Kenari Djaja Dorong Karya Handle Pintu yang Trendy dan Stylish dari Desainer Lokal

Sebagai salah satu elemen penting dalam desain, handle pintu juga harus mengikuti desain pintu dan ruangan agar semakin trendy dan stylish.

Aneka desain handle pintu. (Foto: Istimewa)
Aneka desain handle pintu. (Foto: Istimewa)

RealEstat.id (Jakarta) - Handle pintu merupakan hal terpenting dalam desain sebuah rumah. Pasalnya, pegangan pintu menjadi salah satu aksesori yang berinteraksi paling awal dengan pemilik dan para tamu saat memasuki rumah.

Tak jarang desainer menganggap handle pintu sebagai jewellery dalam sebuah desain rumah. Melihat pentingnya komponen yang satu ini, Kenari Djaja menghelat kompetisi desain handle pintu dengan tema trendy dan stylish.

Direktur PT Kenari Djaja Prima, Hendry Sjarifudin mengatakan, Kenari Djaja Award diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Kenari Djaja kepada desainer dan arsitek Indonesia untuk dapat berperan dalam penciptaan karya dibidang handle pintu sebagai elemen arsitektur dan interior yang selalu trendy dan stylish.

Baca Juga: Seperti Apa Desain Handle Pintu yang Cocok untuk Rumah Anda?

"Handle pintu selalu dianggap hal sepele namun saat memasuki rumah pasti yang pertama disentuh adalah handle pintu. Ini menunjukkan salah satu elemen penting dalam satu desain," kata Hendry Sjarifudin dalam acara webinar bertema Door Hardware Trend & Style Design Exploration, Sabtu (14/8/2021).

Webinar yang dipandu akademisi Sri Fariyanti Pane sebagai moderator ini menghadirkan, kelima anggota Dewan Juri yang terdiri dari: Adhi Nugraha, Desainer Produk & Dosen ITB; Nuarista Edi Nugraha, Praktisi Desain Interior; Djoko Santoso, Dosen Arsitektur & Wakil Industri; Julio Julianto, Praktisi Arsitek & Desain Interior; dan Reny Sudarmadi, Jurnalis & wakil masyarakat.

Baca Juga: Kompetisi 'Kenari Djaja Award 2021' Lahirkan Desainer Handle Berkelas Dunia

Selain itu, acara ini juga menampilkan narasumber Mizan Allan De Neve dari Pusat Desain Indonesia. Pengalamannya sebagai peserta dan juri berbagai kompetisi desain disampaikan pada webinar ini, bersama anggota Dewan Juri Kenari Djaja Award.

"Seminar secara virtual ini juga terasa spesial karena narasumber adalah para ahli dan Dewan juri kompetisi serta diantaranya yang hadir terdapat peserta kompetisi desain yang sudah terdaftar dan Diharapkan dapat menambah ilmu bagi para peserta kompetisi," tambah Hendry Sjarifudin.

Fungsi handle pintu yang urgent juga harus mengikuti desain pintu dan kelengkapannya yang semakin trendy & stylish. Untuk menyediakan desain handle yang memenuhi fungsi pintu tersebut, maka perlu diselenggarakan kompetisi untuk memilih desain terbaik. 

Baca Juga: Tumbuh Seiring Kemajuan Teknologi, Desain dan Industri Kreatif Makin Diminati Milenial

Ketua penyelenggara Kompetisi Irma Rosalia Handayani mengatakan, Kenari Djaja bersama Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), di tahun 2021 ini menyelenggarakan ‘Kompetisi Desain Handle Pintu’ berhadiah sampai Rp120 juta.

Karya para pemenang yang terpilih akan diproduksi dan dipasarkan menggunakan nama desainernya. Kompetisi Desain Handle Pintu yang baru pertama kali diadakan di Indonesia ini, menurut panitia diikuti sekitar 100 peserta individu dan kelompok dari profesional, mahasiswa serta umum.

"Kami berharap para peserta yang sudah terdaftar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan mengajukan desain Handle Pintu yang terbaik, agar Indonesia dapat mulai bersaing dengan produk handle dari negara lain," kata Irma.

Baca Juga: Seperti Apa Rumah dan Lingkungan Ideal di Mata Para Arsitek?

Sementara itu, Ketua Umum HDII, Rohadi menyampaikan apresiasinya kepada para peserta kompetisi yang selalu tetap semangat meski masih dalam pandemi Covid-19. Selain itu ucapan terima kasih juga ditujukan kepada Kenari Djaja atas kerjasamanya selama webinar berlangsung.

"Ini saatnya kita melakukan 'plating desain handle pintu' yang trendy dan stylish. Dan dalam Bulan Kemerdekaan Indonesia, ini juga saatnya kita memerdekakan desain," kata Rohadi.

Memenangi sebuah kompetisi sangat bergantung pada kesiapan peserta, kejelian membaca peluang, kemampuan mengeksplorasi desain, dan teknik presentasi. Intinya: good design is good business; sebuah desain dapat memiliki value lebih pada sebuah karya/karya.

Baca Juga: Desainer Dituntut Kreatif Berkarya dan Ciptakan Solusi Bagi Masyarakat

Dari para pembicara yang mengisi materi kali ini, dapat ditarik beberapa kesimpulan. Pertama, sebuah karya desain yang baik adalah karya yang kontekstual, bisa memecahkan masalah, menawarkan inovasi, kebaruan dan unik, serta fungsional.

Kedua, karya desain yang trendy dan stylish harus memiliki kualitas material dan finishing yang baik; detail dan rapi; serta menampilkan nilai estetika sesuai pakem, teori, panduan, dan prinsip desain/seni. 

Selain itu, desain sebaiknya mengeksplorasi teknologi terbaru. Jadi, selain didesain dengan baik, produk gagang pintu yang dihasilkan juga harus aman digunakan, tahan lama (long lasting), dan tak kalah penting produk harus layak diproduksi massal.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Microlibrary Semarang (Foto: dezeen.com)
Microlibrary Semarang (Foto: dezeen.com)
Rumah Gadang (Foto: Pixabay.com)
Rumah Gadang (Foto: Pixabay.com)