6 Tips Agar Liburan di Pantai Saat Musim Panas Menyenangkan

Meski menyenangkan, Anda tetap harus memerhatikan beberapa tips agar tetap sehat dan bugar saat liburan di pantai.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) – Musim panas identik dengan waktunya liburan. Dan kawasan pantai atau laut merupakan pilihan alternatif tujuan wisata saat liburan musim panas tiba. Kendati demikian, Anda tetap harus memerhatikan beberapa tips agar liburan musim panas di pantai jadi menyenangkan.

Berikut ini tips menikmati liburan di pantai saat musim panas untuk Anda:

Baca Juga: 9 Tips Liburan di Musim Hujan, Agar Aman, Nyaman, dan Tetap Eksis

1. Gunakan Sunscreen atau Sunblock?
Bagi Anda yang ingin berjemur, jangan lupa untuk membawa sunscreen atau sunblock. Anda harus tahu perbedaan keduanya. Sunscreen bekerja memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sementara sunblock mampu mencegah sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit.

Dan jika dibandingkan sunscreensunblock lebih efektif dalam memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB, jenis radiasi yang menyebabkan luka bakar dan kanker kulit. Di dalam sunblock, biasanya terdapat zinc oxide atau iron oxide, titanium oxide sebagai bahan utamanya.

2. Tentukan Waktu Berjemur
Terkadang, dengan intensitas sinar matahari yang tinggi, menggunakan sunscreen masih belum cukup untuk melindungi kulit Anda dari efek buruk ultraviolet. Untuk itu, agar kulit tetap sehat, pilihlah waktu terbaik untuk berjemur, yakni di pagi hari sekitar pukul 08.00 - 09.00.

Pasalnya di jam tersebut, sinar matahari belum terlalu terik dan mengandung vitaman D yang berguna bagi kesehatan. Hindari terlalu lama berjemur, karena bisa membuat kulit terbakar dan melepuh.

Baca Juga: Kawasan Wisata Pantai Malalayang dan Ecotourism Village Bunaken Dibuka Juli 2022

3. Pilih Pakaian yang Sesuai
Gunakan kaos dan celana pendek yang dapat menutup lebih banyak bagian tubuh Anda. Pilihlah swimsuit yang stylish dan fashionable, ditambah aksesori seperti topi dan kacamata hitam, yang akan membuat penampilan Anda semakin sempurna dibanding menggunakan bikini.

4. Pilih Aktivitas yang Tepat
Banyak aktivitas lain yang tepat untuk Anda lakukan ketika berlibur di pantai. Tidak hanya berjemur, tetapi memilih olahraga air seperti jetski, diving, snorkeling, banana boat, dan berenang, tentunya dapat menyegarkan kulit Anda yang terkena sinar matahari.

5. Perhatikan Kesehatan Kulit        
Gunakan produk perawatan kulit yang diperlukan sat sedang menikmati liburan musim panas di pantai. Selain sunblock atau sunscreen, jangan lupa membawa produk yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti lotion pelembap, dan air putih. Ini penting Untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kita dehidrasi karena udara yang panas.

Baca Juga: Desert Rock, Resor Mewah di Sela Pegunungan Batu Arab Saudi

6. Tips Memotret Momen Liburan di Pantai
Cahaya matahari yang berlebih di pantai dapat menyebabkan kualitas foto berkurang. Untuk itu, jangan memotret saat cahaya berlebih di tengah hari. Waktu terbaik memotret adalah di pagi hari sekitar pukul 09.00 atau sore hari sekitar pukul 16.00.

Bila Anda terpaksa memotret di saat top light atau tengah hari, pilih angle terbaik, kemudian turunkan sensitivitas kamera dengan cara menaikkan shutter speed, mempersempit lubang diafragma, atau menurunkan ISO. Bila wajah model terlalu gelap, Anda dapat menggunakan flash. Kamera ponsel pun tak jauh berbeda, karena telah dilengkapi dengan mode pro.

Terakhir, gunakan baju berwarna terang dan kontras dengan warna laut, seperti merah atau kuning. Hal ini akan membuat foto-foto Anda makin semarak.

Semoga tips liburan di pantai ini bermanfaat!

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Dok. Pixabay.com
Foto: Dok. Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com