengan menambah unsur kenyamana di sana.

Pantry/Dapur
Masa PSBB (pembatasan sosial berskala besar) yang membat banyak orang terpaksa berada di rumah untuk mengurangi potensi penyebaran Virus COVID-19, membuat para wanita mulai mencoba aneka resep baru untuk hidangan para anggota keluarga. Untuk itu, dapur atau pantry menjadi tempat favorit yang harus diperhatikan tata letak dan kenyamanannya.   

Baca Juga: 7 Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya 

Ruang Terbuka
Berjemur di bawah sinar matahari pagi sekitar pukul 10.00 - 11.00 dipercaya mampu menyuplai kadar vitamin D dalam tubuh. Dengan berjemur 15 menit, para ahli percaya hal ini yang dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan virus—termasuk virus Corona.

Untuk itu, ruang terbuka yang terpapar matahari pagi sangat diperlukan di area rumah. Anda dapat memanfaatkan teras depan atau roof top sebagai lokasi berjemur. Tambahkan beberapa aksesori furnitur untuk menambah kenyamanan Anda berjemur.  

Area Olah Raga
Menjaga kondisi badan tetap fit, adalah salah satu syarat memiliki daya tahan tubuh atau imunitas yang baik. Dengan demikian, aktivitas olah raga di rumah menjadi sebuah keharusan. Bagi sebagian orang yang sebelumnya terbiasa berolahraga di gym, Anda harus membiasakan diri melakukan kegiatan tersebut di rumah. 

Beruntung bila Anda memiliki halaman rumah yang cukup luas, namun bila tidak, area ruang keluarga pun bisa Anda sulap menjadi tempat berolah raga ringan, seperti push-up, sit-up, atau melakukan senam aerobik di depan layar televisi. Jika Anda tinggal di sebuah hunian cluster, Anda bisa lebih leluasa melakukan jogging atau bersepeda keliling lingkungan hunian.    

Baca Juga: Cara Menghadirkan Dekorasi Kamar Tidur nan Cantik

Ruang Penghijauan
Selain memasak, hobi lain yang jadi tren di masa pandemi ini adalah bercocok tanam. Selain dapat menghilangkan penat dan stres, menanam tetumbuhan produktif seperti bunga dan sayuran juga memiliki potensi bisnis. Tak perlu pusing, Anda dapat mempelajari cara bertanam di lahan sempit melalui tips yang tersebar secara daring.  

Selamat mencoba!

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)