RealEstat.id (Surabaya) – Setelah sukses meluncurkan properti komersial di proyek mixed-use & high rise Tierra, PT Intiland Development Tbk (DILD) melanjutkan pengembangan properti di Surabaya, Jawa Timur. Kali ini, Intiland mempekuat pasar rumah tapak dengan meluncurkan tiga cluster baru sekaligus di perumahan Graha Natura, Surabaya.
Direktur Pemasaran Intiland untuk wilayah Surabaya, Harto Laksono menjelaskan, saat ini adalah momentum terbaik untuk menghadirkan produk-produk hunian baru. Selain potensi pasar perumahan sangat besar, kebutuhan masyarakat terhadap produk rumah tapak cenderung bergerak meningkat, khususnya untuk pasar Surabaya.
Mengantisipasi tren positif tersebut, Intiland meluncurkan tiga cluster baru di Graha Natura Surabaya, yakni: Alamanda, Edenia Extension, dan Magnolia. Ketiga cluster ini menawarkan nilai tambah dan keunggulan produk masing-masih serta disesuaikan dengan kebutuhan dan target pasarnya.
Baca Juga: Cluster Dandelion Graha Natura Surabaya Tawarkan Rumah Sehat Bergaya Compact
“Sejak awal tahun ini animo masyarakat terhadap produk-produk perumahan yang kami kembangkan cenderung terus naik. Kami coba untuk mengakomodasi dan mengisi ceruk kebutuhan tersebut lewat tiga cluster baru ini yang menyasar segmen pasar yang sedikit berbeda, baik untuk keluarga muda maupun segmen yang lebih premium,” kata Harto Laksono dalam siaran pers yang diterima RealEstat.id.
Untuk mengisi kebutuhan untuk segmen pasar keluarga muda, Perseroan menghadirkan Alamanda, cluster terbaru yang menawarkan hunian modern dan compact dengan harga yang terjangkau bagi pasangan muda. Lokasinya yang strategis dekat gerbang utama kawasan, menjadikan cluster ini mudah dijangkau serta dekat dengan beragam fasilitas komersial yang sudah tersedia, termasuk club house.
Pengembangan cluster Alamanda menempati area seluas 4.200 meter persegi dan menawarkan sebanyak 30 rumah berbagai dalam tiga tipe yakni Delonix, Daffodil, dan Violet. Dipasarkan mulai dari harga Rp2,1 miliar, setiap unit menyediakan dua varian pilihan, yakni Standard dengan dua kamar tidur serta tipe Deluxe dengan tiga kamar tidur. Unit-unit rumah dua lantai ini memiliki luas lahan yang sama, yakni 90 meter persegi dan luas bangunan yang beragam, mulai 66 - 97 meter persegi.
Baca Juga: Diluncurkan, Cluster Dandelion Graha Natura Surabaya Bidik Generasi Milenial
Sementara untuk memenuhi kebutuhan hunian dengan lahan dan bangunan yang lebih luas, Perseroan menghadirankan cluster Edenia Extension, yang merupakan perluasan dari salah satu cluster terfavorit di Graha Natura, Surabaya. Menempati area pengembangan 6.600 meter persegi, Edenia Extension hanya menawarkan hanya sebanyak 32 unit rumah yang lokasinya strategis berada di sisi depan perumahan, dekat dengan gerbang masuk kawasan.
Menurut Harto Laksono, Edenia Extension menawarkan rumah dua lantai dengan empat kamar tidur yang dirancang dengan konsep rumah tumbuh. Dibangun di lahan yang cukup luas yakni 144 meter persegi, para pemilikinya dapat mengembangkan sesuai kebutuhan ruang di kemudian hari. Cluster ini menawarkan dua tipe pilihan, yakni Orchid dan Dahlia yang masing-masing memiliki luas bangunan 150 dan 149 meter persegi dan dipasarkan mulai harga Rp2,7 miliar per unit.
“Edenia Extension menjadi jawaban atas respon positif para konsumen terhadap pengembangan cluster Edenia sejak tahun 2016. Karena banyaknya permintaan terhadap tipe tersebut, maka tahun ini kami hadirkan pengembangan baru dengan keunggulan dari segi desain, fasilitas, pemanfaatan fungsi ruang yang lebih efisien. Keputusan ini tepat, karena respon pasar sangat baik dan saat ini sudah lebih dari 50% terjual,” ungkapnya lebih lanjut.
Baca Juga: Intiland Luncurkan Tierra, Proyek Superblok di Surabaya
Selain kedua cluster tersebut, Perseroan juga meluncurkan perluasan cluster Magnolia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap unit hunian yang lebih luas dan premium. Menyasar segmen pasar konsumen yang lebih tinggi, cluster Magnolia hanya menghadirkan sebanyak 17 unit rumah dua lantai dengan luas lahan cukup besar, mulai dari 160 hingga 240 meter persegi.
