Kementerian PUPR dan Kemenko PMK Serahterimakan Kunci Huntap Tondo 2 Palu

Pemerintah akan terus berupaya melaksanakan penuntasan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana bumi, tsunami, dan likuefaksi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Hunian Tetap (Huntap) Tondo 2 di Palu, Sulawesi Tengah (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Hunian Tetap (Huntap) Tondo 2 di Palu, Sulawesi Tengah (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

RealEstat.id (Palu) – Didampingi Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), Iwan Suprijanto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy melakukan serah terima kunci Huntap Tondo 2 kepada warga di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (14/6/2024).

Dirjen Perumahan mengatakan, pemerintah akan terus berupaya melaksanakan penuntasan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana bumi, tsunami, dan likuefaksi di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Kegiatan penanganan bencana alam ini bukanlah merupakan sebuah proyek, tetapi lebih merupakan bagian dari misi kemanusiaan yang harus di dukung oleh semua pihak," jelas Iwan Suprijanto.

Baca Juga: Presiden Resmikan 3.724 Unit Huntap Korban Gempa Bumi dan Tsunami Palu, Sulawesi Tengah

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Perumahan dan Menko-PMK melakukan kunjungan ke salah satu lokasi pembangunan Hunian Tetap (Huntap) Tondo 2 di Kota Palu.

Berdasarkan data Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, jumlah unit yang dibangun di lokasi ini rencananya akan dibangun sebanyak 961 unit.

Sedangkan saat ini jumlah Huntap yang siap untuk dihuni sebanyak 303 unit untuk diserahkan kepada masyarakat terdampak bencana di Kota Palu.

Baca Juga: Pembangunan Huntap di Palu, Sulawesi Tengah, Libatkan Warga Lokal Terlatih

Kementerian PUPR akan membangun sebanyak 5.598 unit Hunian Tetap di Provinsi Sulawesi Tengah.

Saat ini progres penghunian dilaporkan sebanyak 4.211 unit sudah serah terima kunci kepada penghuni dan akan terus ditingkatkan jumlahnya.

Dia mengungkapkan apresiasi yang kepada Pemerintah Daerah, Tim Satuan Tugas Pelaksana Penanggulangan Bencana Pasca Gempa Bumi, Tsunami, dan Likuefaksi Sulawesi Tengah serta mitra kerja lain yang telah bahu membahu dalam mendukung program Rehabilitasi dan Rekonstruksi di Sulawesi Tengah sampai dengan saat ini.

Baca Juga: Kementerian PUPR Serahterimakan Huntap Kepada Korban Gempa Palu

"Semoga masyarakat bisa nyaman tinggal di sini bersama keluarganya dan memiliki semangat baru dalam menjalani kehidupan pasca terdampak bencana," imbuh Iwan.

Salah seorang warga terdampak bencana yang mendapatkan bantuan rumah di lokasi Huntap Tondo 2, Roni Donso (44 tahun) mengatakan dirinya sangat bersyukur karena Pemerintah telah memberikan bantuan Huntap kepada dia dan keluarganya.

“Kami sangat berterimakasih karena sudah dibuatkan Huntap yang bagus oleh Kementerian PUPR. Selain bangunannya kokoh fasilitasnya juga lengkap sehingga kami nyaman tinggal di Huntap ini,” ungkapnya.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Foto: Kementerian PUPR
Foto: Kementerian PUPR
Kementerian PUPR menyalurkan bantuan Program BSPS di Papua Barat Daya. (Foto: Dok. KemenPUPR)
Kementerian PUPR menyalurkan bantuan Program BSPS di Papua Barat Daya. (Foto: Dok. KemenPUPR)
Topping Off Rusun ASN PUPR Jawa Tengah di Semarang, Jumat, 28 Juni 2024. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Topping Off Rusun ASN PUPR Jawa Tengah di Semarang, Jumat, 28 Juni 2024. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) - Foto: ilustrasi.
Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) - Foto: ilustrasi.