Tierra SOHO Terjual 90%, Intiland Makin Optimistis Kembangkan Superblok di Surabaya

Menyusul Tierra SOHO, Intiland melanjutkan pengembangan kawasan Superblok Tierra Surabaya dengan membangun hunian low-rise, apartemen, dan fasilitas komersial.

Interior Tierra SOHO Surabaya (Foto: Dok. Intiland)
Interior Tierra SOHO Surabaya (Foto: Dok. Intiland)

RealEstat.id (Surabaya)PT Intiland Development, Tbk (DILD) sukses memasarkan unit SOHO di proyek terbaru, Tierra Surabaya. Dari 76 unit yang ditawarkan pada April lalu, Intiland berhasil memasarkan 69 unit Tierra SOHO (sekitar 90,7%).

Archied Noto Pradono, Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland menjelaskan, Tierra SOHO merupakan pengembangan fasilitas komersial seluas satu hektar yang menjadi pengembangan tahap pertama dari megaproyek Tierra, sebuah kawasan mixed use & high rise terpadu di Surabaya Barat. Tierra merupakan proyek baru yang menjadi salah satu proyek unggulan Perseroan untuk pengembangan jangka panjang.

Dia mengatakan, Tierra merupakan salah satu proyek strategis Perseroan yang direncanakan untuk pengembangan jangka panjang. Pengembangan Tierra dilakukan dalam beberapa tahapan yang akan mampu memberikan kontribusi kinerja usaha Perseroan secara signifikan dan berkelanjutan.

“Tierra masuk dalam pipeline pengembangan proyek jangka panjang Intiland dan menjadi key project yang akan memberikan kontribusi penjualan dan pendapatan jangka panjang. Kesuksesan penjualan ini menjadi sinyalemen positif bahwa pasar properti mulai kembali menggeliat dan konsumen sudah kembali optimis terhadap prospek pasar ke depan dengan melakukan pembelian dan investasi produk properti,” kata Archied Noto Pradono, saat konferensi pers media update Tierra, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Intiland Luncurkan Tierra, Proyek Superblok di Surabaya

Pengembangan Tierra menempati area seluas 7,5 hektar yang lokasinya sangat strategis di kawasan Segi Delapan, Surabaya Barat. Mengusung konsep pengembangan mixed-use & high rise terpadu, kawasan ini menjadi solusi terhadap beragam kebutuhan dan aktivitas masyarakat dengan mengintegrasikan beragam fungsi mulai dari apartemen, perkantoran, hotel, pusat komersial, serta fasilitas hiburan dan gaya hidup modern.

Saat ini, pengembangan kawasan Tierra sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain terdapat Hokky Supermarket, Whiz Prime Hotel, SUB Co co-working space, pada kawasan tersebut juga tersedia pusat kebugaran Primalaras serta pusat kuliner.

Peluncuran Tierra SOHO menjadi pengembangan tahap pertama dari proyek superblok Tierra Surabaya. Peluncuran produk komersial ini mempertimbangkan prospek yang sangat baik di kawasan Segi Delapan serta tingginya minat serta kebutuhan konsumen terhadap ketersediaan produk-produk properti komersial yang mulai meningkat.

Raih Marketing Sales Rp184 Miliar
Sementara itu, Harto Laksono, Direktur Pemasaran Intiland untuk wilayah Surabaya mengungkapkan bahwa penjualan unit-unit Tierra SOHO mendapat sambutan sangat baik dari konsumen. Respon positif dari konsumen ini menegaskan sinyalemen pasar properti sudah mulai kembali menggeliat, terutama di sepanjang kuartal pertama tahun ini.

"Dari total 76 unit, saat ini telah terjual 69 unit, dengan marketing sales Rp184 miliar. Bila terjual 100%, marketing sales sekitar Rp219 miliar,” terang Harto.

