Resmikan INACRAFT 2022, Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Cintai Produk Kerajinan Dalam Negeri

Pada INACRAFT 2022, Jawa Barat terpilih menjadi ikon pameran dengan menampilkan produk kerajinan unggulan, sekaligus mengangkat kesenian dan kebudayaan lokal.

Presiden Joko Widodo saat Membuka INACRAFT 2022 DI JCC, Jakarta, Rabu, 23 Maret 2022. (Foto: istimewa)
Presiden Joko Widodo saat Membuka INACRAFT 2022 DI JCC, Jakarta, Rabu, 23 Maret 2022. (Foto: istimewa)

RealEstat.id (Jakarta) - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka ajang The 22nd Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) hari ini, Rabu (23/3/2022).

Presiden Jokowi dalam kata sambutannya mengucapkan selamat atas terselenggaranya ajang yang disebut sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara tersebut—setelah dua tahun absen akibat pandemi.

Baca Juga: Digelar Secara Hybrid, INACRAFT Reborn Usung Tagline "Smiling Heritage of West Java"

"Pertama-tama saya ingin menyampaikan selamat atas diselenggarakannya kembali INACRAFT. INACRAFT tahun 2022 yang menampilkan produk-produk kerajinan yang memiliki kualitas yang baik dari kreasi-kreasi para pengrajin kita," ujar Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara yang hadir didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; dan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai produk-produk dalam negeri.

"Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk produksi dalam negeri utamanya produk-produk kerajinan. Ini akan memajukan para pengrajin kita, memajukan UMKM kita," imbuh Jokowi.

Baca Juga: Tumbuh Seiring Kemajuan Teknologi, Desain dan Industri Kreatif Makin Diminati Milenial

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI), Muchsin Ridjan mengatakan, INACRAFT 2022 diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terlebih setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19. INACRAFT 2022 diselenggarakan secara daring dan luring dengan mengambil tema "From Smart Village to Global Market".

Pameran ini diikuti oleh 722 peserta yang terdiri atas 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta 150 toko daring. Pameran ini akan diselenggarakan pada 23-27 Maret 2022.

"Kami melaksanakan pameran hybrid baik online maupun offline. Jadi kegiatan ini membangkitkan ekonomi nasional lagi bagaimana tahun-tahun yang lalu kita sudah lakukan 21 kali dan ini ke-22. Perbedaannya kalau dulu hanya offline, sekarang juga online. Kita dengan marketplace, ASEPHI memiliki marketplace. Kita juga bekerja sama dengan Tokopedia," papar Muchsin Ridjan.

Baca Juga: Desainer Dituntut Kreatif Berkarya dan Ciptakan Solusi Bagi Masyarakat

Pada gelaran INACRAFT 2022, Provinsi Jawa Barat terpilih menjadi ikon pameran dengan menampilkan produk-produk kerajinan unggulan dan kreatif sekaligus mengangkat kesenian dan kebudayaan lokal Jawa Barat dengan tema "Smiling Heritage of West Java". Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap kehadiran beragam kerajinan Jawa Barat sebagai ikon paviliun dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat.

"Kita dikasih tempat di sini dan kita tunjukkan kekayaan, keragaman, kerajinan Jawa Barat dari yang tradisional, modern, rumahan, pabrikan, semua kita hadirkan di sini. Mudah-mudahan menginspirasi tentang kekayaan intelektualitas kreatifitas dari masyarakat Jawa Barat dan saya yakin pasti pada laku, dan kepada para pengunjung silakan datang dan bawa uang sebanyak-banyaknya untuk belanja di INACRAFT yang luar biasa," ungkap Ridwan Kamil.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Co-Living di Cove, Indekos Premium Generasi Milenial.
Co-Living di Cove, Indekos Premium Generasi Milenial.
Grand Opening Gafoy Summarecon Mall Kelapa Gading, Kamis, 14 Maret 2024 (Foto: Istimewa)
Grand Opening Gafoy Summarecon Mall Kelapa Gading, Kamis, 14 Maret 2024 (Foto: Istimewa)
Dari kiri ke kanan: Aghnia Fuad, Principal Designer Suasana Studio; Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint; dan Grace Hartanti, Principal Designer Grace Hartanti Design Lab saat peluncuran Tren Warna Ramadan 2024 Nippon Paint, Kamis, 7 Maret 2024. (Foto: Realestat.id)
Dari kiri ke kanan: Aghnia Fuad, Principal Designer Suasana Studio; Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint; dan Grace Hartanti, Principal Designer Grace Hartanti Design Lab saat peluncuran Tren Warna Ramadan 2024 Nippon Paint, Kamis, 7 Maret 2024. (Foto: Realestat.id)