5 Tips Mudah Membersihkan Debu di Dalam Rumah

Partikel debu yang berukuran sangat kecil, mudah terbawa angin masuk ke dalam rumah dan menempel di semua tempat. Bagaimana cara mudah membersihkannya?

Vacuum cleaner (Foto: Pixabay.com)
Vacuum cleaner (Foto: Pixabay.com)

RealEstat.id (Jakarta) - Debu kerap membuat furnitur dan perabot di dalam rumah mudah kotor. Pasalnya, partikel padat berukuran sangat kecil ini mudah terbawa angin dan menempel di mana saja. Tapi jangan takut, karena ada cara mudah membersihkan debu yang membandel di dalam rumah.

Agar rumah bebas debu, yang penting dilakukan adalah sering-sering membersihkan rumah. Bersihkan bagian rumah yang mudah dihinggapi debu seperti lantai, karpet, sofa, meja, gorden, serta furnitur.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Aneka Noda yang Menempel di Karpet

Berikut ini beberapa tips membersihkan rumah agar bebas debu:

Bersihkan dengan Penyedot Debu (Vacuum Cleaner)
Mulailah dengan membersihkan lantai rumah dari debu. Lakukan pembersihan di sudut-sudut ruang yang sulit dijangkau. Untuk membersihkan karpet, sofa, gorden serta furnitur lain di rumah dari debu dan kotoran yang menempel, baiknya gunakan mesin penyedot debu (vacuum cleaner).

Untuk mengangkat debu menempel di meja kayu atau kaca, gunakanlah kain sebagai alat pembersihnya. Sedangkan debu yang menempel pada dinding, Anda dapat lakukan pembersihan itu menggunakan kemoceng.

Bersihkan AC Secara Teratur
Agar debu tak beterbangan di dalam ruangan, Anda perlu membersihkan AC secara rutin, karena penyaring AC biasanya menyimpan debu yang tersedot. Lakukan pembersihan dua atau tiga pekan sekali agar ruangan bebas debu dan fungsi pendinginan AC tetap normal.

Caranya cukup mudah, buka penutup AC dan copot penyaring debu di bagian terluar. Bersihkan debu dengan air keran yang mengucur cukup deras. Setelah kering, pasang kembali penyaring AC.

Baca Juga: Ini Dia, Cara Alami Basmi Larva Lalat Paling Ampuh

Pasang Kipas Penyedot (Exhaust Fan)
Biasanya, rumah yang lama tak berpenghuni, selain berdebu juga menimbulkan bau tak sedap. Kurangnya cahaya matahari dan udara yang mengalir masuk, adalah penyebab rumah jadi lembap.

Agar cahaya matahari bisa meyelinap masuk dan udara bersirkulasi di dalam rumah, Anda dapat memasang kipas angin sistem sedot-buang (exhaust fan). Cara ini, selain mampu menghalau bau dan debu secara efektif, juga bisa membersihkan dan menyegarkan ruangan dalam rumah. Pasanglah exhaust fan di kamar mandi dan dapur, agar debu yang ada di ruangan tersebut bersih.

Gunakan Pembersih Udara (Air Purifier)
Peranti lain yang berfungsi membersihkan debu di dalam rumah adalah air purifier atau mesin penyaring udara. Mesin penjernih udara ini menyedot udara—termasuk debu—di dalam ruangan melalui beberapa lapis filter halus dan mengembuskan udara yang bersih.

Selain berfungsi sebagai menyaring dan menetralisasi udara dari kotoran, debu, dan bau. Beberapa produk air purifier juga dirancang untuk membasmi virus, kuman, dan bakteri yang ada di dalam ruangan rumah Anda. Dengan fungsinya ini, air purifier tergolong peranti yang laris manis di masa pandemi seperti saat ini.

Baca Juga: 5 Tips Rumah Bersih Bagi Pecinta Hewan Peliharaan

Atur Sirkulasi Udara
Cara lain mencegah debu agar tidak masuk ke dalam rumah yaitu dengan membuka jendela di setiap pagi atau sore hari selama 10 menit. Tindakan ini dilakukan agar pertukaran udara rumah dan luar teratur.

Hindari untuk membuka jendela sepanjang hari, karena akan menyebabkan debu-debu masuk. Bukalah berulang kali namun, dalam waktu yang singkat.

Semoga bermanfaat.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Efek cermin yang "memperluas" ruangan. (Foto: Pixabay.com)
Efek cermin yang "memperluas" ruangan. (Foto: Pixabay.com)
Juneidi D. Kamil, Pakar Hukum Properti (Foto: RealEstat.id)
Juneidi D. Kamil, Pakar Hukum Properti (Foto: RealEstat.id)