Trik Mengoptimalkan Dekorasi Ruang Makan Mungil Rumah Type 21

Kunci mengelola dekorasi ruang makan mungil adalah pemilik hunian hanya perlu memikirkan bagaimana cara mengoptimalkan ketersediaan area yang ada.

Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)

RealEstat.id (Jakarta) - Ruang makan merupakan bagian dari area penting dan pusat kegiatan bagi para anggota keluarga. Namun, keterbatasan lahan hunian diperkotaan membuat desain ruang makan kini menjadi berukuran mungil dan kompak.

Misalkan saja, ruang makan rumah type 21/60 yang umumnya dibuat dalam rancangan minimalis dan sederhana, karena mengikuti bentuk lahan tanah yang ada.

Untuk dapat mengakomodasi kebutuhan aktivitas pemilik rumah secara maksimal, diperlukan kecerdikan dalam membuat dekorasi ruang makan mungil.

Baca Juga: Trik Mudah Membuat Gambar Denah Rumah Minimalis Impian

Kunci mengelola area ruang makan pada model rumah type 21 adalah pemilik hunian hanya perlu memikirkan bagaimana cara mengoptimalkan ketersediaan ruang makan sederhana dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya, simaklah trik mengoptimalkan dekorasi ruang makan mungil rumah type 21 sesuai gaya interior yang Anda sukai berikut ini.

Gunakan Furnitur Multifungsi
Solusi pertama untuk menyiasati ruang makan mungil adalah dengan memilih dan menggunakan perabotan furnitur portable dan multifungsi.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Bentuk Meja Makan Sesuai dengan Ruangan

Anda dapat menggunakan meja lipat untuk mengisi area di ruang makan dan dapur minimalis kesayangan.

Untuk melengkapinya, gunakan pula kursi multifungsi yang dapat diubah menjadi tangga kecil untuk membantu mengambil perabotan makan di rak dinding. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat penggunaan ruang.

Gunakan Konsep Lesehan
Untuk membuat ruangan terkesan lebih luas dan tinggi, pertimbangkanlah menghadirkan ruang makan dengan konsep lesehan.

Baca Juga: Anda Hobi Memasak? Begini Merancang Dapur Minimalis Nan Fungsional

Anda dapat menggunakan meja makan berkaki pendek dan karpet serta bantal cushion untuk mendapatkan kenyamanan saat menyantap makanan.

Pencahayaan yang Tepat
Tata pencahayaan dapat mempengaruhi kesan ruangan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan ruangan yang terkesan luas, aplikasikanlah pencahayaaan yang merata pada area ruang makan minimalis.

Less is More
Demi mengoptimalkan area pada ruang makan mungil rumah type 21, ada baiknya Anda tak menambahnya banyak ornamen.

Gunakan konsep less is more pada interior ruang makan Anda. Jika penempatan ruang makan berada menyatu di area dapur, gunakanlah lemari kabinet atau rak yang menempel di dinding. Dengan cara itu, ruangan akan nampak lebih lega.

Berita Terkait

Desain dapur minimalis (Foto: Pixabay.com)
Desain dapur minimalis (Foto: Pixabay.com)
Salah satu inspirasi ruang makan bergaya Maroko yang cocok diaplikasikan di bulan Ramadan. (Foto: www.thedeclaration.net)
Salah satu inspirasi ruang makan bergaya Maroko yang cocok diaplikasikan di bulan Ramadan. (Foto: www.thedeclaration.net)
Kulkas dua pintu Samsung dengan fitur yang dapat memaksimalkan kesegaran makanan. (Foto: Samsung Indonesia)
Kulkas dua pintu Samsung dengan fitur yang dapat memaksimalkan kesegaran makanan. (Foto: Samsung Indonesia)
Mengatur bahan makanan di lemari es secara tepat akan menghemat konsumsi daya  listrik pada lemari es. (Foto: shutterstock)
Mengatur bahan makanan di lemari es secara tepat akan menghemat konsumsi daya listrik pada lemari es. (Foto: shutterstock)