6 Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Mudik Lebaran

Mudik Lebaran bisa jadi memberatkan, karena Anda harus meninggalkan hewan kesayangan dan memastikannya tetap sehat dan terawat.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) - Libur Lebaran umumnya digunakan untuk mudik ke kampung halaman dan meninggalkan rumah untuk sementara waktu. Bagi pemilik hewan peliharaan, berpergian dalam waktu lama seperti saat mudik Lebaran bisa jadi memberatkan, karena mereka harus meninggalkan hewan kesayangan dan memastikannya tetap sehat dan terawat.

Lalu, bagaimana tips meninggalkan hewan peliharaan saat mudik Lebaran? Simak penjelasannya berikut ini:

Baca Juga: 5 Tips Rumah Bersih Bagi Pecinta Hewan Peliharaan

1. Pastikan Kesehatan Hewan Peliharaan Anda
Jika hewan peliharaan Anda sakit saat akan ditinggal mudik Lebaran, sebaiknya rawat inapkan di dokter hewan agar mendapat penanganan khusus selama Anda pergi.

Biasanya selama rawat inap di dokter hewan, makanan dan kebersihan kandang akan terjaga, juga termasuk pemberian obat dan pengecekan kondisi secara berkala. Tarif rawat inap sendiri bervariasi, mulai Rp50.000 - Rp100.000, grooming mulai Rp80.000 - ratusan ribu rupiah, sementara konsultasi dengan dokter hewan mulai Rp85.000 – Rp250 ribuan.

2. Titipkan Pada Orang Terdekat
Cara terbaik meninggalkan hewan peliharaan saat mudik Lebaran adalah dengan menitipkannya pada orang terdekat yang bisa dipercaya, seperti tetangga atau saudara. Jangan lupa, sertakan kebutuhan makanan dan keperluan perawatan lain untuk penunjang kenyamanan hewan peliharaan selama Anda mudik Lebaran.

Baca Juga: Cara Menghalau Ular Masuk ke Rumah, Ternyata Bukan dengan Garam!

3. Gunakan Jasa Penitipan Hewan
Bila tak ada keluarga atau kerabat yang bisa membantu menjaga, gunakan jasa penitipan hewan atau pet shop terdekat. Binatang kesayangan mungkin saja akan jauh lebih aman jika dititipkan pada tempat penitipan hewan karena mereka sudah berada di tangan yang tepat.

Pastikan jenis makanan yang disiapkan memang makanan yang biasa dimakan oleh kucing Anda, karena bila diganti bisa berpengaruh pada pencernaannya. Jangan lupa mempersiapkan obat untuk binatang kesayangan Anda, terutama jika mereka memiliki penyakit tertentu.

4. Titipkan Pada Komunitas Pencinta Hewan
Bila Anda memiliki hewan peliharaan yang tidak umum dan memerlukan perawatan khusus, seperti ular, iguana, sugar glider, landak mini, dan lain-lain, Anda dapat mendatangi komunitas pencinta hewan sejenis. Pasalnya, anggota komunitas inilah yang mengerti cara merawat hewan-hewan peliharaan yang tak lazim tersebut.

Baca Juga: Tips Ampuh dan Mudah Membasmi Kecoa di Rumah

5. Tanyakan Kondisi Hewan Peliharaan Secara Rutin
Jangan lupa untuk selalu rutin menanyakan kondisi hewan peliharaan kepada orang yang Anda titipi. Dengan demikian, apabila kondisi kurang hewan tersebut baik, Anda bisa cepat mengatasinya.

6. Asuransi Hewan Peliharaan
Salah satu cara melindungi hewan peliharaan Anda adalah dengan asuransi. Hal ini sangat diperlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Asuransi hewan peliharaan merupakan upaya perlindungan hewan peliharaan dari risiko kematian, cacat akibat kecelakaan, dan biaya tambahan penitipan hewan sebagai akibat langsung dari keterlambatan jadwal kedatangan dari pesawat ke domisili tertanggung.

Semoga hewan peliharaan Anda aman saat mudik Lebaran!

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Tips investasi properti di mancanegara.
Tips investasi properti di mancanegara.
Deretan kios di pusat perbelanjaan. (Foto: realestat.id)
Deretan kios di pusat perbelanjaan. (Foto: realestat.id)
Peralatan terbuat dari kayu (Foto: Pixabay.com)
Peralatan terbuat dari kayu (Foto: Pixabay.com)