Tips Memilih, Menempatkan, dan Merawat Karpet

Cara merawat karpet sebenarnya tidak sulit. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar karpet tak cepat rusak.

Foto: Pinterest
Foto: Pinterest

RealEstat.id (Jakarta) - Meski bukan benda yang wajib dimiliki di rumah, namun keberadaan karpet menjadi nilai lebih buat interior sebuah rumah. Pasalnya, karpet dapat memberi rasa nyaman dan aksen yang unik bagi sebuah ruangan.

Agar karpet tampil maksimal, penempatannya perlu diperhatikan. Setiap warna elemen interior ruangan sebaiknya dibuat senada dengan warna karpet. Misalnya: kain tirai, sofa, dan bed cover harus sesuai dengan kesatuan warna tersebut.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Bentuk Meja Makan Sesuai dengan Ruangan

Selain itu, karpet juga harus disesuaikan dengan tema yang akan ditampilkan di ruangan tersebut (klasik, modern, minimalis dan lain-lain). Karpet juga harus disesuaikan dengan bahan dinding dan lantai ruangan, apakah terbuat dari keramik, marmer, parket, atau bahan lain.

Di sisi lain, hindari penggunaan karpet berwarna sama dengan warna dinding atau lantai, karena karpet tidak akan menciptakan aksen bagi ruangan.

Tips Merawat Karpet      
Cara merawat karpet sebenarnya tidak sulit. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar karpet tak cepat rusak. Misalnya, jika karpet dijadikan alas lemari yang berat, sebaiknya jangan didiamkan bertahun-tahun, karena akan membuat karpet rusak. 

Setiap dua atau tiga bulan, karpet harus dijemur selama setidaknya tiga  atau empat jam. Sebaiknya bagian bawah karpet lebih dulu dijemur, karena di bagian ini sering terdapat endapan air. Setelah itu jemur bagian atasnya, namun jangan terlalu lama, karena warna karpet bisa memudar.

Baca Juga: Cara Menghadirkan Dekorasi Kamar Tidur nan Cantik

Jika terkena noda, seperti noda makanan, minuman, telur, urin, atau darah, langkah awal pembersihan adalah dengan mengusapnya menggunakan kain putih yang dibasahi dengan air hangat, lalu peras hingga tak terlalu banyak airnya. Kemudian, tempelkan kain putih itu ke bagian yang terkena noda. Tunggu hingga noda kotoran terserap ke kain putih. Setelah itu, bersihkan kain dengan air. 

Lakukan cara itu berulang-ulang, hingga noda di karpet terserap semua. Jika noda masih tersisa, gosok secara perlahan searah alur benang. Jangan berlawanan dengan alur, karena akan merusak tekstur karpet.

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)