Gelar HUT Emas di Yogyakarta, REI Bertekad Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Dengan sumber daya yang dimiliki, REI akan terus mewarnai kebijakan-kebijakan yang diambil Pemerintah Indonesia di sektor properti, terutama perumahan dan permukiman.

Foto: Dok. Real Estat Indonesia
Foto: Dok. Real Estat Indonesia

RealEstat.id (Yogyakarta) – Mengusung tema “Ulang Tahun Emas REI: Garda Terdepan Mewujudkan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh”, Real Estat Indonesia (REI) memperingati HUT ke-50 di Kota Pelajar, Yogyakarta.

Berlangsung selama tiga hari, 19 - 21 Mei 2022, HUT Emas REI ini dimeriahkan sejumlah acara, antara lain Turnament Golf, Bantuan Anak Yatim Piatu terdampak Pandemi, City Tour, dan Gala Dinner di pelataran Candi Prambanan yang diikuti sekitar 1.000 anggota REI dari seluruh Indonesia, sejumlah undangan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, perbankan, dan stakeholder lainnya.

“Seiring berjalannya waktu, tak terasa sudah setengah abad REI berkiprah. Sebagai organisasi perusahaan properti tertua dan terbesar di Indonesia, anggota REI sudah ikut memberikan warna dan kontribusi nyata dalam pembangunan perumahan dan permukiman di Tanah Air,” tutur Paulus Totok Lusida, Ketua Umum DPP REI kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Jadi Kendala Pembiayaan Properti, REI Beri Usulan kepada OJK Terkait Pinjol, Ada Apa?

Saat dibentuk pada 11 Februari 1972, imbuhnya,  keberadaan REI memang dimaksudkan untuk menghimpun dan mempersatukan seluruh potensi pengembang properti nasional tanpa memandang mereka berasal dari pengembang besar, menengah maupun kecil. Semangat kebersamaan, saling membantu dan berkolaborasi itulah yang hingga kini terus ditumbuhkan di REI.

Kolaborasi tersebut, kata Totok, telah melahirkan banyak sekali karya nyata anggota REI dalam beragam jenis properti mulai dari perumahan di semua segmen, perkantoran, perhotelan, pusat perbelanjaan, resor, superblok serta berbagai kota baru dan kota mandiri  di seluruh pelosok negeri.

Saat ini, anggota REI mencapai sekitar 6.300 perusahaan properti yang tersebar di 34 provinsi. Menurut Totok, pihaknya akan terus bersinergi dengan seluruh pemangku kebijakan dan mitra kerja dalam pembangunan perumahan dan permukiman secara berkelanjutan.

“Dengan semua sumber daya yang dimilikinya, REI juga akan terus mewarnai kebijakan-kebijakan yang diambil Pemerintah Indonesia di sektor properti terutama perumahan dan permukiman,” ungkap Totok.

Baca Juga: Tumbuh Signifikan di Masa Pandemi, Sektor Perumahan 'Reborn' di 2022?

Selama 50 tahun kiprahnya, di ajang internasional REI juga berhasil mengantarkan tokoh dan kader-kader terbaiknya untuk memimpin Federasi Realestat Dunia atau FIABCI (Fédération Internationale des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers).

Sejak Indonesia bergabung ke FIABCI pada 1977, untuk ketiga kalinya tokoh REI yakni Budiarsa Sastrawinata akan dilantik menjadi FIABCI World President periode 2022-2023. Selain itu, untuk keempat kalinya tokoh REI yakni Rusmin Lawin (saat ini menjabat Wakil Ketua Umum DPP REI Bidang Hubungan Luar Negeri) juga akan dilantik menjadi President FIABCI Regional Asia Pacific periode 2022-2023.

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi REI, bahkan bagi Indonesia karena putra-putra terbaik Indonesia mampu meraih posisi paling bergengsi di kancah industri real estat dunia,” ujar Totok.

Sebelumnya, dua putra terbaik REI yang pernah menjabat FIABCI World President yaitu Ir. Ciputra (1989 - 1990) dan Ferry Sonneville (1995 - 1996). Adapun putra terbaik REI yang pernah menjabat sebagai President FIABCI Regional Asia Pacific adalah Ir. Ciputra, Teguh Satria, dan Soelaeman Soemawinata.

Baca Juga: Asosiasi Pengembang Ungkap Sejumlah Kendala Sektor Perumahan yang Harus Diatasi Pemerintah

Dukung Pemulihan Ekonomi
Lebih lanjut, Totok menegaskan, pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat pengembang untuk terus membantu masyarakat mendapatkan rumah yang sehat dan layak huni. Meski dalam situasi sulit, REI akan terus berjuang memasok hunian bagi masyarakat sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Sesuai dengan tema HUT ke-50, kami ingin menegaskan bahwa REI siap untuk terus berjuang mewujudkan rumah bagi masyarakat. Kenapa rumah? Karena dari rumah yang layak dan sehat lahir manusia Indonesia yang tangguh dan berkualitas,” kata Totok.

