RealEstat.id (Jakarta) – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) di Semester I 2024 berhasil mencapai pertumbuhan tahunan dua digit untuk total Kredit dan Dana Pihak Ketiga.
Pencapaian ini didukung oleh pertumbuhan berkelanjutan di seluruh lini bisnis (Enterprise Banking & Financial Institution, Consumer Banking, SME Banking & Adira Finance).
Selain itu, optimalisasi jaringan kantor dan pendekatan ekosistem turut berkontribusi dalam pencapaian finansial PT Bank Danamon Indonesia Tbk di Semester I 2024.
Baca Juga: Kinerja Solid, Bank Danamon Cetak Laba Bersih Rp3,5 Triliun di 2023
Daisuke Ejima, Direktur Utama, PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengatakan, total kredit termasuk Trade Finance Bank Danamon meningkat sebesar 14% secara tahunan (Year-on-Year/YoY) menjadi Rp183,9 triliun.
"Sejalan dengan pertumbuhan kredit, Dana Pihak Ketiga meningkat sebesar 15% (YoY) menjadi Rp146,1 triliun disokong oleh pertumbuhan Granular Funding sebesar 10% pada Semester I 2024," tuturnya dalam konferensi pers virtual Laporan Kinerja Bank Danamon, Selasa (30/7/2024).
Sementara itu, imbuh Daisuke Ejima, pertumbuhan kredit Bank Danamon juga diiringi dengan kualitas aset yang terus terjaga.
Hal ini tercermin dari rasio cakupan Non-Performing Loan (NPL) yang meningkat menjadi 263,2% dari 259,9% pada tahun lalu dan rasio Gross NPL membaik 10bps secara tahunan (YoY) menjadi 2,2%.
Baca Juga: Gelar DXPO, Bank Danamon Tawarkan KPR dengan Bunga Terendah: 1,67%
Dari sisi rentabilitas, Bank Danamon mencatatkan kenaikan Pendapatan Operasional menjadi Rp9,4 triliun, yang didukung oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih dan pendapatan komisi.
Bank Danamon berhasil membukukan Pre-Provision Operating Profit (PPOP) Rp4,3 triliun yang ditopang oleh kenaikan Pendapatan Operasional dengan tetap memprioritaskan investasi berkelanjutan untuk pembangunan fondasi bisnis.
"Pencapaian tersebut berkontribusi terhadap Laba Bersih Setelah Pajak atau net profit after tax (NPAT) Bank Danamon sebesar Rp1,5 triliun," ungkapnya.
Bersama MUFG sebagai perusahaan induk dengan jaringan global dan lokal serta grup perusahaan (Adira Finance, Home Credit Indonesia, Mandala Finance, dan Zurich Indonesia) juga mitra strategis lainnya, Danamon berkomitmen untuk terus bertransformasi sebagai satu grup finansial guna menjadi mitra keuangan terpercaya yang berorientasi kepada nasabah.
Baca Juga: Konser IIMS Infinite Live 2024 Digelar, Bank Danamon Hadirkan Beragam Promo
Danamon akan terus berinovasi untuk tumbuh bersama menjadi grup finansial terkemuka yang memenuhi kebutuhan nasabah, karyawan, pemegang saham, dan regulator.
Sebagai refleksi dari komitmen untuk terus bertransformasi, Danamon dengan bangga mengumumkan pembaruan dari logo Danamon yang diluncurkan bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-68 pada 16 Juli 2024.
Pembaruan logo akan dilakukan secara bertahap, oleh karena itu, akan ada dua logo yang digunakan secara bersamaan di publik yaitu logo sebelum dan sesudah pembaruan.
“Hari ulang tahun ke-68 ini menandai perjalanan berkelanjutan kami sebagai Grup Finansial terkemuka dalam memberikan kontribusi aktif terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia,” pungkas Daisuke Ejima.
Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News