Waterfall by Crown Group Sabet 'Lord Mayor’s Prize' di NSW Architecture Awards 2021

Memiliki air terjun setinggi 22 meter, menara hunian Waterfall by Crown Group terinspirasi oleh lebatnya hutan hujan tropis di Kalimantan dan resor khas Bali.

Waterfall by Crown Group.
Waterfall by Crown Group.

RealEstat.id (Jakarta)Waterfall by Crown Group memenangi City of Sydney Lord Mayor's Prize di NSW Architecture Awards 2021. Proyek besutan Crown Group ini dinilai berkontribusi dalam meningkatkan kualitas area publik melalui desain arsitektur yang ditampilkannya.

Selain itu, proyek yang dirancang SJB ini digadang sebagai karya arsitektur yang membawa kehidupan baru serta melampaui desain bangunan saat ini.

Sebagai informasi, tahun ini ada lima proyek yang terpilih menerima penghargaan dari Graeme Jarn, Direktur Perencanaan Kota, Pengembangan & Transportasi Kota Sydney. Termasuk di dalamnya  Infinity by Crown Group yang dirancang oleh Koichi Takada Architects, Arkadia oleh DKO Architecture dengan Breathe Architecture dan Oculus, UTS Central oleh fjmt/Desain Broadway Podium Asli: DJRD dengan Lacoste & Stevenson.

Baca Juga: Pandemi, Harga Properti Australia Justru Naik Melebihi Prediksi

Tahun ini, dua proyek terpilih menjadi pemenang bersama, satu proyek pengembang swasta dan satu lagi proyek garapan pemerintah.

Walikota Sydney, Clover Moore dalam sambutannya mengungkapkan, air terjun setinggi sembilan lantai, trotoar umum yang dibangun di sekitar pohon ara berukuran besar dan perpanjangan area pembangunan ke Taman Rope Walk yang menakjubkan hanya tiga dari sekian banyak alasan mengapa Waterfall by Crown Group menjadi nilai tambah untuk kawasan Waterloo.

Menurutnya, firma arsitektur SJB telah melakukan pekerjaan yang patut dicontoh dalam menunjukkan bagaimana pengembangan hunian ditingkatkan ketika dibangun di samping ruang publik yang berharga yang dapat dinikmati untuk generasi mendatang.

“Pekan ini di NSW Architecture Awards 2021, saya menganugerahi Waterfall by Crown Group dengan Lord Mayor’s Prize, untuk arsitektur yang berkontribusi pada area publik," kata Clover Moore.

Baca Juga: Fenomena 'FOMO' Bikin Penjualan Crown Group Meningkat 200%

Waterfall by Crown Group adalah pengembangan hunian senilai Rp4 triliun yang terdiri dari 331 unit apartemen yang dibangun di empat menara hunian yang saling berhubungan yang ditandai dengan menara setinggi 22 lantai yang elegan dilengkapi penghijauan tropis alamidan taman air.

Menara hunian ini terinspirasi oleh lebatnya hutan hujan tropis di Kalimantan dan resor khas Bali. Waterfall by Crown Group adalah mahakarya desain dari praktik arsitektur pemenang penghargaan yang kreatif, SJB dan menghadirkan nuansa hijau yang menyegarkan ke lansekap perkotaan di mana ia berada.

Sentuhan “Indonesia” di menara hunian yang dikenal sebagai “The Greenest High-rise Residential Complex in Waterloo, Sydney” tersebut, merupakan daya tarik utama, bukan hanya untuk pasar Indonesia tetapi juga pasar domestik Australia.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Gedung Terminal St. John di Manhattan, New York (Foto: Dok. Cookfox Architects)
Gedung Terminal St. John di Manhattan, New York (Foto: Dok. Cookfox Architects)
Petugas Call Center Sharp Indonesia tengah melayani konsumen (Foto: Dok. Sharp Indonesia)
Petugas Call Center Sharp Indonesia tengah melayani konsumen (Foto: Dok. Sharp Indonesia)
Fasilitas SPBU Shell di Jakarta Garden City (Foto: Modernland Realty)
Fasilitas SPBU Shell di Jakarta Garden City (Foto: Modernland Realty)