9 Tips Liburan di Musim Hujan, Agar Aman, Nyaman, dan Tetap Eksis

Musim hujan bukan halangan bagi Anda untuk berlibur, asal semua persiapan dilakukan dengan baik!

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) – Hujan yang terus menerus terkadang menggagalkan rencana-rencana indah yang telah tersusun rapi. Namun, sebenarnya musim hujan bukan halangan bagi Anda yang ingin liburan, jika Anda mengetahui tips dan telah melakukan persiapan matang.

Berikut beberapa tips yang bisa menjadi panduan Anda liburan dengan nyaman di musim hujan:

1. Kenali Daerah Tujuan Liburan Anda
Sebelum berangkat liburan, terutama di saat musim hujan, hendaknya Anda kenali lebih dulu destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Biasanya, kondisi musim hujan di suatu daerah berbeda dengan daerah lain.

Ada wilayah tertentu yang memiliki curah hujan tinggi, seperti di daerah pegunungan, tetapi ada juga daerah dengan curah hujan rendah. Pastikan tujuan Anda aman dikunjungi saat musim hujan.

Baca Juga: Langkah Mudah Buat Rumah Bersih Kembali Usai Terendam Banjir

2. Tentukan Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan
Bagi sebagian orang, liburan di dalam ruangan lebih menyenangkan karena tidak terkena panas matahari atau guyuran hujan. Sementara, bagi sebagian lainnya, aktivitas di luar ruangan sambil diguyur hujan justru terasa lebih seru. Tentukan aktivitas yang ingin Anda lakukan bersama keluarga, namun tetap harus dipastikan kegiatan tersebut aman.

3. Persiapkan Kondisi Fisik
Di musim hujan, bakteri, virus, kuman, dan jamur tumbuh subur. Dengan demikian, penyakit akan mudah menyerang, terutama mereka yang memiliki kondisi fisik lemah. Stamina yang bagus tentu membuat tubuh lebih kuat menghadapi serangan penyakit.

4. Bawa Obat-obatan
Obat-obatan ringan akan sangat membantu dalam kondisi-kondisi tertentu seperti obat sakit kepala, flu, dan diare. Bagi Anda yang memiliki penyakit khusus, bawalah obat-obat yang Anda butuhkan, sesuai anjuran dokter.

Selain itu, lengkapi kotak obat Anda dengan pelengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK), seperti antiseptik, alkohol, kapas, balsam, minyak gosok, dan lain-lain.

Baca Juga: Trik Mudah Mengatasi Pintu Rumah Memuai Saat Musim Hujan

5. Siapkan Pakaian Hangat
Bawalah beberapa baju hangat, jaket, sweater, skull hat, dan kaos kaki yang dapat membantu menghangatkan badan. Jangan lupa bawa payung atau jas hujan, serta pelindung tas (rain cover) untuk melindungi barang Anda supaya tidak kena hujan dan rusak.

6. Mandi Setelah Berhujan-hujanan
Segeralah mandi sehabis hujan-hujan, meski suhu udara dingin. Bilaslah tubuh dari kepala hingga ujung kaki untuk menyegarkan tubuh Anda. Tak perlu takut, air mandi Anda akan terasa lebih hangat setelah berhujan-hujanan.

7. Pantau Prakiraan Cuaca
Meski tidak selalu akurat, prakiraan cuaca dapat membantu Anda mengantisipasi hujan apabila Anda memilih wisata outdoor. Pasang aplikasi prakiraan cuaca atau pantau situs BMKG untuk memudahkan Anda memperoleh informasi cuaca di lokasi wisata. 

Baca Juga: Langkah Panen Air Hujan untuk Keperluan Rumah Tangga

8. Antisipasi Keterlambatan Perjalanan
Cuaca Buruk yang kerap terjadi di musim hujan, membuat jalanan macet atau bahkan jadwal keberangkatan transportasi yang tertunda. Misalnya saja jadwal bus atau pesawat yang seringkali terlambat karena cuaca buruk. 

Untuk itu, Anda dapat mengantisipasi keterlambatan perjalanan dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai, seperti membaca buku, menonton film di gawai, bermain game, atau berkeliling area stasiun atau bandara. 

9. Abadikan Liburan Anda
Tetap eksis di media sosial menjadi keharusan bagi sebagian orang. Agar momen Anda di kawasan yang Instagrammable dapat diabadikan, ada baiknya Anda menggunakan action cam yang tahan air. Anda juga bisa melindungi ponsel dengan waterproof case atau plastik zip lock saat mengambil gambar.

Semoga tips liburan di saat musim hujan ini bermanfaat!

Redaksi@realestat.id

 

Berita Terkait

Tips investasi properti di mancanegara.
Tips investasi properti di mancanegara.
Deretan kios di pusat perbelanjaan. (Foto: realestat.id)
Deretan kios di pusat perbelanjaan. (Foto: realestat.id)
Peralatan terbuat dari kayu (Foto: Pixabay.com)
Peralatan terbuat dari kayu (Foto: Pixabay.com)