Naik 5,3%, Intiland Bukukan Pendapatan Usaha Rp2,89 Triliun di 2020

Pendapatan pengembangan Intiland masih memberikan kontribusi terbesar, yakni mencapai Rp2,3 triliun atau 79,6% dari total pendapatan.

Kantor pusat PT Intiland  Development, Tbk (Foto: RealEstat.id)
Kantor pusat PT Intiland Development, Tbk (Foto: RealEstat.id)

RealEstat.id (Jakarta) - Di tengah tekanan dan penurunan pasar properti akibat pandemi Covid-19, PT Intiland Development, Tbk (DILD) terlihat cukup sukses dalam mempertahankan kinerja usaha sepanjang tahun lalu. Berdasarkan laporan kinerja keuangan tahunan yang berakhir 31 Desember 2020, Perseroan membukukan pendapatan usaha sebesar Rp2,89 triliun. Jumlah tersebut naik Rp154,3 miliar atau 5,3% dibandingkan pencapaian 2019 sebesar Rp2,74 triliun.

Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland, Archied Noto Pradono menuturkan, kenaikan pendapatan usaha tahun 2020 didorong oleh peningkatan pengakuan penjualan dari segmen pengembangan mixed-use and high rise yang telah selesai masa pembangunannya. Intiland saat ini memiliki sejumlah portofolio proyek mixed-use and high rise yang berlokasi di sejumlah wilayah, meliputi Jakarta, Tangerang, dan Surabaya.

“Kenaikan pendapatan usaha antara lain dipicu adanya pengakuan penjualan dari pengembangan proyek mixed-use and high rise yang telah selesai pembangunannya, seperti kondominium Graha Golf dan The Rosebay di Surabaya serta penjualan unit-unit stok di sejumlah proyek apartemen seperti 1Park Avenue,” papar Archied Noto Pradono dalam keterangan tertulis yang diterima RealEstat.id.

Baca Juga: Topping Off Digelar, Tower City57 Apartemen Fifty Seven Promenade Terjual 90%

Dia menjelaskan, pendapatan pengembangan (development income) masih memberikan kontribusi terbesar, yakni mencapai Rp2,3 triliun atau 79,6% dari keseluruhan. Nilai pendapatan pengembangan ini meningkat sebesar 8,2% dibandingkan tahun 2019 senilai Rp2,1 triliun.

Sumber pendapatan usaha berikutnya berasal dari pendapatan berkelanjutan (recurring income) yang memberikan kontribusi Rp589,1 miliar atau berkontribusi 20,4% dari keseluruhan. Pendapatan usaha dari segmen ini membukukan penurunan 5,7% dibandingkan pencapaian tahun 2019 yang nilainya Rp623,1 miliar.

Segmen pengembangan mixed-use and high rise tercatat memberikan kontribusi paling besar mencapai Rp1,8 triliun, atau 63,4%. Kontribusi tersebut meningkat sebesar 39,4% dibandingkan pencapaian 2019 yang tercatat sebesar Rp1,1 triliun.

Baca Juga: Intiland Luncurkan Tierra, Proyek Superblok di Surabaya

Kontributor berikutnya berasal dari segmen pengembangan kawasan perumahan sebesar Rp432,8 miliar atau 14,9% dari keseluruhan. Pendapatan dari segmen ini mengalami penurunan lebih dari separonya dibandingkan perolehan tahun 2019 senilai Rp942 miliar.

Segmen pengembangan kawasan industri menyumbang sebesar Rp36,7 miliar atau 1,3%. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu yang masih memberikan kontribusi senilai Rp63,4 miliar.

Archied menjelaskan segmen pengembangan perumahan, kawasan industri, dan pendapatan berulang secara rata-rata mengalami penurunan di tahun lalu. Pandemi Covid-19 secara langsung menciptakan tekanan terhadap kinerja penjualan Intiland, seiring dengan keputusan konsumen untuk menunda dulu pembelian produk properti.

Baca Juga: Pasar Surabaya Menggeliat, Gedung Perkantoran Milik Intiland Ramai Peminat

“Penyerapan pasar perumahan juga terbentur daya beli konsumen yang menurun dan keengganan untuk melakukan investasi selama masa pandemi,” kata Archied.

Dari sisi kinerja profitabilitas, Intiland mencatatkan perolehan laba kotor tahun 2020 mencapai Rp1,18 triliun atau naik tipis dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp1,13 triliun. Laba usaha Perseroan juga meningkat 29% menjadi Rp778,4 miliar, dibandingkan tahun 2019 senilai Rp603,5 miliar. Laba bersih Perseroan tercatat mencapai Rp76,8 miliar, atau mengalami penurunan 69% dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp251,4 miliar.

Kinerja Penjualan Intiland di Kuartal I 2021
Memasuki tiga bulan pertama tahun 2021, Intiland menilai kondisi pasar properti sudah mulai bergerak positif. Sejumlah insentif dan stimulus kebijakan yang dikucurkan Pemerintah serta sejumlah program promosi yang diluncurkan pengembang properti mulai mampu mendorong masyarakat untuk kembali melakukan pembelian dan investasi di sektor properti.

Seiring dengan dinamika tersebut, Perseroan mencatatkan pendapatan penjualan (marketing sales) kuartal I 2021 sebesar Rp310 miliar. Perolehan tersebut melonjak sebesar 165% dibandingkan perolehan kuartal I 2020 sebesar Rp117 miliar.

Archied menjelaskan sejak akhir tahun 2020, minat beli properti konsumen sudah mulai berangsurangsur membaik. Perubahan ini terutama terjadi pada penjualan produk perumahan, khususnya di segmen pasar menengah yang mulai kembali bergulir.

