Siapkan Rumah Compact di Graha Natura Surabaya, Intiland Incar Keluarga Muda dan Generasi Milenial

Rumah dua lantai yang dipersiapkan Intiland di Graha Natura Surabaya berukuran compact, dengan menyasar konsumen kelas menengah atas.

Graha Natura Surabaya (Foto: Dok. Intiland)
Graha Natura Surabaya (Foto: Dok. Intiland)

RealEstat.id (Surabaya)PT Intiland Development, Tbk. (DILD) menerapkan sejumlah strategi dengan mengembangkan produk-produk properti baru yang inovatif di proyek-proyek yang dikembangkan di Surabaya, yakni Graha Famili dan Graha Natura. Bahkan masa pandemi seperti saat ini dinilai merupakan momentum terbaik bagi konsumen untuk membeli properti, karena berpotensi memberikan keuntungan terbaik. 

“Saat ini adalah momentum bagi konsumen karena mendapatkan harga terbaik. Sebagai developer kami harus lebih kreatif dan inovatif untuk memenuhi harapan dan kebutuhan konsumen dari sisi produk dan layanan,” tutur Harto Laksono, Direktur Pemasaran PT Intiland Grande, anak usaha PT Intiland Development, Tbk. untuk pengembangan di Surabaya. 

Baca Juga: Gelar RUPST, Intiland Beberkan Strategi di Masa Pandemi

Menurutnya, di tengah kondisi pasar yang masih menantang, cukup banyak konsumen yang memanfaatkan momentum dengan membeli properti saat ini. Penjualan produk-produk hunian, khususnya rumah tapak, terbukti relatif masih bergerak. Bahkan, dalam dua bulan terakhir justru mulai mengalami tren peningkatan. 

“Kami merasakan pasar properti mulai bergerak dan menunjukkan tren kenaikan di dua bulan terakhir, khususnya dari segmen konsumen end user. Mulai banyak konsumen yang menanyakan produk baru atau datang langsung ke show unit. Rata-rata didominasi oleh keluarga muda dan generasi milenial,” kata Harto Laksono. 

Dua Proyek Hunian
Perseroan saat ini memiliki dua pengembangan kawasan perumahan di wilayah Surabaya. Berlokasi di kawasan Surabaya Barat, masing-masing adalah kawasan perumahan Graha Famili seluas 280 hektar dan Graha Natura dengan area pengembangan seluas 86 hektar. 

Berbeda dengan Graha Famili yang menyasar segmen pasar atas dan premium, pengembangan perumahan Graha Natura lebih diperutukkan bagi segmen menengah ke atas dengan harga unit properti lebih terjangkau. Graha Natura banyak mengembangkan cluster rumah dengan luasan yang lebih compact sehingga menjadi favorit sebagian masyarakat Surabaya, khususnya kelompok profesional muda dan milenial. 

“Tahun lalu kami meluncurkan cluster Acacia dan telah terserap hingga tujuh puluh persen. Cluster ini menawarkan rumah compact dua lantai yang tidak terlalu besar namun justru diminati oleh keluarga muda” ungkap Harto Laksono. 

Baca Juga: Intiland Hadirkan Virtual Show Unit Apartemen SQ Rés South Quarter

Dia menjelaskan, pengembangan kawasan Graha Natura dimulai tahun 2012 dengan konsep yang sangat baik dan menjadi salah satu kawasan perumahan favorit di Surabaya Barat. Mengusung tiga konsep utama yakni healthy living, nature, and technology, Graha Natura menawarkan keunggulan dan nilai lebih sebuah kawasan hunian yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat urban yang dinamis dan aktif. 

Selain konsep pengembangannya sangat baik, Graha Natura banyak diminati konsumen karena memiliki keunggulan lokasi dan kemudahan akses. Kawasan perumahan ini ditempuh hanya 10 menit dari CBD Surabaya Barat dan 20 menit dari gerbang tol Satelit. 

“Selain lingkunganya asri dan memiliki fasilitas yang lengkap, Graha Natura punya akses yang mudah menuju berbagai fasilitas kawasan seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, rumah sakit, dan hiburan,” ungkap Harto. 

Persiapkan Rumah Compact
Mengantisipasi tren meningkatnya permintaan pasar, Intiland telah menyiapkan sebuah pengembangan cluster baru di kawasan perumahan Graha Natura. Cluster ini menawarkan unit-unit rumah dengan ukuran compact yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, khususnya para keluarga muda dan generasi milenial. 