Unit-unit rumah pada cluster ini menawarkan empat kamar tidur dengan empat alternatif tipe pilihan yang memiliki luas bangunan bervariasi, mulai 173 hingga 252 meter persegi. Dipasarkan mulai harga Rp3,5 miliar per unit, setiap rumah di cluster ini dirancang dengan penataan ruang terbaik yang memberikan kesan nyaman dan lapang bagi penghuninya.
Harto optimistis tingkat kebutuhan pasar di kota Surabaya terhadap tipe-tipe rumah premium tetap ada dan relatif cukup stabil. Untuk memenuhi ceruk pasar tersebut, Perseroan menghadirkan tipe Hawthorn di cluster Magnolia yang merupakan tipe unit terluas dan terbesar yang dilengkapi fasilitas kolam renang privat.
Program Marketing Graha Natura Surabaya
Peluncuran cluster-cluster baru ini menjadi bagian dari strategi Intiland untuk memperkuat pengembangan kawasan perumahan Graha Natura. Kawasan perumahan yang dikembangkan sejak 2011 ini menjadi salah satu proyek utama perseroan untuk pasar properti di Surabaya.
Graha Natura adalah pengembangan kawasan perumahan terpadu seluas 86 hektar yang berlokasi di daerah Surabaya Barat. Kawasan ini berkembang pesat dan dekat dengan sejumlah fasilitas untuk kebutuhan gaya hidup, seperti pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, rumah sakit, dan beragam sekolah internasional dan universitas terbaik.
Sejalan dengan rencana pengembangan jangka panjang, Graha Natura telah dilengkapi beragam fasilitas unggulan yang menjadi nilai tambah dari perumahan ini. Sebuah area penghijauan dengan danau buatan seluas 1,2 hektar telah tersedia di tengah kawasan. Area ini dilengkapi juga dengan jogging track serta playground yang dapat dimanfaatkan sebagai area komunal bagi warga Graha Natura.
Baca Juga: Tierra SOHO Terjual 90%, Intiland Makin Optimistis Kembangkan Superblok di Surabaya
Intiland optimistis dengan kondisi pasar properti di Surabaya akan semakin membaik seiring dengan beragam intensif yang diberikan pemerintah sebelumnya. Seiring dengan dinamika pasar properti yang sedang bertumbuh, Perseroan menyiapkan beragam program promo untuk memudahkan konsumen melakukan pembelian properti.
“Kami siapkan beberapa program promo spesial buat konsumen. Program ini menguntungkan karena memberikan kemudahan dalam pembelian produk-produk properti di Graha Natura,” ungkapnya.
Beberapa program pemasaran tersebut antara lain opsi cara bayar yang ringat, seperti penawaran terbatas bunga KPR 3,75% fixed selama 3 tahun dengan bank terkemuka, maupun hadiah langsung emas hingga 50 gram. Dalam waktu dekat, Perseroan juga akan meluncurkan program kampanye pemasaran yang diselenggarakan secara terpadu dan menawarkan beragam promo, diskon, serta hadiah menarik.
Fasilitas Komersial Graha Natura Surabaya
Sesuai rencana pengembangan kawasan, Perseroan telah melengkapi Graha Natura dengan berbagai fasilitas komersial. Berlokasi tepat di sepanjang jalan boulevard utama selebar 26 meter, perseroan menghadirkan area pusat komersial yang terbagi dalam tiga tahap pengembangan. Pada tahap awal, terdapat fasilitas SOHO Natura 1 dan 2 yang seluruhnya sudah terjual.
Mengakomodasi masih tingginya permintaan terhadap produk SOHO, Perseroan saat ini tengah memasarkan SOHO Natura 3. Menempati area pengembangan seluas 2.000 meter persegi, Perseroan menawarkan sebanyak 15 unit SOHO dua lantai dengan harga mulai Rp2,4 miliar.
“Kami yakin unit-unit komersial ini segera terserap pasar karena potensi sewa dari tahap sebelumnya cukup baik. Sebagian besar sudah beroperasi sebagai kantor maupun showroom, café atau coffee shop, dan fungsi ritel penunjang lainnya,” kata Harto.
Baca Juga: Pasar Surabaya Menggeliat, Gedung Perkantoran Milik Intiland Ramai Peminat
Pengembangan baru lainnya adalah penyediaan fasilitas club house yang memasuki tahapan penyelesaian. Fasilitas bernama Natura Club House ini dibangun di lahan seluas 2.600 meter persegi dan memiliki luas bangunan mencapai 6.500 meter persegi.
Fasilitas club house tiga lantai dan satu area rooftop diproyeksikan ini diproyeksikan mulai beroperasi pada akhir tahun ini. Fasilitas ini menyediakan beragam sarana olah raga yang lengkap, mulai dari gym, kolam renang semi-indoor, jacuzzi, hingga kolam renang anak.
Berkat konsep pengembangan kawasan perumahan yang baik ini Graha Natura telah mendapatkan beragam pengakuan di tingkat nasional. Pengakuan tersebut antara lain meraih penghargaan sebagai The Best Medium Scale Development in Surabaya dalam BTN Golden Property Awards, The Best Project Development in East Java dalam Indocement Awards, serta Green Infrastructure & Open Space dalam Green Property Awards.