Tumbuhkan Kesadaran Pangan Berkelanjutan, LG Helat Kampanye 'Better Life for All'

Kampanye “Better Life for All” mencerminkan dedikasi LG untuk memberikan dampak berarti akan penanganan food waste di Indonesia.

LG ciptakan budaya pangan berkelanjutan melalui kampanye 'Better life for all' yang akan berjalan selama periode Maret - Mei 2024. (Foto: RealEstat.id/Adhitya Putra)
LG ciptakan budaya pangan berkelanjutan melalui kampanye 'Better life for all' yang akan berjalan selama periode Maret - Mei 2024. (Foto: RealEstat.id/Adhitya Putra)

RealEstat.id (Jakarta) - LG Electronics Indonesia menghelat kampanye bertajuk "Better Life for All', untuk mempertegas perannya dalam budaya pangan berkelanjutan.

Kampanye ini akan berfokus pada isu food waste atau makanan siap konsumsi tetapi dibuang begitu saja dan akhirnya menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Berdasarkan laporan United Nations Environment Programme (UNEP) tahun 2021, Indonesia menempati posisi pertama di Asia Tenggara sebagai negara yang paling suka membuang makanan laik konsumsi.

Bahkan, sampah pangan terbuang (food waste) Indonesia mencapai 20,93 juta ton per tahun.

Baca Juga: Pangan Terbuang Indonesia Capai 20,93 Juta Ton, LG dan FoodCycle Berkolaborasi Atasi Masalah Food Waste

Hal ini menyebabkan kerugian ekonomi sekitar Rp213 triliun hingga Rp551 triliun per tahun.

Di sisi lain, mirisnya Indonesia berada pada peringkat ke-77 dari 125 negara dalam Global Hunger Index tahun 2023.

"Kami percaya kekuatan inovasi dapat mengatasi masalah-masalah sosial yang krusial, termasuk food waste dan kerawanan pangan," ujar Presiden LG Electronics Indonesia, Lee Taejin.

Edukasi Gaya Hidup Pangan Berkelanjutan

Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia, Jay Jang saat menerangkan kampanye Better life for all
Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia, Jay Jang saat menerangkan kampanye 'Better life for all', Rabu (06/03/2024) di Jakarta. Kampanye ini menjadi inisiatif perusahaan untuk berkontribusi dalam terciptanya budaya pangan berkelanjutan. (Foto: RealEstat.id/Adhitya Putra)

Lebih lanjut, Lee Taejin mengatakan melalui kampanye “Better life for all”, LG bakal mempromosikan budaya pangan berkelanjutan.

Perusahaan juga ingin mendorong konsumsi pangan yang lebih bertanggung jawab, pengurangan food waste dan peningkatan kesadaran lingkungan.

Baca Juga: Inilah Sederet Inovasi Terbaru LG di Ajang CES 2024

"Kampanye “Better Life for All” mencerminkan dedikasi LG untuk memberikan dampak berarti akan penanganan food waste di Indonesia maupun di dunia," kata Lee Taejin.

Adapun kampanye LG ini rencananya akan berlangsung selama tiga bulan. Mulai dari bulan Maret hingga Mei 2024.

Sementara itu, Marketing and Relations Director LG Electronics Indonesia, Jay Jang menambahkan bahwa kampanye food waste ini menyasar generasi muda.

Kampanye ini akan dimulai dengan kolaborasi LG bersama chef ternama Indonesia, Devina Hermawan untuk menciptakan Better Life Recipe, yang menekankan proses meminimalisir terjadinya makanan terbuang.

Baca Juga: LG Helat Kampanye Life’s Good Day untuk Ribuan Karyawannya di Indonesia

Kemudian, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dan membangun diskusi tentang isu ini, LG pun menghelat tantangan melalui layanan sosial media bertajuk #MasakPintarLG.

"Pesan besar yang kami bawa pada tantangan ini ialah mengenai pentingnya untuk menyantap makanan sesuai dengan yang dibutuhkan, terlebih di bulan Ramadan," kata Jay Jang.

Kolaborasi dengan FoodCycle Indonesia

FoodCycle Indonesia bekerjasama dengan LG akan mengedukasi generasi muda akan isu food waste(1)
FoodCycle Indonesia bekerjasama dengan LG akan mengedukasi generasi muda akan isu food waste. (Foto: RealEstat.id/Adhitya Putra)

Untuk mengedukasi masyarakat, LG berkolaborasi dengan FoodCycle Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memerangi food waste dan kelaparan.

LG Indonesia pun akan menghelat Better Life Festival yang akan hadir di Chillax Sudirman, pada 19-20 April 2024 mendatang.

Generasi muda akan mendapatkan pemahaman dan kesempatan merasakan pengalaman tentang food waste dan gaya hidup berkelanjutan dari LG.

Baca Juga: LG Sustainable Village Usung Konsep Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Pameran Teknologi IFA 2023

Festival ini juga mengundang para ahli dan aktivis bidang pangan untuk berbagi wawasan dalam rangkaian sesi talkshow.

Ketika ditanya apakah kedepannya LG berencana untuk berkolaborasi dengan pengembang properti, dalam hal ini pemilik mal.

Pihak LG menjawab masih ingin melihat bagaimana respon kampanye 'Better Life for All' tersebut bergulir.

"Belum ada rencana untuk berkolaborasi dengan pengembang (pemilik mal). Namun, yang ingin kami capai adalah timbulnya kesadaran dan berdampak pada perubahan kebiasaan dari food waste menjadi zero food waste," tandasnya.

Redaksi@realestat.id

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

LG menghelat Better Life Festival, Jumat (19/04/2024) di Chillax Sudirman, Jakarta. Ajang ini merupakan kelanjutan kampanye LG bertajuk ‘Better life for all”, yang didesain sebagai wujud nyata atas inisiatif budaya pangan berkelanjutan. (RealEstat.id/Adhitya Putra)
LG menghelat Better Life Festival, Jumat (19/04/2024) di Chillax Sudirman, Jakarta. Ajang ini merupakan kelanjutan kampanye LG bertajuk ‘Better life for all”, yang didesain sebagai wujud nyata atas inisiatif budaya pangan berkelanjutan. (RealEstat.id/Adhitya Putra)
Ilustrasi keuntungan Tinggal dan Punya Rumah di Lombok. (Sumber: OfficialLombok)
Ilustrasi keuntungan Tinggal dan Punya Rumah di Lombok. (Sumber: OfficialLombok)