Dengan kesuksesan penjualan Tierra SOHO Surabaya, Harto meyakini bahwa kebutuhan terhadap ruang kerja dan komersial masih tetap tinggi, khususnya di wilayah Surabaya Barat.

Baca Juga: Pasar Surabaya Menggeliat, Gedung Perkantoran Milik Intiland Ramai Peminat

Respon positif dari konsumen terhadap produk Tierra SOHO ini, menurut Harto dipengaruhi oleh sejumlah faktor.  Pertama berkaitan dengan nilai lebih produk, seperti lokasi yang strategis, konsep pengembangan kawasan yang baik, rencana pengembangan jangka panjang, harga yang kompetitif, hingga desain bangunan yang inovatif.

Kedua adalah faktor pasar, antara lain meliputi kebutuhan terhadap produk komersial yang terus tumbuh, potensi pasar di area tersebut, serta pulihnya minat beli dan investasi masyarakat, khususnya terhadap produk properti komersial.

"Dari hasil penjualan yang terjadi, kami juga mendapatkan fakta bahwa 70% pembeli Tierra SOHO Surabaya adalah end user," katanya.

Harto Laksono (Direktur Pemasaran Intiland Wilayah Surabaya) dan Koemalawati Angkadjaja (Koordinator Pemasaran Tierra) meninjau maket proyek Tierra SOHO yang menjadi pengembangan tahap pertama dari superblok Tierra di Surabaya, Kamis (6/5).

Pertimbangan utama konsumen memilih Tierra SOHO, imbuhnya, karena lokasinya yang strategis, memiliki konsep pengembangan jangka panjang,  dan prospek pengembangan kawasan Tierra yang memiliki captive market yang potensial bagi pasar Surabaya Barat.

“Lokasi pengembangan Tierra berada di kawasan yang sudah matang dan dikelilingi kompleks hunian mewah dengan belasan ribu keluarga. Kawasan ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti belasan sekolah unggulan dengan ribuan siswa serta fasilitas pendukung lainnya. Semua ini menjadi captive market yang potensial bagi pengembangan Tierra,” urai Harto.

Baca Juga: Intiland Lakukan Serah Terima 170 Unit Hunian The Rosebay

Kesuksesan Tierra SOHO juga dipengaruhi oleh konsep inovatif yang ditawarkan produk properti komersial ini. Pemilik Tierra SOHO dapat menjalankan beberapa jenis usaha yang berbeda dalam satu unit, karena tersedianya akses keluar-masuk secara terpisah di setiap lantai.

Fasilitas ini memberikan fleksibilitas dan manfaat penting bagi setiap pemiliknya untuk menjalankan jenis usaha berbeda pada setiap lantainya, tanpa terganggu oleh lalu-lalang pengunjung yang hendak menuju lantai berbeda. Nilai tambah ini juga memberikan opsi lain bagi para investor karena bisa menyewakan setiap lantai dengan tenant (penyewa) yang berbeda, sehingga dapat memaksimalkan potensi keuntungan dari pendapatan sewa.

Harto mengungkapkan bahwa dari profil pembeli Tierra SOHO, sebagian besar akan memfungsikan unitnya untuk usaha di bidang food & beverage, seperti kafe dan restoran. Namun demikian, ada pula pembeli yang memfungsikannya sebagai kantor dan pusat pendidikan.

“Respon konsumen terhadap penjualan Tierra SOHO sangat baik. Ada konsumen yang membeli hingga 6 unit langsung, yang nantinya difungsikan sebagai pembukaan cabang kedua dari salah satu restoran ternama di kota Surabaya,” ungkapnya.

Baca Juga: Cluster Dandelion Graha Natura Surabaya Tawarkan Rumah Sehat Bergaya Compact

Perseroan berharap seiring dengan masuknya berbagai bisnis kuliner dan ritel di dalam area Tierra SOHO, kawasan ini akan semakin berkembang dan dapat menjadi pusat gaya hidup modern terbaru di Surabaya Barat. Potensi tersebut didukung oleh selain berbagai fasiltias yang sudah ada saat ini juga oleh konsep pengembangan kawasan yang dilengkapi dengan area pejalan kaki (promenade) serta fasilitas hiburan seperti bioskop.

