Resmi Digelar, 'Daikin Proshop Designer Award 2022' Tawarkan Kenyamanan Udara dan Estetika Ruang

Daikin Proshop Designer Award 2022 adalah kompetisi desain hunian yang menerapkan solusi tata udara dengan memperhatikan kenyamanan dan estetika ruang.

Konferensi pers Daikin Proshop Designer Awards 2022 (Foto: realestat.id)
Konferensi pers Daikin Proshop Designer Awards 2022 (Foto: realestat.id)

RealEstat.id (Jakarta) – Membawa tren baru tata udara hunian berkualitas, PT Daikin Airconditioning Indonesia menyelenggarakan Daikin Proshop Designer Award 2022. Ajang penghargaan bagi para arsitek dan desainer interior ini merupakan yang kedua, setelah ajang perdana dihelat pada 2020 silam.

Ching Khim Huat, Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia menjelaskan, saat ini kebutuhan AC di Indonesia masih terbatas pada fungsi menyejukkan ruangan. Padahal sesuai namanya, air conditioning menjadi perangkat yang diciptakan untuk menciptakan ekosistem tata udara ideal bagi hunian penggunanya.

Menurut Ching Khim Huat, laiknya ekosistem yang menghubungkan beberapa bagian dalam satu lingkaran, ragam AC pun sebenarnya sangat luas. Demikian pula fungsinya yang tak hanya berkutat soal mendinginkan.

Baca Juga: Ini Dia Cara Agar AC di Rumah Hemat Listrik dan Awet

"Lebih dari itu, AC juga dirancang untuk memberikan udara nyaman dan berkualitas dengan menjaga kelembapan ruang dan penyaring udara. Sementara itu, tampilan AC juga dapat didesain dengan memerhatikan estetika yang menyatu dengan desain interior ruang," tutur Ching Khim Huat dalam acara peluncuran Program Daikin Proshop Designer Award 2022, Jumat (13/5/2022).

Hanya saja, imbuhnya, keberadaan solusi tata udara ini belum menjadi perhatian masyarakat. Sehingga kerap ditemui, AC yang menempel di dinding justru menjadi "gangguan" bagi desain ruangan. Gangguan ini sebenarnya dirasakan arsitek maupun desainer interior, hanya saja tidak semua mencari solusi penempatan AC yang mengembuskan udara nyaman tanpa mengorbankan desain.

“Minimnya pengetahuan, membuat AC yang seharusnya dapat hadir sebagai solusi lengkap kenyamanan udara sekaligus dengan mengedepankan unsur estetika keseluruhan ruang, menjadi tidak tercapai,” tutur Ching Khim Huat. "Hal inilah yang menjadi dasar digelarnya Daikin Proshop Designer Award 2022."

Baca Juga: Tips Rumah Sejuk dan Sehat Tanpa AC: Lihat Pergerakan Matahari!

Pendaftaran Daikin Proshop Designer Award 2022 mulai 14 Mei hingga 30 Juni 2022. Perhelatan ini menjadi kompetisi bagi rancangan hunian dengan terapan solusi tata udara yang memperhatikan kenyamanan sekaligus estetika keseluruhan ruang.

Menyasar peserta dari arsitek dan desainer interior profesional, menurut Ching Khim Huat, tak lepas dari upaya Daikin dalam mendorong hadirnya budaya baru dalam tata udara bagi hunian modern.

“Arsitek dan desainer interior sebagai dua profesi yang sangat dekat dengan penciptaan hunian menjadi unsur penting dalam menebarkan budaya solusi tata udara hunian yang baru ini,” imbuh Ching Khim Huat.

Dia berharap, Daikin Proshop Designer Award 2022 dapat meningkatkan wawasan para arsitek dan desainer interior di Indonesia terkait sistem tata udara yang lebih baik dengan perhatian pada kenyamanan dari berbagai fitur sekaligus mengedepankan faktor estetika.

Baca Juga: Begini Tips Hadirkan Udara Sejuk di Ruangan Saat Kemarau Panjang

Memiliki reputasi panjang sebagai penyedia solusi tata udara bagi hunian dan bangunan komersial dengan pengalaman hampir satu abad di dunia, Daikin sendiri dikatakan memiliki solusi lengkap terkait kebutuhan ini. Di antaranya unit Fresh Air yang fungsi utamanya mewujudkan sirkulasi udara bersih dan sehat, hingga VRV Home Series dengan rancangan kontrol penyejukan udara yang menyediakan banyak varian unit indoor sehingga dapat mendukung estetika interior.

