Tertarik Bercocok Tanam di Rumah? Begini Tips untuk Memulainya

Memiliki taman nan asri yang ditumbuhi berbagai macam jenis tanaman, tentu merupakann impian sebagaian besar pemilik rumah.

tips berkebun di rumah
Ilustrasi berkebun di rumah. (Foto: Pertanianku.com)

RealEstat.id (Jakarta) – Munculnya pandemi Coronavirus mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah saja, sebagai upaya dalam pencegahan penularan Covid-19.

Dengan waktu luang yang cukup banyak, banyak pemilih hunian yang mencoba menekuni hobi baru, salah satunya adalah belajar bercocok tanam di taman rumah.

Memiliki taman nan asri yang ditumbuhi berbagai macam jenis tanaman hias, tentu merupakann impian sebagaian besar pemilik rumah.

Baca Juga: Sering Kali Mengotori Hunian, Ini Dia Trik Mengusir Cicak di Rumah

Namun tidak sedikit orang yang masih merasa bingung bagaimana memulai berkebun di rumah yang baik untuk pertama kalinya, meskipun area kosong tersedia.

Nah, bila Anda berencana bercocok tanam di rumah, namun masih ragu untuk memulainya karena belum punya pengalaman, cobalah simak tips dan trik berikut ini.

Pilih tanaman yang mudah perawatannya
Untuk memulai menanam di halaman rumah, hal pertama yang dilakukan adalah hendaknya memilih jenis tanaman yang mudah perawatannya.

Sejumlah jenis tanaman mudah tumbuh dan tak membutuhkan perawatan yang susah. Contohnya, bunya dahlia, melati, bouegenville atau bunga lavender.

Baca Juga: Begini Caranya Agar Rumah Terasa Sejuk Ketika Musim Kemarau Tiba

Anda pun dapat memilih jenis tanaman sayuran, seperti tomat, cabe, bawang yang tak membutuhkan perawatan rumit, untuk ditanam di taman.

Sesuaikan media tanam
Media tanam memiliki pengaruh cukup besar terhadap tumbuh-kembang tanaman. Apabila Anda ingin menggunakan pot tanaman, maka sesuaikanlah bentuk dan ukuran dari media tanam tersebut.

Bisa jadi, tanaman yang Anda tanaman di rumah tidak berkembang dengan baik, karena media-nya yang kurang memadai.

Perhatikan kebutuhan sinar matahari dan air
Ada dua aspek penting yang mendukung pertumbuhan tanaman, yakni sinar matahari dan air. Setiap jenis tanaman memiliki kebutuhan sinar matahari dan air yang berbeda-beda.

Baca Juga: Tips Mendesain Ruang Makan Selaiknya Nuansa Kafe

Agar tak kekurangan atau justru kelebihan dua aspek itu, sebaiknya cari tahu terlebih dulu kebutuhan cahaya dan air dari masing-masing tanaman yang akan ditanam.

Memperhatikan nutrisinya
Selain butuh paparan cahaya dan air, untuk mendapatkan tanaman yang sehat juga membutuhkan nutrisi yang ada pada kandungan tanah.

Nah, nutrisi ini bisa didapatkan dari pupuk. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memastikan tanaman-tanaman tersebut mendapatkan pupuk yang terbaik, sehingga bisa tumbuh subur dan sehat.

Disarankan pula untuk mengontrol dan merawat tanaman-tanaman di taman rumah Anda secara rutin. Dengan cara seperti itu, Anda akan mendapatkan taman yang asri nan sehat.