“Kami optimistis produk rumah dengan luasan compact masih menjadi pilihan favorit di Surabaya. Selain menawarkan konsep desain yang baik dan sehat, unit-unit rumah di cluster ini juga relatif lebih terjangkau dan sesuai dengan daya beli konsumen di segmen menengah,” ujarnya lebih lanjut. 

Mengadopsi konsep desain tropis modern, unit-unit rumah dua lantai ini dirancang sebagai rumah sehat dengan sirkulasi udara pencahayaan yang baik. Perseroan menyediakan empat tipe dengan ukuran lebar lahan mulai 5 meter. 

Baca Juga: Intiland Rilis 2 Tipe Rumah di Talaga Bestari Mulai Rp600 Jutaan

“Pilihan tipe rumah dengan ukuran tersebut sesuai dengan target pasarnya, yaitu keluarga muda yang cenderung menyukai rumah yang tidak terlalu besar tetapi tetap nyaman. Kami akan mulai pasarkan awal Agustus 2020 dengan harga yang terjangkau,” lanjut Harto Laksono. 

Pengembangan cluster terbaru ini berlokasi strategis hanya selangkah dari area komersial SOHO Natura 2 dan dekat dengan fasilitas danau buatan, taman, serta club house. 

Cluster hunian ini dirancang dengan konsep gerbang akses tunggal yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penghuninya. Kemudian untuk meningkatkan kenyamanan bagi para warga, Graha Natura mengembangkan konsep lanskap lingkungan yang asri dan harmoni. Perseroan menggandeng lembaga untuk memberikan dukungan konsultatif dan teknis mengenai upaya konservasi dan keanekaragaman hayati dalam kawasan. 

Konsep dan Fasilitas
Berkat konsep pengembangan yang baik dari aspek lingkungan, desain, dan pendayagunaan teknologi, kawasan perumahan ini meraih beragam penghargaan tingkat nasional. Penghargaan ini menjadi wujud apresiasi dan pengakuan terhadap Graha Natura sebagai kawasan hunian yang nyaman dan ideal serta memiliki konsep pengembangan yang baik.

Sebelumnya, Perseroan telah mencanangkan program konservasi pohon dan tanaman nusantara dengan menanam sedikitnya 10.000 pohon dari 1.000 jenis pohon nusantara. Upaya ini merupakan bentuk komitmen dan upaya nyata untuk mewujudkan lingkungan yang hijau dan asri. 

Baca Juga: Naik 7,2%, Intiland Bukukan Pendapatan Usaha Rp2,7 Triliun di 2019

Graha Natura juga menyediakan area terbuka seluas 1,2 hektar sebagai fasilitas yang berada di tengah-tengah kawasan perumahan. Area tersebut meliputi danau buatan, jogging track, area F&B, playground, serta area untuk penyelenggaraan kegiatan yang dapat dimanfaatkan sebagai area komunal bagi penghuni. 

“Area ini kami siapkan untuk menjadi center of lifestyle, healthy living, dan pusat aktivitas dan interaksi warga Graha Natura,” kata Harto Laksono. 

redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Henry Napitupulu, Direktur Planning & Design Paramount Land (kiri) dan Mario Susanto, VP Marketing Paramount Land. (Foto: Realestat.id)
Henry Napitupulu, Direktur Planning & Design Paramount Land (kiri) dan Mario Susanto, VP Marketing Paramount Land. (Foto: Realestat.id)
OXO The Residences, Bali, besutan OXO Group Indonesia dan Alexis Dornier. (Foto: Dok. OXO Group)
OXO The Residences, Bali, besutan OXO Group Indonesia dan Alexis Dornier. (Foto: Dok. OXO Group)
Dari kiri ke kanan: Chandra Sugiarto (Joint Venture Project Division Head of Sinar Mas Land), Anna Budiman (CEO Commercial BSD Sinar Mas Land), James Widjaja (Director of Dwijaya Karya), dan Eric Widjaja (Director of Dwijaya Karya) meresmikan show unit apartemen Tipe 2BR Upper West, BSD City, Ahad, 21 April 2024 (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Dari kiri ke kanan: Chandra Sugiarto (Joint Venture Project Division Head of Sinar Mas Land), Anna Budiman (CEO Commercial BSD Sinar Mas Land), James Widjaja (Director of Dwijaya Karya), dan Eric Widjaja (Director of Dwijaya Karya) meresmikan show unit apartemen Tipe 2BR Upper West, BSD City, Ahad, 21 April 2024 (Foto: Dok. Sinar Mas Land)