“Berbagai teknologi inilah yang kami kedepankan berkolaborasi dengan karya terbaik hasil imajinasi para arsitek dan desainer interior dalam kompetisi ini. Hal ini pulalah yang menurutnya menjadi dasar bagi pilihan tajuk Technology for Your Imagination bagi gelaran Daikin Proshop Designer Award 2022,” terang Selvi Ani Yongnata, Daikin Proshop Manager, pada kesempatan yang sama.

Komitmen Daikin pada tujuan utamanya untuk meningkatkan wawasan bagi kedua profesi di bidang hunian ini, imbuh Selvi, terlihat nyata pada keseriusan perusahaan ini dalam perhelatan Daikin Proshop Designer Award 2022.

Baca Juga: Sharp Indonesia Bangun Pabrik AC Ramah Lingkungan di KIIC

Digadang sebagai ajang prestisius, Daikin Proshop Designer Award 2022 menggandeng dewan juri yang kompeten, yakni Budi Pradono dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, Alex Bayusaputro dari Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta, Andry Mulyono dari Magran Group, Hiroaki Niikura dan Wenky Handono dari Daikin Indonesia, serta Aktris dan Model Kimberly Ryder, sebagai Juri Tamu.

Di sisi lain, Daikin pun menggandeng berbagai media yang berfokus pada perkembangan desain hunian dan komunitas pegiat arsitektur dan desainer interior pun dilakukan. Termasuk di dalamnya yaitu Archify, Casa Indonesia, Archinesia, dan Asrinesia.

Kolaborasi Daikin dengan media, salah satunya pada kesiapan untuk mempublikasikan berbagai karya pemenang dalam Daikin Proshop Designer Award 2022. Publikasi karya ini melengkapi hadiah berupa uang tunai yang bernilai total ratusan juta rupiah: Juara I mendapat Rp40 juta, Juara II mendapat Rp30 juta, sementara untuk kategori Kimberly's Choice memperoleh Rp10 juta.

Baca Juga: Rilis Produk Air Purifier dan Air Conditioner, Sharp Benamkan Sistem AIoT

Masih dengan tujuan yang sama, Daikin pun membuat gelaran kompetisi ini lebih terbuka. Tak hanya bagi karya yang telah selesai pembangunannya, namun juga mempertandingkan karya melalui kompetisi desain konseptual.

“Seiring dengan tujuan besar penyelenggaraannya. Selain sebagai bentuk apresiasi, juga menghadirkan tren baru hunian dengan tata udara modern yang memperhatikan kenyamanan serta estetika,” ujar Selvi Ani Yongnata.

Untuk menjadikan kompetisi bagi rancangan desain konseptual semakin menarik, Daikin menggandeng pengembang hunian Bumi Parama Wisesa serta Magran Living yang dikenal sebagai perusahaan penyedia furniture dan sanitari premium.

"Bagi pegiat arsitektur maupun desainer interior yang ingin berpartisipasi di ajang Daikin Proshop Designer Award 2022, cukup dengan mengunjungi laman khusus web resmi Daikin Indonesia," pungkas Selvi.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: dok. ptpp.co.id
Foto: dok. ptpp.co.id
Dari kiri ke kanan: Shinji Teraoka, President Director PT Sharp Electronics Indonesia; Ridwan Salam, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karawang; Jaja Jamaludin, Kasdim Komando Distrik Militer 0604 Karawang; Dadang Taufik, Sekretaris Dinas BPBD; dan Tomy Hendrajati, President Human Initiative. (Foto: istimewa)
Dari kiri ke kanan: Shinji Teraoka, President Director PT Sharp Electronics Indonesia; Ridwan Salam, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karawang; Jaja Jamaludin, Kasdim Komando Distrik Militer 0604 Karawang; Dadang Taufik, Sekretaris Dinas BPBD; dan Tomy Hendrajati, President Human Initiative. (Foto: istimewa)
Haru Koesmahargyo, Direktur Utama Bank BTN.
Haru Koesmahargyo, Direktur Utama Bank BTN.