Trik Mudah Guna Menghemat Konsumsi Listrik Lemari Es Anda

Meski konsumsi daya lemari es tergolong tidak begitu besar, namun dengan kebiasaaan yang salah akan membuat pemakaian listrik menjadi boros.

Mengatur bahan makanan di lemari es secara tepat akan menghemat konsumsi daya  listrik pada lemari es. (Foto: shutterstock)
Mengatur bahan makanan di lemari es secara tepat akan menghemat konsumsi daya listrik pada lemari es. (Foto: shutterstock)

RealEstat.id (Jakarta) - Kulkas atau lemari es menjadi salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang dibiarkan terus terhubung dengan aliran listrik.

Hal itu dilakukan guna menjaga kesegaran sejumlah bahan makanan yang tersimpan dalam lemari es.

Meski konsumsi daya lemari es tergolong tidak begitu besar, namun dengan kebiasaaan yang salah, akan membuat pemakaian listrik menjadi boros. Ini tentunya, akan berdampak pada tagihan listrik bulanan rumah Anda yang semakin membengkak.

Baca Juga: Tips Mencegah Kebakaran Rumah dan Ragam Penyebabnya

Untuk informasi saja, umumnya lemari pendingin yang memiliki kapasitas volume penyimpanan 150 liter membutuhkan daya listrik hanya sekitar 100 Watt.

Nah, agar konsumsi daya listrik lemari es menjadi hemat, Anda dapat melakukan beberapa tips dan trik berikut ini.

Kurangi Frekuensi Buka-Tutup
Untuk menghemat listrik pada lemari es hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurangi frekuensi buka-tutup lemari es.

Membuka dan menutup pintu kulkas dapat membuat udara dari luar masuk ke dalam kompartemen perangkat home appliance itu.

Baca Juga: Ini Dia, Tips Rumah Hemat Listrik dari PLN

Tentunya akan menyebabkan mesin kulkas akan bekerja lebih berat untuk kembali mendinginkan udara di dalamnya. Sebelum membuka kulkas, ada baiknya tentukan dahulu apa yang akan Anda ambil.

Aturlah Suhu Kompartemen
Cara selanjutnya, aturlah suhu kompartemen lemari es (non-freezer) diantara 3°C hingga 5°C. Terlampau dingin atau terlampau hangat juga tidak baik untuk konsumsi listrik.

Pengaturan suhu yang tidak pas, juga akan akan mempengaruhi kondisi kesegaran makanan yang memungkinkan bakteri tumbuh lebih mudah.

Perhatikan Cara Menyimpan
Bila berpikir lemari es kosong dapat membuat konsumsi listrik menjadi lebih kecil, Anda salah! Faktanya, dalam keadaan setengah terisi atau bahkan hampir kosong, kulkas menggunakan energi lebih besar.

Baca Juga: Samsung Electronics Rilis Dua Home Appliances Berteknologi Anyar

Maka dari itu, penting untuk selalu mempraktekan cara menyimpan makanan di lemari es yang benar.

Selain dapat menghemat listrik rumah, Anda pun dapat membuat bahan makanan yang diletakkan di lemari es menjadi lebih sehat serta segar.

Gunakan Fitur Defrost
Trik berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat konsumsi listrik kulkas lebih hemat adalah dengan menggunakan fitur defrost yang ada pada lemari es.

Baca Juga: Sharp Luncurkan Lemari Es Kirei III yang Kaya Fitur dengan Harga Terjangkau

Fitur defrost di kulkas berguna untuk mencairkan bunga es yang ada pada freezer, sehingga akan mematikan fungsi thermostat dan membuat bunga es mencair.

Saat bunga es mencair, bersihkan freezer Anda untuk membuat aliran udara di dalamnya lebih lancar. Selain itu, fitur ini akan membuat freezer beristirahat sejenak dan konsumsi listrik menjadi berkurang.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Juneidi D. Kamil, Pakar Hukum Properti (Foto: RealEstat.id)
Juneidi D. Kamil, Pakar Hukum Properti (Foto: RealEstat.id)
Ciptakan Ruang Multifungsi di Rumah 
Bersama Dulux EasyClean Anti-Viral. (Foto: dok. AkzoNobel)
Ciptakan Ruang Multifungsi di Rumah Bersama Dulux EasyClean Anti-Viral. (Foto: dok. AkzoNobel)
Pekuburan (Foto: Dok. Pixabay)
Pekuburan (Foto: Dok. Pixabay)
Toilet duduk (Foto: Pixabay.com)
Toilet duduk (Foto: Pixabay.com)