Tips Menghilangkan Aneka Noda yang Menempel di Karpet

Noda atau kotoran yang menempel pada karpet memang menjengkelkan, akan tetapi tidak terlalu sulit untuk dibersihkan, asal Anda tahu caranya.

Menghilangkan noda di karpet. (astrobrite.net)
Menghilangkan noda di karpet. (astrobrite.net)

RealEstat.id (Jakarta) – Noda atau kotoran yang menempel pada karpet memang menjengkelkan, akan tetapi tidak terlalu sulit untuk dibersihkan, asal Anda tahu caranya. Hal penting yang mesti diperhatikan adalah: beda noda, beda pula cara penanganannya.

Berikut ini beberapa tips menghilangkan noda di karpet yang membandel:

Baca Juga: Tips Memilih, Menempatkan, dan Merawat Karpet

Noda cokelat, santan kelapa, saus, dan semir sepatu
Bersihkan noda dengan digosok secara perlahan. Serap noda dengan kain putih basah. Lakukan beberapa kali. 

Campurkan secangkir deterjen non alkalin dengan empat gelas air hangat. Celupkan kain putih, kemudian peras dan gosokkan di bagian yang kotor. Lakukan beberapa kali. 

Setelah dirasa bersih, keringkan dengan kain putih basah (jangan terlalu basah).

Noda darah, telur, dan gelatin basah
Langkah pertama, seraplah noda tersebut dengan kain putih basah, seraplah sebanyak mungkin. Kemudian campur ½ cangkir garam dengan 1 liter air bersih. Gunakan spons untuk membersihkan daerah yang terkena noda. 

Setelah itu keringkan dengan cara dilap dengan kain putih basah (jangan terlalu banyak airnya). Jika masih tetap kotor, campurkan duasendok teh deterjen non alkalin dengan ½ liter air bersih, kemudian bersihkan. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan kain putih basah.

Baca Juga: Ini Dia, Cara Alami Basmi Larva Lalat Paling Ampuh

Noda urin
Gosok noda dengan kain atau handuk putih, lalu serap area ini dengan kain yang dibasahi air hangat. Lakukan beberapa kali. 

Campur dua sendok makan cuka putih dengan 0,5 air hangat. Celupkan kain atau handuk putih, kemudian letakkan di area noda, ulangi bila perlu. 

Setelah itu, bersihkan area dengan kain atau handuk putih. Keringkan dengan hair dryer (lower setting). 

Noda cat kuku dan lipstik
Karena sebagain besar karpet terbuat dari bahan natural, untuk  menghilangkan noda ini bisa menggunakan penghilang warna kuteks,yaitu nail polish remover atau dapat menggunakan obat tetes mata. Setelah beberapa menit, bersihkan noda dengan kain putih kering.

Baca Juga: Perhatikan Penyebab dan Cara Memperbaiki Retak Rambut di Dinding

Noda lilin, mentega, lemak, lem, dan permen karet
Hilangkan sebanyak mungkin noda dengan menggunakan sendok makan, pisau tumpul, atau pisau roti. Kemudian, taruh kertas tisu (untuk menyerap kotoran) di area yang kena noda dan tekan perlahan dengan menggunakan setrika yang hangat, lakukan secara berulang hingga noda yang berlemak tak kelihatan di kertas. 

Setelah itu, campurkan dua sendok deterjen non alkalin dengan duasendok makan cuka putih dan 0,5 liter air hangat, kemudian masukkan area yang terkena noda ke larutan tersebut. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Keringkan seluruh area yang ternoda dengan hair-dryer (low setting) dan biarkan karpet terkena sinar matahari (bila memungkinkan).

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)