Trik Mudah Merawat Tanaman Kaktus di dalam Rumah

Tanaman kaktus yang dirawat dengan baik, dapat dijadikan hiasan untuk mempercantik dekorasi ruang tamu, ruang keluarga ataupun meja kerja.

Tanaman kaktus di dalam rumah. (Foto: pinterest)
Tanaman kaktus di dalam rumah. (Foto: pinterest)

RealEstat.id (Jakarta) - Banyak tanaman hias yang bisa menjadi bagian dekorasi hijau di dalam rumah. Salah satunya adalah tanaman kaktus di dalam pot yang sengaja diletakkan di dalam ruangan.

Penggunaan kaktus sebagai elemen yang mempercantik tampilan interior, telah menjadi bagian dari tren dekorasi hunian saat ini.

Meski berduri, jenis tanaman hias dari famili Cactaceae ini banyak disukai dan dipilih oleh pemilik hunian untuk menjadi aksen hijau bagi interior rumah.

Baca Juga: Tertarik Bercocok Tanam di Rumah? Begini Tips untuk Memulainya

Banyak masyarakat yang mempergunakan kaktus untuk hiasan di ruang tamu, ruang keluarga ataupun meja kerja bergaya skandinavian.

Selain karena bentuknya yang unik, tanaman ini pun dipilih karena tergolong mudah perawatannya.

Mereka yang memiliki tanaman kaktus hanya perlu memberi air sesekali saja dan terpenting diletakkan pada sisi dengan intensitas sinar matahari yang cukup.

Lalu, langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat tanaman kesayang itu di rumah? Simak trik mudah merawat kaktus di dalam ruangan berikut ini.

Baca Juga: Cermati 4 Hal Ini, Bila Pasangan Muda Ingin Punya Rumah Sendiri

Komposisi media tanam yang tepat
Tips dan trik merawat kaktus bisa Anda mulai dengan membuat komposisi media tanam yang tepat. Caranya, memasukkan sejumlah kerikil sebagai dasar dalam pot tanaman hias.

Fungsi kerikil itu sebagai sistem drainase yang baik. Anda dapat memasukkan komposisi tanah di atasnya.

Kemudian, disusul media tanam dengan pasir kasar, dan serbuk arang. Lapisan serbung arang digunakan untuk membantu kaktus mempertahankan kesehatannya.

Jangan menyiram kaktus terlalu sering
Kaktus merupakan jenis tumbuhan yang tidak memerlukan banyak air, karena tanaman tersebut memiliki persediaan air di dalam batangnya.

Baca Juga: Begini Caranya Agar Rumah Terasa Sejuk Ketika Musim Kemarau Tiba

Anda tidak harus menyirami kaktus terus menerus. Pemberian air yang terlalu banyak, justru akan membuat kaktus cepat mati dan membusuk. Siramlah dengan jangka waktu seminggu sekali.

Letakkan pada ruangan bersuhu sejuk
Habitat hidup asli kaktus berada di lingkungan kering (gurun). Untuk membuat kaktus kesayangan tumbuh dengan baik, letakkan pada ruangan sejuk, teduh, dan tidak lembap. Misalnya di dekat jendela ruang tamu.

Pupuk yang cukup
Cara untuk membuat kaktus tumbuh dengan baik selanjutnya adalah dengan memberinya cukup pupuk. Pilih pupuk yang sesuai, contohnya pupuk kompos.

Anda cukup melakukan pemumpukkan tanaman kaktus setahun sekali, ketika musim hujan datang.

Taruh di pot yang tepat
Selain ke-empat langkah sebelumnya, Anda pun harus memilih pot tanaman yang tepat untuk meletakkan kaktus kesayangan di dalam rumah. Gunakanlah pot tanah liat, agar akar tanaman tersebut terjaga kelembapannya.

Berita Terkait

Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)