Interkom Comelit, Sistem Keamanan Terpadu untuk Hunian Pintar

Perangkat Interkom Comelit mengombinasikan antara komunikasi audio video; kontrol akses; hingga sistem manajemen video keamanan untuk hunian dan lingkungan.

Perangkat interkom comelit menawarkan sistem keamanan pintar di dalam hunian maupun di lingkungan sekitar, yang dapat terintegrasi dan diakses melalui smartphone. (Foto: Datascrip)
Perangkat interkom comelit menawarkan sistem keamanan pintar di dalam hunian maupun di lingkungan sekitar, yang dapat terintegrasi dan diakses melalui smartphone. (Foto: Datascrip)

RealEstat.id (Jakarta) - Pesatnya perkembangan teknologi di era industri 4.0 kian memudahkan manusia dalam mengontrol apapun, tak terkecuali untuk urusan solusi keamanan pada hunian pintar (smart home).

Seiring dengan tindakan kriminalitas yang tinggi, pemilik rumah atau unit apartemen tidak sekedar membutuhkan rasa aman bertempat tinggal.

Akan tetapi mereka juga menuntut solusi sistem keamanan yang dapat memberikan kemudahan pegaturan, efisien serta rasa nyaman ketika digunakan.

Diantara perangkat keamanan yang banyak digunakan adalah interkom. Dengan perangkat audio videophone yang terpasang di properti, penghuni bisa memantau tamu yang datang dan melakukan komunikasi dua arah.

Baca Juga: Kerjasama dengan Eaton, Datascrip Hadirkan Teknologi UPS Mutakhir

Menurut Amran Nukman H.D, Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI), keberadaan interkom pada hunian modern tidak hanya sekadar menjadi alat komunikasi antar tamu dan pemilik properti saja.

"Teknologi yang ada pada interkom membuat pemilik hunian kini menjadi lebih mudah dan nyaman serta terintegrasi dengan berbagai perangkat yang ada di hunian," kata Amran.

Beberapa waktu lalu, Datascrip sebagai authorized distributor di Indonesia menghadirkan produk interkom Comelit yang mampu mengkoneksikan sejumlah perangkat.

Baca Juga: Iwan Sunito: Pandemi Paksa Pengembang Properti Adaptasi Teknologi

Melansir dari siaran pers, Kamis (25/03/2021) interkom Comelit memiliki kemampuan mengombinasikan antara komunikasi audio video; kontrol akses; hingga sistem manajemen video keamanan di lingkungan tempat tinggal.

Melalui Comelit Apps yang tersedia di iOS dan Android, pengguna interkom ini dapat mengkoneksikannya dengan smartphone, sehingga mereka dapat melakukan monitoring dan pengaturan dari jarak jauh.

Fitur Kemudahan dan Kenyaman
Berbicara mengenai teknologinya, perangkat audio videophone terpadu tersebut dilengkapi dengan sejumlah fitur pendukung.

Contohnya saja, fitur Home Away Call Answering di Comelit yang disebut dapat memberikan kemudahan berkomunikasi, meski pemilik rumah atau unit apartemen sedang berada di luar.

Baca Juga: Jababeka Bangun Ekosistem Industry 4.0 Terbesar di Indonesia

Comelit telah dilengkapi dengan teknologi Face Recognition yang berfungsi untuk membuka kunci pintu secara otomatis. Dengan fitur itu pula penggunanya dapat mengetahui informasi orang yang menggunakan akses masuk ke hunian mereka.

Terdapat pula Elevator Acces Guidence yang dapat memandu tamu untuk dapat mengakses lift ke unit apartemen yang akan dituju.

Interkom Comelit juga bisa diintergrasikan dengan sistem smart home, sehingga dapat melakukan pengaturan pencahayaan, suhu ruangan, sistem pemanas air, hingga pengaturan sistem penyiraman tanaman secara otomatis

Baca Juga: Bosch Kenalkan Perangkat Tes PCR Virus Covid-19 Berteknologi AIoT

Menariknya, interkom ini pun bisa memantau situasi fasilitas umum seperti tempat olahraga, taman bermain, tempat parkir, hingga lobi gedung, melalui fitur Public Facility Monitoring.

Sylvia Lionggosari, Business Unit Director Datascrip mengatakan Interkom Comelit tidak hanya memastikan sistem keamanan berjalan dengan baik, namun memberikan kenyamanan bagi penghuni, baik di rumah maupun di apartemen.

"Perangkat keamanan ini dirancang khusus, sehingga segala sesuatu dapat berjalan dengan otomatis, terintegrasi, efisien dan menjadi lebih mudah," pungkas Sylvia.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

The Flying Man, seri furnitur  Grafeiophobia dirancang untuk bekerja sambil berbaring telungkup. (Foto: istimewa)
The Flying Man, seri furnitur Grafeiophobia dirancang untuk bekerja sambil berbaring telungkup. (Foto: istimewa)