Anda Hobi Memasak? Begini Merancang Dapur Minimalis Nan Fungsional

Pengaturan dekorasi dapur minimalis yang fungsional, pemilik hunian pun tetap dapat menghadirkan suasana nyaman di kala memasak.

Ide dapur bergaya modern dengan desain fungsional. (Foto: Rupawon)
Ide dapur bergaya modern dengan desain fungsional. (Foto: Rupawon)

RealEstat.id (Jakarta) - Bagi Anda yang hobi memasak, tentu memiliki dapur fungsional dengan gaya interior sesuai kesukaan merupakan impian yang diidam-idamkan.

Agar bisa mendukung aktivitas memasak dan menyiapkan minuman, desain dapur modern minimalis haruslah dibuat dengan konsep fungsional dan nyaman.

Namun demikian, ada kalanya keterbatasan lahan rumah minimalis menjadi tantangan bagi pemilik hunian untuk merancang interior dapur yang dapat mendukung kebutuhan dalam menyiapkan makanan bagi para anggota keluarga.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Bentuk Meja Makan Sesuai dengan Ruangan

Terbatasnya area dapur sebenarnya bisa diatasi dengan membuat penataan yang fungsional, serta memanfaatkan rak penyimpanan secara maksimal.

Dengan pengaturan dekorasi dapur minimalis yang fungsional, pemilik hunian pun tetap dapat menghadirkan suasana nyaman di kala memasak.

Berikut ini tips untuk membuat dapur minimalis fungsional dan terasa lebih nyaman.

Lakukan zonasi di dapur
Dalam menghadirkan dapur yang nyaman, pengaturan ruang (zonasi) merupakan hal yang penting. Namun sayangnya, konsep membagi area dapur sesuai fungsinya kerap diabaikan.

Baca Juga: Sering Kali Mengotori Hunian, Ini Dia Trik Mengusir Cicak di Rumah

Pemilik rumah dapat menerapkan konsep zonasi dengan membagi dapur menjadi tiga area kerja dan fungsinya.

Area pertama difungsikan untuk menempatkan peralatan memasak yang sering digunakan. Contohnya, frying pan, bumbu dapur dan lain sebagainya.

Kemudian area kedua, digunakan untuk perabotan dapur yang digunakan secara periodikal seminggu sekali. Misalnya, panci presto yang besar.

Sedangkan untuk area ketiga, digunakan untuk barang-barang yang jarang digunakan atau digunakan hanya pada acara penting, seperti perabot yang digunakan pada momen spesial saja.

Baca Juga: Tips Mendesain Ruang Makan Selaiknya Nuansa Kafe

Perhatikan tata pencahayaan dapur
Elemen pencahayaan memiliki andil besar terhadap hadirnya nuansa nyaman atau tidak pada area dapur. Oleh sebab itu, perhatikan tata lampu di ruangan tersebut.

Buatlah tata cahaya yang sesuai kebutuhan. Tidak terlalu terang dan tak pula terlalu temaram, sehingga akan membuat area dapur menjadi nyaman serta dapat mendukung aktivitas penghuni di dapur.

Desain tempat penyimpanan
Salah satu yang membuat area dapur terasa sesak adalah kurang optimalnya pengaturan tempat penyimpanan untuk bahan makanan dan peralatan memasak.

Anda dapat mengorganisir dengan cara mengumpulkan jenis barang berdasarkan fungsinya.

Misalnya saja, satu bagian rak penyimpanan terbuka digunakan untuk meletakkan bumbu dapur yang disimpan di dalam toples. Selain jenisnya, perhatikan pula bobot dan ukuran dari barang tersebut.

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)