Begini Tips Hadirkan Udara Sejuk di Ruangan Saat Kemarau Panjang

Memilih perangkat AC pintar dan hemat energi dapat membantu Anda dan keluarga menghadirkan kesejukan dan kenyamanan di dalam rumah.

Samsung Wind Free dilengkapi dengan teknologi Wind-Free Cooling, yang secara lembut menyebarkan udara melalui 23.000 lubang udara mikro. (Foto: Samsung Electronics)
Samsung Wind Free dilengkapi dengan teknologi Wind-Free Cooling, yang secara lembut menyebarkan udara melalui 23.000 lubang udara mikro. (Foto: Samsung Electronics)

RealEstat.id (Jakarta) - Musim kemarau yang berkepanjangan berdampak pada suhu ruangan di rumah menjadi meningkat. Akibatnya, penghuni merasakan ketidaknyamanan dan gerah saat berada di dalam hunian.

Tentunya, pemilik rumah harus segera mencari solusi untuk mengatasi panasnya udara di dalam hunian mereka.

Nah, produsen elektronik asal Korea Selata, Samsung Electronics memiliki beberapa tips dan trik untuk membantu Anda dan keluarga menghadirkan suhu yang sejuk di dalam rumah.

Baca Juga: Ragam Tanaman di Rumah yang Bisa Sejukan Suhu Ruangan

1. Dinginkan Ruangan Secara alami
Salah satu tindakan untuk menurunkan suhu udara secara alami di rumah adalah dengan menempatkan sejumlah tanaman hias di dalam ruangan.

Perhatikan pula bagian mana dari rumah yang lebih panas pada waktu yang berbeda dalam satu hari. Misalnya, jendela yang menghadap ke Barat akan terpapar banyak sinar matahari dan panas dari matahari terbenam.

Dalam kondisi ini, Anda dapat menutup jendela, ataupun melapisinya dengan tirai atau gorden pada waktu-waktu terik tersebut.

Baca Juga: Samsung Electronics Rilis Dua Home Appliances Berteknologi Anyar

Peralatan yang dihidupkan tetapi tidak digunakan dapat menghasilkan panas juga, lho. Oleh karena itu, padamkan peralatan elektronik dan lampu saat tak digunakan, agar suhu ruangan menjadi sejuk.

2. Optimalkan Kinerja Pendingin Ruangan
Cara termudah untuk mendinginkan ruangan adalah dengan menghidupkan Air Conditioner (AC).

Untuk memastikan AC terpakai secara optimal, tutup semua jendela dan pintu ruangan, agar udara sejuk tidak keluar sembarangan.

Seringkali, pemilik rumah luput memperhatikan pengaturan suhu dan arah AC mereka. Ini akan mengakibatkan situasi AC menghembuskan udara sejuk langsung ke penghuni ruangan

Baca Juga: Ini Dia Cara Agar AC di Rumah Hemat Listrik dan Awet

3. Gunakan AC Pintar Hemat Energi
Urusan memilih AC yang tepat pun juga akan memengaruhi tingkat
kenyamanan dan kesejukan ruangan. Oleh karena itu, gunakanlah AC pintar yang dapat mendinginkan ruangan secara optimal, namun
tetap hemat energi.

Salah satunya adalah Samsung Wind-Free Air Conditioner. Perangkat pendingin ruangan itu dilengkapi dengan teknologi Wind-Free Cooling yang secara lembut menyebarkan udara melalui 23.000 lubang udara mikro.

Saat beroperasi dalam mode Wind-Free Cooling, AC ini menggunakan hingga 77% lebih sedikit energi listrik dibandingkan dengan mode Fast Cooling.

Baca Juga: Adaptasi dengan New Normal, Samsung Luncurkan Super Smart TV

Samsung Wind Free juga memiliki fungsi AI Auto Cooling. Fitur itu secara otomatis menyesuaikan suhu untuk mengoptimalkan kondisi dalam ruangan.

4. Rawat AC Secara Berkala
Suhu ruangan yang tidak sejuk meski sudah menggunakan AC, bisa terjadi karena perangkat pendingin udara kotor.

Seiring berjalannya waktu, debu dan bahkan mikro-organisme terakumulasi ke dalam komponen AC. Hal inti tentunya, menghalangi kelancaran aliran udara dan memaksa unit bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

Kalau dibiarkan berlarut akan menyebabkan peningkatan konsumsi energi dan tagihan listrik yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan perawatan triwulanan terjadwal untuk memastikan bahwa AC beroperasi dalam kondisi prima.

Berita Terkait

Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)