Seperti diketahui, sektor properti memiliki multiplier effect bagi 174 industri terkait lainnya dan 350 UMKM sehingga jika sektor properti bangkit maka dampaknya akan terasa terhadap perekonomian negara secara keseluruhan.

Baca Juga: Rakernas REI 2021: Presiden Berharap Pengembang Jaga Momentum Pertumbuhan Properti

Dia menambahkan, sektor properti sudah terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sektor properti bahkan mampu menyumbang sekitar 13,6% bagi Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2020 baik dari penjualan properti, tanah, kegiatan konstruksi dan lain-lain.

“Setelah 50 tahun berkarya di kancah nasional dan dunia, REI semakin bersemangat dalam satu kesatuan kolaborasi pengembang besar, menengah dan kecil untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi masyarakat Indonesia, menuju Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh dan Indonesia sejahtera,” tegas Totok.

Terakhir, dia berharap semua anggota REI di seluruh Indonesia dapat bergembira di Yogyakarta menikmati kisah sejarah, seni budaya, objek wisata dan tentunya kuliner Yogyakarta yang sangat melegenda.

Baca Juga: REI dan 99 Group Luncurkan Pusat Informasi Ibu Kota Negara Baru

Kebangkitan Ekonomi Daerah
Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara HUT REI ke-50, Wahyu Sulistio menambahkan, peringatan ulang tahun emas ini adalah ajang bagi segenap anggota REI untuk bersilaturahmi, berwisata dan berinvestasi di salah satu daerah yang memiliki jejak sejarah berdirinya Republik Indonesia.

Ditambahkannya, puncak HUT Emas REI ini tentunya akan menjadi ajang silaturahmi dan keakraban anggota REI setelah lebih dari dua tahun terhalang bertemu akibat pandemi. Selain itu, turut mendorong kebangkitan dan pemulihan ekonomi daerah termasuk di Yogyakarta yang menurun selama pandemi.

“Harapan itu seiring dengan tema HUT REI ke-50 sekaligus wujud semangat REI untuk ikut membangkitkan perekonomian nasional dan daerah,” ujar Wahyu Sulistio.

Baca Juga: Kementerian PUPR Ajak REI Tingkatkan Iklim Investasi Properti

Ketua Panitia Pelaksana, Ikang Fawzi mengungkapkan detail acara di mana Turnamen Golf di Merapi Golf Jogja akan mengawali rangkaian kegiatan HUT Emas REI. Tidak kurang dari 75 peserta anggota REI dan stakeholder properti mengikuti turnamen golf ini.

Siang harinya, digelar Rapat Koordinasi DPP REI dan DPD REI seluruh Indonesia yang membahas sejumlah agenda penting. Sementara, malam harinya diadakan Welcome Dinner di Museum Benteng Vredeburg, Jalan Malioboro. 

“Pada Jumat, 20 Mei 2022, seluruh peserta akan diajak menyaksikan kedahsyatan dampak bencana akibat aktivitas vulkanik Gunung Merapi melalui Lava Tour. Selain menyusuri terjalnya lereng Gunung Merapi, peserta Lava Tour dapat merasakan keseruan fun offroad menyusuri lintasan lahar di Kali Kuning. Dan puncak perayaan HUT REI ke-50 akan digelar pada acara Gala Dinner terpusat di pelataran Candi Prambanan yang akan disemarakkan penampilan penyanyi senior Katon Bagaskara,” kata Ikang Fawzi.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Pembukaan Tapera Property Expo 2022 Bogor (Foto: istimewa)
Pembukaan Tapera Property Expo 2022 Bogor (Foto: istimewa)
Sinar Mas Land melalui Grand City Balikpapan menghadirkan Grand City Food Center yang berlokasi di Jalan Sinar Mas Land Boulevard pada Sabtu, 26 Novermber 2022.
Sinar Mas Land melalui Grand City Balikpapan menghadirkan Grand City Food Center yang berlokasi di Jalan Sinar Mas Land Boulevard pada Sabtu, 26 Novermber 2022.
Para pemenang acara Sharp Ecobition Workshop di SMAN 4 Medan beserta jajaran guru SMAN 4 Medan dan perwakilan dari Sharp Indonesia. (Foto: istimewa)
Para pemenang acara Sharp Ecobition Workshop di SMAN 4 Medan beserta jajaran guru SMAN 4 Medan dan perwakilan dari Sharp Indonesia. (Foto: istimewa)
Talkshow Property Mo Mo Gue di ajang IPEX 2022 (Foto: istimewa)
Talkshow Property Mo Mo Gue di ajang IPEX 2022 (Foto: istimewa)