Baca Juga: Rilis Cluster DUO di Talaga Bestari, Intiland Tawarkan Desain Rumah Inovatif

“Kami banyak berdiskusi dengan para konsumen dan agen properti, rata-rata sudah mulai optimis dan punya kepercayaan bahwa kondisi akan membaik. Untuk antisipasi perubahan itu, kami menyiapkan program promo spesial dan meluncurkan beberapa produk baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” kata Archied lebih lanjut.

Ditinjau dari lokasinya, menurut Archied, penjualan yang berasal dari pengembangan proyek-proyek di Surabaya tercatat memberikan kontribusi Rp167 miliar atau sekitar 54%. Berikutnya berasal dari penjualan proyek-proyek di Jakarta sebesar Rp143 miliar atau 46% dari keseluruhan.

Jika dari segmen pengembangannya, kawasan perumahan berhasil memberikan kontribusi marketing sales paling besar yakni Rp222 miliar atau 72% dari keseluruhan. Disusul penjualan dari segmen pengembangan kawasan industri sebesar Rp59 miliar atau 19%, serta segmen pengembangan mixed-use and high rise sebesar Rp29 miliar atau 9% dari keseluruhan.

Baca Juga: Intiland Pilih Total Bangun Persada Sebagai Kontraktor Apartemen SQ Rés

Archied menjelaskan bahwa penjualan dari segmen perumahan rata-rata mengalami peningkatan dalam tiga bulan pertama tahun ini. Kontribusi terbesar masih berasal dari penjualan unit-unit rumah di perumahan Graha Natura dan Graha Famili Surabaya, Serenia Hills dan South Grove di Jakarta Selatan, serta Talaga Bestari di Tangerang.

“Kami menargetkan marketing sales tahun ini sebesar Rp2 triliun dengan fokus utama berasal dari penjualan segmen perumahan dan high-rise,” kata Archied.

Archied menuturkan Perseroan berharap pasar properti tahun ini akan kembali menggeliat seiring dengan stimulus dan insentif kebijakan yang diluncurkan pemerintah. Tahun ini bisa menjadi titik balik bagi pasar properti serta konsumen untuk melakukan pembelian dan investasi properti.

“Penanganan Covid-19 menjadi motor penggerak ekonomi yang ditunggu oleh pelaku usaha. Di samping itu, kami mengapresiasi stimulus properti dari Pemerintah seperti insentif uang muka maupun relaksasi pajak pertambahan nilai yang cukup holistik dalam mendorong penjualan properti,” kata Archied.

Baca Juga: Rilis Cluster Sierra di Serenia Hills, Intiland Tawarkan 5 Konsep Hunian Modern

Perseroan menawarkan berbagai kemudahan bagi konsumen untuk melengkapi insentif kebijakan dari Pemerintah tersebut. Program-program promo tersebut seperti program cicilan bertahap tanpa bunga, hingga berbagai bonus untuk pembelian proyek tertentu seperti bonus furnitur, bebas biaya servis atau iuran pengelolahan lingkungan.

Perseroan tahun ini akan lebih fokus pada penjualan inventori atau stok unit di sejumlah proyek perumahan dan apartemen. Namun demikian, Perseroan juga tetap melihat ceruk dan potensi pasar untuk peluncuran proyek-proyek baru dengan mempertimbangkan faktor risiko secara hati-hati.

“Selalu ada peluang dalam industri properti. Kuncinya ada di pengembang yang harus jeli menangkap peluang di setiap sub-sektor yang ada. Kami melihat pasar mulai bergerak dan kami percaya akan berangsur-angsur membaik,” kata Archied.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Perwakilan Sharp menujukan sertifikat penghargaan dari Indonesia PR of the Year 2024. (Foto: Istimewa)
Perwakilan Sharp menujukan sertifikat penghargaan dari Indonesia PR of the Year 2024. (Foto: Istimewa)
Midea Shop In Shop Pertama di Lampung (Foto: Dok. Midea Electronics Indonesia)
Midea Shop In Shop Pertama di Lampung (Foto: Dok. Midea Electronics Indonesia)
Diana Solaiman, Chief Corporate Services Officer INPP (kanan) dan Ami Hatta, Chief Corporate Communication INPP saat konferensi pers, Jumat, 20 Desember 2024. (Foto: Realestat.id)
Diana Solaiman, Chief Corporate Services Officer INPP (kanan) dan Ami Hatta, Chief Corporate Communication INPP saat konferensi pers, Jumat, 20 Desember 2024. (Foto: Realestat.id)
Rahmat Ananda Margiyanto (Staff CSR Education & Literacy Sinar Mas Land), Teguh Azmi Pamungkas (Assistance Vice President Corporate Social Responbility Sinar Mas Land), Trapsilo Hari Wibowo (Assistance Manager CSR Education & Literacy Sinar Mas Land) dalam seremonial pemberian penghargaan Bronze pada ajang Indonesia Corporate Sustainability (ICS) Award 2024 pada kategori Best Practice in Education.
Rahmat Ananda Margiyanto (Staff CSR Education & Literacy Sinar Mas Land), Teguh Azmi Pamungkas (Assistance Vice President Corporate Social Responbility Sinar Mas Land), Trapsilo Hari Wibowo (Assistance Manager CSR Education & Literacy Sinar Mas Land) dalam seremonial pemberian penghargaan Bronze pada ajang Indonesia Corporate Sustainability (ICS) Award 2024 pada kategori Best Practice in Education.