7 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Kreatif dan Kerasan

Bagi yang baru memulai usaha, rumah bisa jadi kantor pertama, di mana Anda dapat tetap menjalankan bisnis secara profesional.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) - Pandemi memang mengubah semua sendi-sendi kehidupan, termasuk cara bekerja. Saat ini, orang sudah tidak awam lagi dengan work from home alias bekerja dari rumah. Namun, perlu diperhatikan beberapa tips dan trik desain interior agar kerasan dan betah bekerja di rumah, pasalnya ambience rumah berbeda dengan kantor.

Bagi yang baru memulai usaha, rumah bisa jadi kantor pertama Anda. Di rumah pun Anda dapat tetap menjalankan bisnis secara profesional, bahkan bisa merekrut karyawan. Untuk itu perhatikan beberapa tips kerasan bekerja di rumah berikut ini.

Baca Juga: Tips Desain Kamar Bagi Anda yang Tinggal di Rumah Mertua

1. Akses Internet
Pandemi telah membawa kita ke era di mana internet menjadi kebutuhan penting untuk bekerja. Jadi, pastikan internet di rumah Anda memiliki koneksi yang baik dan kapasitas yang memadai. Bila perlu, untuk kelancaran bisnis, Anda berlangganan internet dengan jaringan broadband. Jangan lupa, batasi penggunaan aplikasi lain yang bersifat pribadi, seperti sosial media, agar pekerjaan Anda cepat rampung. 

2. Tentukan Jam Kerja
Bekerja di rumah pun mesti memerhatikan waktu, baik untuk istirahat makan maupun beribadah. Buatlah jadwal kerja harian, dan mulailah dengan tugas yang menjadi prioritas Anda.

Misalnya, keinginan Anda bekerja di rumah agar punya waktu lebih banyak dengan keluarga. Jadi lakukan pekerjaan rumah terlebih dahulu, seperti menyiapkan makanan dan membersihkan rumah hingga pukul 09.00. Setelahnya, Anda dapat menjalankan jadwal kerja harian yang sudah disusun.

Sebaiknya samakan durasi kerja dengan durasi kerja kantoran, yaitu 8 jam kerja setiap harinya, sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Baca Juga: 3 Trik Ciptakan Desain Home Office untuk Dukung Produktivitas Bekerja

3. Tentukan hari libur
Jangan mentang-mentang bekerja di rumah, Anda terlalu mendedikasikan seluruh waktu untuk bekerja. Setidaknya, tentukan satu hari dalam sepekan untuk Anda berlibur dan tak memikirkan pekerjaan. Cara ini akan memberikan ide baru dalam bekerja.

4. Area Khusus
Agar Anda dapat bekerja lebih baik dan konsentrasi, ada baiknya Anda memiliki ruangan khusus untuk bekerja. Gunakan satu ruangan sebagai tempat Anda bekerja, misalnya gudang yang Anda renovasi menjadi kantor. Anda juga dapat memanfaatkan sudut-sudut ruangan tertentu yang cukup lega sebagai tempat bekerja atau laiknya kubikel di kantor.

5. Ekspansi Ruangan
Seiring dengan makin banyaknya pekerjaan atau ekspansi bisnis, Anda tentu membutuhkan area tambahan untuk menyimpan berkas, atau bahkan karyawan. Dengan demikian, Anda tentu tidak dapat mengandalkan ruang kerja yang semula hanya Anda gunakan sendiri. Untuk itu, Anda mesti siapkan ruangan tambahan.

Baca Juga: Memahami Ketidaksempurnaan Melalui Gaya Desain Wabi-Sabi

6. Bereskan Ruang Kerja
Usai digunakan atau setiap hari, sebaiknya Anda merapikan ruang kerja serta mencuci peralatan makan yang sudah digunakan. Ruang kerja yang bersih dan rapi akan membuat Anda lebih berkonsentrasi selama bekerja.

7. Ubah Layout Secara Berkala
Agar tidak bosan sekaligus meningkatkan kreativitas, ubahlah layout ruangan setiap 2 - 3 bulan sekali. Tak perlu mengubah secara besar-besaran. Setidaknya, gantilah susunan benda di atas meja kerja Anda atau tambahkan ornamen serta hiasan dinding yang cantik.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Tips investasi properti di mancanegara.
Tips investasi properti di mancanegara.
Deretan kios di pusat perbelanjaan. (Foto: realestat.id)
Deretan kios di pusat perbelanjaan. (Foto: realestat.id)
Peralatan terbuat dari kayu (Foto: Pixabay.com)
Peralatan terbuat dari kayu (Foto: Pixabay.com)