Wujudkan Global City, Jakarta Garden City Gandeng Investor Mancanegara

Jakarta Garden City telah menjadi kawasan tujuan investasi bagi para investor global, seperti AEON Mall, IKEA, Hongkong Land dan Lotte E&C.

AEON Mall dan IKEA di Jakarta Garden City (Foto: Dok. Modernland)
AEON Mall dan IKEA di Jakarta Garden City (Foto: Dok. Modernland)

RealEstat.id (Jakarta) - Sejak dikembangkan pertama kali pada medio 2007 silam, Jakarta Garden City dibangun menjadi Global City untuk mendukung pembangunan Ibukota Jakarta. Berkembang progresif dengan intensifikasi pembangunan masif, kini rumah yang telah terbangun diJakarta Garden City telah mencapai 3.132 unit dengan penghuni sebanyak 1.575 kepala keluarga (KK).

Diproyeksikan Jakarta Garden City yang dikembangkan PT Mitra Sindo Sukses, anak perusahaan PT Modernland Realty, Tbk. di Jakarta Timur ini akan dihuni sebanyak 50 ribu kepala KK. Demikian penuturan Helen Hamzah, Director Marketing Urban Development PT Modernland Realty Tbk.

Baca Juga: Jakarta Garden City Luncurkan Cluster New Shinano

Helen mengatakan, pengembangan Jakarta Garden City sebagai Global City akan mendukung pembangunan Kota Jakarta. Pasalnya, saat ini, hanya Jakarta Garden City, yang merupakan pengembangan perumahan skala kota (township) seluas 370 hektar, di Jakarta.

“Untuk mewujudkan Jakarta Garden City menjadi Global City, tentu kami tidak bisa sendirian. Untuk itu kami mengajak para investor, baik dari dalam dan luar negeri, agar impian itu lebih cepat terwujud. Kami bersyukur saat ini Jakarta Garden City sudah terlihat wujudnya sebagai sebuah kawasan Global City,” kata Helen Hamzah.

Jakarta Garden City kini telah menjadi sebuah kawasan yang menjadi tujuan investasi utama bagi para investor global seperti AEON Mall, IKEA, Hongkong Land dan Lotte E&C.

Baca Juga: Jakarta Garden City Percepat Pembangunan Lifestyle Center “New East”

Perusahaan ritel perlengkapan dan perabot rumah tangga asal Swedia, IKEA, saat ini sedang menyelesaikan pembangunan IKEA Jakarta Garden City yang berdiri di atas lahan seluas 3,7 hektar dengan bangunan seluas 89.000 m2 sejak proyek ini mulai dibangun pada akhir 2018 lalu. Menurut rencana, IKEA Jakarta Garden City yang lokasinya berseberangan dengan AEON Mal Jakarta Garden City ini akan mulai beroperasi pada awal 2021 mendatang.

Sementara itu, perusahaan perumahan, arsitektur, teknik sipil dan konstruksi pabrik asal Korea Selatan, Lotte Engineering & Construction (Lotte E&C) bersama PT Modernland Realty Tbk. telah resmi membentuk perusahaan patungan (Joint Venture/JV) yang akan mengembangkan proyek mixed use di Jakarta Garden City.

Pembangunan proyek mixed use ini sebagai bagian dari masterplan untuk menjadikan Jakarta Garden City sebagai kota internasional yang memiliki aksesibilitas yang baik, fasilitas lengkap dan potensi yang besar. Proyek kerjasama ini akan terdiri atas apartemen sebanyak 7 tower (32 lantai) yang merangkum 3.310 unit dengan ukuran mulai dari 30 m2, juga ruko sebanyak 64 unit (3 lantai). Diperkirakan project revenue mencapai nilai Rp5,4 triliun.

Baca Juga: IKEA Pick Up Point Jakarta Garden City Resmi Dibuka

Menurut Helen, banyak perusahaan yang menyatakan minatnya ingin bekerja sama untuk ikut mengembangkan Jakarta Garden City. Saat ini pihaknya juga sedang melakukan penjajakan dengan beberapa investor global untuk masuk dalam pengembangan Jakarta Garden City.

