Mau Rumah Aman Ditinggal Mudik Lebaran? Lakukan 5 Tips Ini Ya

Meski pemerintah menerbitkan larangan mudik Lebaran, tak membuat surut animo masyarakat untuk mengunjungi keluarga di kampung halamannya.

Ilustrasi tips rumah aman ditinggal mudik Lebaran. (Gambar: architectaria.com)
Ilustrasi tips rumah aman ditinggal mudik Lebaran. (Gambar: architectaria.com)

RealEstat.id (Jakarta) - Sudah menjadi tradisi dan budaya saling mengunjungi ketika Lebaran di Indonesia. Hal ini dilakukan guna menjalin
silaturahmi dengan orang tua/sanak-saudara maupun kerabat terdekat.

Meski di tahun ini pemerintah menerbitkan larangan mudik Lebaran saat pandemi yang dimulai 06-17 Mei 2021, tak membuat surut niat sebagaian masyarakat untuk mengunjungi keluarga di kampung halamannya.

Mereka rela meninggalkan hunian dalam beberapa hari dan melakukan perjalanan jauh demi bertemu orang tua, sanak-saudara maupun kerabat.

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Ruang Makan Gaya Maroko untuk Meriahkan Ramadan

Momen perayaan Idul Fitri juga digunakan warga yang tidak mudik untuk bersilaturahmi dengan keluarga yang dekat dengan lokasi rumah mereka.

Nah, agar keselamatan dan keamanan rumah tetap terjaga meski ditinggal bersilaturahmi saat Lebaran. Berikut ini kami berikan sejumlah tips yang bisa Anda lakukan.

Pastikan Akses Terkunci
Faktor keamanan menjadi prioritas Anda selaku pemilik rumah. Sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik, periksalah kembali semua titik akses menuju ke dalam rumah.

Baca Juga: Trik Mudah Mengatasi Pintu Rumah Memuai Saat Musim Hujan

Mulai dari pintu pagar, pintu garasi, pintu utama, pintu samping, jendela, teralis, hingga lubang angin. Pastikan bahwa sudah terkunci gembok dengan baik dan sistem pengamanan otomatis dapat berjalan.

Simpan Barang Berharga dengan Aman
Apabila ada barang berharga yang Anda simpan di rumah, maka sebaiknya letakkan dengan lebih saksama.

Jangan biarkan benda berharga tergeletak di tempat biasa, misalnya di meja rias atau laci dalam lemari pakaian.

Baca Juga: Segarkan Dekorasi Ruang Tamu Anda dengan Langkah Ini

Amankan benda-benda penting yang berharga ke dalam lemari brankas. Jika Anda memiliki keluarga yang bisa dipercaya, bisa pula dititipkan ke mereka, agar perjalanan mudik lebih tenang.

Matikan Perangkat Elektronik
Bahaya bukan saja hanya dari ancaman dibobol oleh maling, selama ditinggal mudik Anda pun harus memperhatikan keselamatan aset properti juga dari bencana kebakaran akibat korsleting listrik.

Untuk mencegahnya, pastikan semua perangkat elektronik rumah tangga seperti dispenser, televisi, AC dan lain sebagainya, dalam kondisi mati atau tidak sedang tercolok ke sumber listrik.

Baca Juga: Ini Dia, Tips Rumah Hemat Listrik dari PLN

Menyalakan Lampu Teras
Disarankan untuk tidak memberikan kesan bahwa rumah sedang tidak dihuni. Nah, untuk itu jangan lupa untuk menyalakan lampu teras sebelum ditinggal mudik lebaran.

Anda dapat mengatur lampu dengan menggunakan timer. Kalau tidak menggunakan lampu dengan timer, sebaiknya minta tolong pada tetangga atau saudara terdekat, untuk menyalakan dan mematikan lampu teras Anda.

Minta Bantuan Orang Terdekat
Langkah terakhir demi mejaga keselamatan rumah Anda, yakni dengan meminta bantuan kepada orang terdekat dan terpercaya, seperti tetangga, kerabat atau teman, untuk memantau terus kondisi rumah.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Juneidi D. Kamil, Pakar Hukum Properti (Foto: RealEstat.id)
Juneidi D. Kamil, Pakar Hukum Properti (Foto: RealEstat.id)
Ciptakan Ruang Multifungsi di Rumah 
Bersama Dulux EasyClean Anti-Viral. (Foto: dok. AkzoNobel)
Ciptakan Ruang Multifungsi di Rumah Bersama Dulux EasyClean Anti-Viral. (Foto: dok. AkzoNobel)
Pekuburan (Foto: Dok. Pixabay)
Pekuburan (Foto: Dok. Pixabay)
Toilet duduk (Foto: Pixabay.com)
Toilet duduk (Foto: Pixabay.com)