Kembangkan Ruang Ritel, Sinar Mas Land Jalin Kemitraan dengan JD.ID

JD.ID akan mengisi ruang ritel di pusat perbelanjaan milik Sinar Mas Land untuk membantu masyarakat mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari.

Foto: istimewa
Foto: istimewa

RealEstat.id (Tangerang) – Pembelanjaan ritel menjadi bagian penting kehidupan masyarakat, meski di masa pandemi Covid-19 ini. Hal ini mendorong Sinar Mas Land untuk bekerja sama dengan JD.ID yang dikenal sebagai salah satu platform e-commerce terpercaya di Indonesia. Penandatanganan kerja sama kedua perusahaan dilakukan pada Senin, 16 Agustus 2021 lalu.

Managing Director Business Development Sinar Mas Land, Alim Gunadi mengatakan, sebagai pengembang, Sinar Mas Land terus memerhatikan kebutuhan belanja warga, khususnya dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan imbauan pemerintah untuk terus berada di rumah.

Baca Juga: Inovasi Pengembangan Jadi Kunci Industri Ritel Bisa Bertahan Hidup

"Dengan adanya kemudahan teknologi digital, masyarakat kini banyak beralih ke belanja online melalui situs dan aplikasi e-commerce sehingga tetap sehat dan nyaman dalam memenuhi kebutuhannya," kata Ali Gunadi.

Menurutnya, kepercayaan dari konsumen merupakan hal yang selalu dijunjung tinggi. Hal ini pula yang menjadi pertimbangan Sinar Mas Land untuk memilih JD.ID sebagai mitra dengan mempertimbangkan review yang baik dari konsumen, serta visinya untuk mengedepankan produk yang asli sesuai tagline-nya ‘#DijaminOri’.

"Melalui kerja sama ini, kami harap JD.ID dapat memberikan pengalaman dan kemudahan perbelanjaan ritel bagi masyarakat di sekitar proyek-proyek Sinar Mas Land,” papar Alim.

Baca Juga: 4 Skenario Properti Ritel di Era "New Normal"

Sementara itu, Chief Finance Officer (CFO) JD.ID, Sandy Permadi menambahkan, bahwa JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce di Indonesia harus tetap memerlukan adanya gerai fisik (offline store) untuk pembelanjaan tatap muka, hal tersebut sejalan dengan rencana perusahaan yang saat ini terus mengembangkan bisnis O2O (online to offline)-nya.

Sebanyak 80% pembelanjaan ritel tetap dilakukan secara offline bahkan di masa pandemi sekarang ini sehingga JD.ID perlu menangkap potensi pasar tersebut. Adanya toko dan gerai yang dapat dikunjungi secara fisik akan meningkatkan kepercayaan konsumen karena mereka dapat memegang barangnya langsung.

"Selain itu, melalui gerai-gerai ini kami juga dapat menyediakan after sales service yang lebih baik. Kami percaya kerja sama strategis dengan Sinar Mas Land ini akan melengkapi kami dengan lokasi-lokasi pusat perbelanjaan ritel yang strategis.” Jelas Sandy.

Baca Juga: Strategi Penjualan Omni Channel Perlu Dimanfaatkan di Sektor Properti Ritel

Melalui penandatanganan kerja sama ini, JD.ID akan mengisi gerai dan toko ritel yang ada di proyek apartemen, gedung kantor, dan pusat perbelanjaan milik Sinar Mas Land. JD.ID juga mempertimbangkan untuk memindahkan kantor pusatnya ke gedung kantor milik Sinar Mas Land, khususnya di kawasan Digital Hub yang merupakan kawasan favorit dari sejumlah perusahaan di bidang teknologi digital.

Ke depannya, JD.ID akan memberikan layanan pembayaran digital (billing payment platform) untuk warga di township dan proyek Sinar Mas Land. Selain itu, JD.ID juga akan menyediakan platform bagi Sinar Mas Land dalam menunjukan produk properti residential, kantor, maupun ruang ritel melalui layanan digital marketing seperti virtual showroom dan acara-acara webinar.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Gedung Terminal St. John di Manhattan, New York (Foto: Dok. Cookfox Architects)
Gedung Terminal St. John di Manhattan, New York (Foto: Dok. Cookfox Architects)
Petugas Call Center Sharp Indonesia tengah melayani konsumen (Foto: Dok. Sharp Indonesia)
Petugas Call Center Sharp Indonesia tengah melayani konsumen (Foto: Dok. Sharp Indonesia)
Fasilitas SPBU Shell di Jakarta Garden City (Foto: Modernland Realty)
Fasilitas SPBU Shell di Jakarta Garden City (Foto: Modernland Realty)