"Kami selalu membuka diri dan mengajak para investor, baik dalam dan luar negeri, untuk bersama-sama mengembangkan Jakarta Garden City. Perseroan melihat hal ini sebagai sesuatu yang baik, karena dengan menggandeng perusahaan lain dapat menambah keragaman di Jakarta Garden City untuk ke depannya, serta mempercepat pergerakan aset di kota-kota mandiri Perseroan,” jelas Helen Hamzah.

Lebih lanjut Helen Hamzah mengatakan, dalam pandangan para investor, Jakarta Garden City memiliki nilai investasi tinggi dan merupakan sebuah kawasan yang memiliki prospek cemerlang di masa depan. Hal ini dikarenakan, selain posisinya yang strategis, Jakarta Garden City juga dikelilingi berbagai akses infrastruktur yang mudah dijangkau serta kelengkapan berbagai fasilitas pendukung di dalam kawasan.

Good Infrastructure & Accesibility
Jakarta Garden City lokasinya sangat strategis dan didukung oleh good infrastructure & accesibility. Memiliki akses langsung menuju tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dengan melalui exit tol Cakung Timur. Tidak jauh dari Jakarta Garden City, terdapat Stasiun Commuter Line Cakung (radius kurang dari 7 km, ± 10 menit).

Banyaknya infrastruktur yang telah ada dan sedang dibangun tentu akan sangat menguntungkan bagi perkembangan Jakarta Garden City ke depan. Infrastruktur yang mumpuni membuat aksesibilitas Jakarta Garden City sangat baik karena akan sangat mudah dan cepat untuk mencapai berbagai tujuan.

Baca Juga: Jakarta Garden City Beri Potongan Hingga Rp1,7 Miliar di Promo “Mega Diskon"

Saat ini cukup banyak infrastruktur yang tengah dibangun dan lokasinya tidak jauh dari Jakarta Garden City. Antara lain 6 ruas Tol Dalam Kota Jakarta sepanjang 69,7 Km yang membentang dari Semanan hingga Casablanca, di mana tol tersebut akan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi publik lainnya seperti Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

Lalu jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakkayu) sepanjang 16 Km, JORR 2 sepanjang 111 km dari Bandara Soekarno Hatta hingga kawasan Cilincing di Jakarta Timur. Kemudian kereta layang ringan atau LRT Jabodebek dan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Jakarta Garden City lokasinya tidak jauh dari LRT Gading Nias Station (8 km, ± 15 menit), LRT Pulo Mas Station (9 km, ± 15 menit), Cakung Barat MRT Station Plan, Pulo Gebang MRT Station Plan, dan Ujung Menteng MRT Station Plan.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Chaerul Annas – Project Director LRT City Ciracas (tengah) bersama Felicia Gautama - Vice President of Business Development PT Horizon Internusa Persada - Travelio Property Management (ketiga dari kiri), didampingi jajaran manajemen LRT City Ciracas dan Travelio, usai menandatangani perjanjian kerja sama antara keduanya beberapa waktu lalu.
Chaerul Annas – Project Director LRT City Ciracas (tengah) bersama Felicia Gautama - Vice President of Business Development PT Horizon Internusa Persada - Travelio Property Management (ketiga dari kiri), didampingi jajaran manajemen LRT City Ciracas dan Travelio, usai menandatangani perjanjian kerja sama antara keduanya beberapa waktu lalu.
Signify menghasilkan 84% pendapatan dari produk, sistem, dan layanan hemat energi. (Foto: Signify Indonesia)
Signify menghasilkan 84% pendapatan dari produk, sistem, dan layanan hemat energi. (Foto: Signify Indonesia)
Jajaran direksi generasi pertama dan generasi kedua Kenari Djaja di perayaan HUT ke-56, Senin, 1 Maret 2021.
Jajaran direksi generasi pertama dan generasi kedua Kenari Djaja di perayaan HUT ke-56, Senin, 1 Maret 2021.
Masterplan Subang Smartpolitan (Foto: Suryacipta.com)
Masterplan Subang Smartpolitan (Foto: Suryacipta.com)