Digelar Secara Hybrid, INACRAFT Reborn Usung Tagline "Smiling Heritage of West Java"

INACRAFT 2022 diikuti 722 peserta, yang terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas dan 43 peserta binaan BUMN, serta 150 merchant stores.

Ketua ASEPHI, Muchsin Ridjan (ketiga dari kiri) saat press conference INACRAFT 2022.
Ketua ASEPHI, Muchsin Ridjan (ketiga dari kiri) saat press conference INACRAFT 2022.

RealEstat.id (Jakarta) - Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2022) kembali digelar untuk yang ke-22 kalinya di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 23 – 27 Maret 2022. Event yang didapuk sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini menampilkan sesuatu yang berbeda.

Setelah dua tahun urung diselenggarakan lantaran pandemi COVID-19, ajang kali ini mengusung konsep INACRAFT Reborn, yang menggelar pameran secara hybrid (online dan offline), termasuk kepatuhan terhadap CHSE dengan tetap mengutamakan aspek–aspek standar kegiatan utama yang sudah ada dan terintegrasi satu dengan yang lainnya melalui konsep platform baru yang dinamis, atraktif & inovatif, di antaranya Pameran Virtual INACRAFT, INACRAFT Marketplace dan INACRAFT x Tokopedia.

Baca Juga: Seperti Apa Desain Handle Pintu yang Cocok untuk Rumah Anda?

"INACRAFT Reborn siap bertransformasi ke ekosistem digital yang dinamis dan inovatif menjadikan INACRAFT pameran yang adaptif dengan situasi dan kondisi," kata Muchsin Ridjan, Ketua ASEPHI.

Seperti pada setiap penyelenggaraannya, pameran yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan PT Mediatama Binakreasi ini bertujuan sebagai wadah promosi produk–produk kerajinan lokal untuk berkompetisi di pasar internasional melalui sektor industri sebagai komoditi ekspor ke mancanegara, di mana pada tahun ini lebih mengutamakan membangun kembali semangat para UKM Kerajinan untuk bangkit menuju pemilihan ekonomi nasional.

Dengan tema tetap “From Smart Village to Global Market”, INACRAFT ke–22 yang rencananya akan dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada 23 Maret 2022 ini, akan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai ikon pameran yang akan menampilkan produk-produk kerajinan unggulan dan kreatif sekaligus mengangkat kesenian dan kebudayaan lokal Jawa Barat dengan tagline “Smiling Heritage of West Java”.

Baca Juga: Tumbuh Seiring Kemajuan Teknologi, Desain dan Industri Kreatif Makin Diminati Milenial

Muchsin Ridjan mengatakan, sebagai penyelenggara, ASEPHI juga melengkapi wadah promosi ini dengan Aplikasi INACRAFT, sebuah startup marketplace yang dapat diunduh melalui IOS dan Android. Toko digital INACRAFT juga berkolaborasi dengan Tokopedia (sebagai upaya memaksimalkan transaksi peserta pameran di dalam negeri.

Keistimewaan pelaksanaan INACRAFT pada tahun ini selain diadakan offline di JCC akan dilaksanakan juga secara daring melalui pameran virtual dan e-commerce, serta live streaming program–program unggulan menarik sebagai bagian dari Insight Program seperti Craft Forum Webinar, Talkshow Craftpreneurs, Online Workshop, Virtual Business Matching, dan INACRAFT & Emerging Awards Awarding Night, dengan SMART (Simple, Mobile, Accessible, Real-time, Trustworthy) Exhibition, sebagai implementasi dari pengembangan INACRAFT GO Digital.

Pameran kerajinan nasional berskala internasional ini diikuti oleh 722 peserta yang terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas dan 43 peserta binaan BUMN, serta 150 merchant stores untuk masing-masing kegiatan online.

Baca Juga: Desainer Dituntut Kreatif Berkarya dan Ciptakan Solusi Bagi Masyarakat

INACRAFT 2022 disponsori oleh Bank Negara Indonesia sebagai sponsor utama serta menargetkan 50.000 pengunjung (offline) dan 10.000 pengunjung (online) dengan target transaksi sebesar Rp50 miliar untuk pameran utama dan Rp150 juta untuk pameran virtual dan INACRAFT marketplace.

Sementara untuk kegiatan INACRAFT x Tokopedia menargetkan transaksi sebesar Rp1,5 miliar dengan satu juta visitor. Pameran ini juga didukung penuh secara digital oleh Online Partner Tokopedia dan Online Support dari Silversea Media, UMKM Lab & Doku, serta Loket.com sebagai Official Registation Partner.

Setiap harinya, pameran INACRAFT 2022 akan dibagi menjadi tiga sesi waktu kunjungan bagi pengunjung yang sudah melakukan registrasi melalui aplikasi Loket.com, sebagai bagian dari upaya penerapan protokol CHSE (tracing dan pembatasan pengunjung) di segala lini kegiatan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk Adaptasi Kebiasaan Baru yang terintegrasi dengan aplikasi perangkat lunak Peduli Lindungi yang diberlakukan bagi seluruh stakeholder seperti panitia, peserta dan pengunjung pameran.

Baca Juga: Mau Lihat Uji Coba Kendaraan Listrik Tanpa Awak, Datang ke BSD City!

Pengunjung dan Pembeli dimanjakan dengan showcase beragam produk kreatif dari tujuh kategori bahan baku (Keramik, Serat Alam, Logam, Batu-Batuan, Tekstil, Kayu, dan Bahan lainnya) kerajinan yang diminati seperti Batik, Traditional Textile Moslem Fashion, Tenun, Songket, Embroidery, Home Decoration, Jewelry, Accessories, Households, Decorative Items, travel goods, gifts and miscellaneous crafts dari seluruh Indonesia.

Selain itu penyelenggara juga menyediakan fasilitas penunjang lain bagi pengunjung yang berkunjung pameran seperti penyediaan jastip, layanan pengiriman cargo Caraka, penyediaan transportasi shuttle bus oleh official shuttle partner White Horse, di beberapa titik mal yang menjadi Official Mall Partner, seperti Kuningan City Mall, Margo City Mall, Emporium Pluit Mall, Summarecon Mall Bekasi, dan tenaga medis yang disediakan oleh Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai official hospital.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Gelaran 'Hafiz Hafizah - Mecca Adventure' di Metropolitan Mall Bekasi (Foto: Dok. Metland)
Gelaran 'Hafiz Hafizah - Mecca Adventure' di Metropolitan Mall Bekasi (Foto: Dok. Metland)
Wahana Dino Jungle di Grand Metropolitan Bekasi (Foto: dok Metland)
Wahana Dino Jungle di Grand Metropolitan Bekasi (Foto: dok Metland)
Irawan Harahap (Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land) memberikan kata sambutan dalam acara pameran Future-X di The Breeze BSD City.
Irawan Harahap (Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land) memberikan kata sambutan dalam acara pameran Future-X di The Breeze BSD City.