Sesuai dengan rencana pengembangan, Perseroan saat ini tengah memasuki tahap persiapan untuk penunjukan kontraktor pembangunan. Tahapan pembangunan diproyeksikan akan dimulai pada akhir tahun 2021 dan diharapkan selesai pada pertengahan 2023.

“Saat ini produk Tierra SOHO hanya tersisa 7 unit. Kami optimistis sisa unit ini dapat terserap habis dalam waktu dekat,” kata Harto.

Rilis Program Promo
Menyusul peluncuran Tierra SOHO, Intiland segera memulai tahapan selanjutnya sesuai dengan perencanaan pengembangan kawasan Superblok Tierra Surabaya. Pengembangan tersebut meliputi produk hunian berkonsep low-rise, apartemen, serta fasilitas komersial yang lokasinya tepat di samping area pengembangan Tierra SOHO.

Perseroan menilai kembalinya kepercayaan konsumen untuk melakukan pembelian dan investasi properti sejak awal tahun 2021, menjadi sinyalemen dan tren positif pulihnya pasar properti nasional.

Baca Juga: Rilis Cluster DUO di Talaga Bestari, Intiland Tawarkan Desain Rumah Inovatif

“Untuk pengembangan selanjutnya, kami terus melihat dan menganalisa arah dan dinamika pasar serta konsumen. Setiap pengembangan dan investasi baru, khususnya produk high rise kami jalankan secara hati-hati dan mengukur tingkat risiko dan daya serap pasarnya,” kata Harto Laksono.

Mengantisipasi perubahan dan dinamika pasar yang sedang terjadi, Intiland menyiapkan beragam program promo yang memudahkan konsumen melakukan pembelian.

"Program promo tersebut antara lain berupa kemudahan cara bayar yang spesial, misalnya pemberian insentif untuk pembukaan usaha hingga Rp80 juta. Insentif ini diberikan Perseroan bagi pemilik unit yang dapat segera membuka usahanya dalam jangka waktu enam bulan setelah proses serah terima unit," pungkas Harto.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Topping Off Ceremony Living World Denpasar Bali (Foto: Dok. Kawan Lama)
Topping Off Ceremony Living World Denpasar Bali (Foto: Dok. Kawan Lama)
Ronald Cassidy (kanan) Direktur Collins Boulevard berfoto bersama Daniel Moeis (kanan), Direktur Marketing Communication Collins Boulevard dalam rangkaian acara pelncuran unit 1 BR Creative, Ahad, 24 Oktober 2021.
Ronald Cassidy (kanan) Direktur Collins Boulevard berfoto bersama Daniel Moeis (kanan), Direktur Marketing Communication Collins Boulevard dalam rangkaian acara pelncuran unit 1 BR Creative, Ahad, 24 Oktober 2021.
Scarlet Commercial Summarecon di Bekasi.
Scarlet Commercial Summarecon di Bekasi.
David Iman Santosa, Director PT Modernland Realty Tbk. (kanan) didampingi Ali Tranghanda, CEO Indonesia Property Watch (kiri) dan
Gunawan Setyo Hadi, Corporate Communication Dept. Head PT Modernland Realty Tbk.
berdiskusi mengenai berbagai aspek keunggulan pusat bisnis Jakarta Business
District. (Foto: Dok. Modernland Realty)
David Iman Santosa, Director PT Modernland Realty Tbk. (kanan) didampingi Ali Tranghanda, CEO Indonesia Property Watch (kiri) dan Gunawan Setyo Hadi, Corporate Communication Dept. Head PT Modernland Realty Tbk. berdiskusi mengenai berbagai aspek keunggulan pusat bisnis Jakarta Business District. (Foto: Dok. Modernland Realty)