Tutup 2020 dengan Manis, Sharp Indonesia Raih Tiga Penghargaan

Sharp Indonesia melakukan perubahan pola kerja dan menciptakan inovasi dengan menjalankan pemasaran secara virtual, hingga berhasil mempertahankan performa.

Andrew Gultom, Head of HA Product Strategy Division Sharp Indonesia dengan penghargaan Indonesia Best Brand Awards 2020.
Andrew Gultom, Head of HA Product Strategy Division Sharp Indonesia dengan penghargaan Indonesia Best Brand Awards 2020.

RealEstat.id (Jakarta) – Meski tahun 2020 diwarnai dengan lesunya pasar akibat pandemi, namun Sharp Indonesia mampu beradaptasi dan tanggap dalam menghadapi setiap tantangan. Hal tersebut membawa Sharp mampu bertahan, bahkan mendulang kesuksesan lewat sejumlah strategi baru dalam bidang penjualan dan peningkatan citra mereknya.

Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia menjelaskan, Sharp Indonesia secara cepat melakukan perubahan pola kerja dan menciptakan inovasi dengan menjalankan pemasaran secara virtual yang memanfaatkan aset digitalnya, hingga berhasil dalam mempertahankan performanya.

Baca Juga: Sharp Indonesia Rilis Toko Elektronik: Sharp e-Store

“Sempat terpuruk di awal tahun 2020 akibat dampak peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berdampak pada penjualan dan penurunan kapasitas produksi, namun Sharp mampu bangkit dengan berhasil mencatatkan sejarah baru dengan berhasil memproduksi lemari es sebanyak 20 juta unit pada April 2020, cepat beradaptasi dan peka terhadap peluang yang ada, merupakan salah satu kunci keberhasilan kami,” ungkap Shinji Teraoka dalam siaran pers yang diterima RealEstat.id.

Sementara itu, Andrew Gultom, Head of HA Product Strategy Division PT Sharp Electronics Indonesia menuturkan, di tengah gempuran persaingan industri elektronik dan segala macam permasalahan yang terjadi di tahun 2020, Sharp dapat bertahan mendapat diapresiasi menjadi salah satu merek terbaik di ajang penghargaan Indonesia Best Brand Awards 2020 dengan memboyong dua kategori sekaligus, yaitu untuk mesin cuci dan lemari es.

Indonesia Best Brand Awards (IBBA) 2020 merupakan sebuah ajang penghargaan tahunan yang diikuti oleh ratusan merek di seluruh Indonesia yang berkompetisi untuk mendapatkan poisisi merek teratas di tanah air. SWA selaku penyelenggara menggandeng MARS dalam pelaksanaan riset dan penilaian, dengan menggunakan metode survey  kuantitatif yang memiliki lima kriteria penilaian, seperti Top of Mind Advertising, Top of Mind Brand, Brand Share, Satisfaction, dan Gain Index. Survey yang diadakan pada periode Agustus – Oktober melibatkan lebih dari 5.000 responden  dari tujuh kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin dengan berbagai latar sosial ekonomi. 

Baca Juga: Rilis Program ‘Happy Day’, Sharp Ajak Konsumen Indonesia Sambut 2021

“Dengan kemenangannya ini, Sharp Indonesia berhasil mempertahankan posisinya sebagai merek terbaik selama 18 tahun berturut-turut sejak tahun 2002 silam,” jelas Andrew Gultom.

Tidak hanya mendapatkan apresiasi sebagai merek terbaik, Sharp pun mampu menyabet penghargaan Indonesia Customer Experience Award sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah SWA bersama Business Digest, lembaga survei yang tergabung di dalam Grup SWA untuk kategori produk Air Conditioner. Penghargaan Indonesia Customer Experience Award 2020 merupakan penghargaan yang baru pertama kali diadakan guna mengapresiasi merek-merek di Indonesia yang tiada pernah berhenti berkreasi dalam menjawab seluruh harapan dan tuntutan pelanggan.

Melibatkan kurang lebih terdiri dari 3.000 responden yang merupakan pelanggan dari berbagai kategori produk atau jasa, dan berlangsung di enam kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Makassar. SWA dan Busines Digest melakukan face to face interview dan telesurvey.

Baca Juga: Sharp Rilis Healsio Superheated Steam Oven

Aspek penilaian yang dilakukan adalah dengan menggali pengalaman responden terhadap merek-merek yang pernah digunakan, yang tercakup dalam aspek kognitif, afektif, perilaku, dan sosial. Pada survei tersebut, responden diminta untuk menilai merek-merek yang pernah digunakan berdasarkan empat variabel, yaitu kognitif, afektif, perilaku, dan sosial, dalam skala 1–10. Secara keseluruhan, terdapat 316 merek dari 110 kategori produk yang berhasil terjaring dari survei ICX Index 2020.

