6 Tips Mudah Mendesain Apartemen Kecil Tipe Studio

Apartemen tipe studio memang menawarkan kepraktisan. Namun dengan luas ruang terbatas, bagaimana cara mendesain apartemen tipe studio agar nyaman dihuni?

Pemasangan furnitur fungsional di apartemen studio khusus mahasiswa di Depok. (Foto: Dok. PP Properti)
Pemasangan furnitur fungsional di apartemen studio khusus mahasiswa di Depok. (Foto: Dok. PP Properti)

RealEstat.id (Jakarta) – Tinggal di apartemen menjadi pilihan sebagian orang, terutama generasi milenial. Sayangnya tidak semua orang mampu membeli apartemen berukuran besar, sehingga apartemen tipe studio pun menjadi pilihan. Dengan ukuran ruang yang kecil, diperlukan tips dan trik mendesain agar apartemen tipe studio ini layak dan nyaman dihuni. 

Di lihat dari sisi ukuran, apartemen tipe studio umumnya cukup mungil, yakni berukuran luas 18 m2 - 23 m2 (di beberapa proyek bisa berukuran 25 m2). Di mancanegara, unit tipe studio biasa disebut flat, flat studio, atau bachelor's flat

Baca Juga: Desain Arsitektur dan Interior Rumah Ideal di Era “New Normal”

Unit apartemen tipe studio tidak memiliki sekat. Semua fungsi ruang: ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, dan pantry disatukan dalam satu ruang—kecuali kamar mandi (toilet) yang disekat sebagai ruang terpisah. 

Selain cocok untuk mereka yang memiliki budget terbatas, apartemen tipe studio juga dijadikan alternatif hunian bagi mereka yang malas merawat hunian. Apartemen tipe studio juga mulai banyak diminati pelajar, mahasiswa, dan pegawai, dibanding rumah indekos atau kontrakan. Pasalnya, apartemen dinilai lebih aman dan sangat menjaga privasi. Tak heran jika beberapa developer mengembangkan apartemen dengan menyasar ceruk pasar tersebut. 

Baca Juga: 5 Tips Dekorasi Rumah Sangat Sederhana Agar Tampil Menawan

Apartemen tipe studio memang menawarkan kepraktisan, namun dengan luasan ruang yang terbatas, bagaimana menata dan mendesain apartemen tipe studio menjadi nyaman dihuni? Simak tips berikut ini:

Sekat Area dan Ruang
Apartemen tipe studio yang menyatukan hampir seluruh fungsi ruang—kecuali kamar mandi—memang nyaman untuk mereka yang masih lajang alias single. Namun untuk keluarga muda yang telah memiliki anak, perlu diperhatikan sekat antarruang, seperti tempat tidur. Anda dapat menggunakan tempat tidur tingkat atau tempat tidur loft, sehingga orang tua dan anak sama-sama memiliki ruang private.

Untuk memisahkan tempat tidur dengan ruang lain, Anda dapat menggunakan sekat dengan beragam pilihan bentuk, mulai berbentuk tirai atau aksesori fungsional macam rak buku.

Perabot Multi Fungsi
Dengan luas ruangan yang terbatas, sebaiknya Anda jangan banyak menempatkan banyak perabotan di dalam unit apartemen studio. Ada baiknya, Anda membeli perabotan dan furnitur multi fungsi, semisal tempat tidur yang dilengkapi laci-laci tempat penyimpanan barang, meja dan kursi makan yang dapat dilipat, dan lain-lain.  

Baca Juga: 4 Tips Memilih Bentuk Meja Makan Sesuai dengan Ruangan

Gunakan Cermin!
Cermin kerap menjadi jurus pamungkas untuk membuat ruangan sempit terlihat dua kali lebih luas. Letakkan cermin berukuran besar di sisi dinding yang paling sering dilewati. Efek cermin akan berkali-kali lipat jika Anda meletakkannya di dua sisi dinding yang berhadapan.

Perhatikan Warna
Banyak orang menganggap warna-warna terang akan membuat apartemen tipe studio terasa lebih luas. Namun, ternyata memilih warna-warna terang dari spektrum hijau atau biru bisa menghadirkan stres bagi penghuni. Warna paling baik untuk apartemen tipe studio adalah putih, krem, atau abu-abu.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Sofa Sesuai dengan Ruangan

Pencahayaan Ruang
Pencahayaan ruang mampu membuat mata nyaman sekaligus membuat ruangan sempit tampak lebih luas. Dinding rendah dapat disiasati dengan memasang lampu dinding berbentuk vertikal. Cahaya yang menyebar ke atas dan bawah lampu akan membuat ruangan terkesan lebih tinggi.

Anda juga dapat memasang standing lamp dengan arah cahaya ke langit-langit. Langit-langit yang terang akan menimbulkan kesan jauh dari jangkauan.

Dekorasi
Menampilkan beberapa karya seni bisa membuat apartemen studio terlihat spesial dan artistik. Tampilkan karya seni berupa patung-patung kecil di meja serta beberapa lukisan dan foto di dinding ruang tamu kecil Anda. Dengan penempatan yang strategis, karya seni tersebut bisa menciptakan ilusi ruang yang menyegarkan pandangan.

Berita Terkait

Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)