Memiliki tiga fokus utama dalam menjalankan usahanya, yaitu kualitas produk , saluran distribusi, dan layanan purna jual, Sharp Indonesia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik  sebagai bentuk apresiasi terhadap kesetiaan konsumen dalam memilih produk Sharp.

“Terima kasih kami ucapkan pada konsumen yang telah memberikan apresiasinya kepada kami, kemenangan ini menjadi motivasi bagi kami untuk dpat memberikan layanan yang jauh lebih baik lagi,” ucap Teraoka.

Gencarkan Program CSR
Tidak hanya berfokus pada penjualan, sepanjang tahun 2020 Sharp Indonesia pun banyak melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) sebagai kontribusinya terhadap kesejahteraan dan kesehatan masyakakat Indonesia. Salah satunya adalah kegiatan sosial bertajuk ‘Bakti Untuk Negeri: Terima Kasih Pahlawan Kesehatan Indonesia’, berkolaborasi dengan yayasan nirlaba Human Iniatitive, Sharp mendonasikan ratusan Air Purifier, APD, sembako, vitamin, hingga bantuan pendidikan bagi keluarga dan anak - anak dari tenaga kesehatan di Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengapresiasi upaya para tenaga kesehatan yang telah berjuang di garda terdepan dalam menekan penyebaran Covid-19, dedikasi yang mereka lakukan dalam menjalankan tugas merawat pasien sangatlah luar biasa. Melalui program CSR ‘Bakti Untuk Negeri: Terima Kasih Pahlawan Kesehatan Indonesia’ ini,  Sharp mendapatkan penghargaan Human Initiative Awards 2020 yang diumumkan secara virtual pada 10 Desember lalu, bersamaan dengan perayaan hari jadi Human Initiative ke-21.  

Baca Juga: Sharp Donasikan Ratusan Gawai untuk Pendidikan di Indonesia

Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh team Human initiative, Sharp Indonesia berhasil meraih kategori Perusahaan Nasional Program Kesehatan Terbaik. Melibatkan Board of Director Human Initiative sebagai juri, Sharp mendapatkan apresiasi atas kepeduliannya tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan apresiasi atas upaya yang kami lakukan di sepanjang tahun 2020. Kami dapat bertahan akibat kerja sama lintas departemen yang bekerja sangat baik sekali dan juga dukungan yang berkelanjutan dari para partner, supplier dan pemerintah. Mewakili segenap manajemen dan karyawan Sharp Indonesia, Saya mengucapkan selamat merayakan Natal dan tahun baru, semoga tahun 2021 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua,” tutup Teraoka.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Perwakilan Sharp  menyerahkan hadiah secara simbolis kepada para pemenang Sharp Content Creator Hunt. (Foto: Dok. Sharp Indonesia)
Perwakilan Sharp menyerahkan hadiah secara simbolis kepada para pemenang Sharp Content Creator Hunt. (Foto: Dok. Sharp Indonesia)
Perumahan Royal Tajur, Bogor. (Foto: Istimewa)
Perumahan Royal Tajur, Bogor. (Foto: Istimewa)
Indradjati Sidi, Komisaris Thamrin Nine (kiri) dan Iwan Wijaya, Direktur Operasional Thamrin Nine di sela ajang FIABCI Indonesia - REI Excellence Award 2024. (Foto: Istimewa)
Indradjati Sidi, Komisaris Thamrin Nine (kiri) dan Iwan Wijaya, Direktur Operasional Thamrin Nine di sela ajang FIABCI Indonesia - REI Excellence Award 2024. (Foto: Istimewa)
Dari kiri ke kanan: Henry Napitupulu, Direktur Planning & Design Paramount Land; Muhammad Nawawi, Presiden Direktur Paramount Land; Santi Meilawati, Direktur Paramount Land; dan Chrissandy Dave Winata, Direktur Sales & Marketing Paramount Land berpose di ajang PropertyGuru Asia Property Awards 2024. (Foto: Istimewa)
Dari kiri ke kanan: Henry Napitupulu, Direktur Planning & Design Paramount Land; Muhammad Nawawi, Presiden Direktur Paramount Land; Santi Meilawati, Direktur Paramount Land; dan Chrissandy Dave Winata, Direktur Sales & Marketing Paramount Land berpose di ajang PropertyGuru Asia Property Awards 2024. (Foto: Istimewa)