Tren Terkini Pasar Hunian Premium di Jakarta

Jakarta Property Highlight Semester II 2023 mengungkap bahwa pasokan hunian premium mencakup 3,7% dari total pasar properti Jakarta.

Interior hunian premium (Foto: Istimewa)
Interior hunian premium (Foto: Istimewa)

RealEstat.id (Jakarta) – Dalam edisi terbaru The Wealth Report, Prime International Residential Index (PIRI) mencatat secara global pertumbuhan hunian premium berada pada kisaran 3,1%. Tren positif ini terjadi di 80 dari 100 kota di dunia.

Asia Pasifik tampil sebagai wilayah dengan kinerja pertumbuhan hunian premium tertinggi, yakni mencapai 3,8%. Sementara itu, pasar hunian premium di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang stabil di kisaran 0,6%.

Dalam edisi terbaru Jakarta Property Highlight yang dirilis oleh Knight Frank Indonesia, pasar residensial di Jakarta, khususnya di segmen kondominium, didominasi oleh sektor menengah.

Tren ini terus bertahan di tengah ketidakpastian ekonomi yang masih berlanjut, namun stimulasi dari Pemerintah membantu dalam bentuk insentif.

Baca Juga: Harga Rp50 Miliar! BSD City Rilis Layton, Cluster Premium di NavaPark

Sejalan dengan itu, The Wealth Report juga mengungkap perbandingan dalam sektor properti residensial premium, yang menunjukkan jumlah luas hunian untuk setiap USD1 juta (sekitar Rp16 miliar).

The Wealth Report juga melaporkan lima kota dengan harga rumah premium tertinggi, yaitu di Monako, Hong Kong, Singapura, London, dan Jenewa.

Di Jakarta sendiri, rata-rata harga unit apartemen high end dilaporkan berada di harga Rp57,7 juta per meter persegi.

Hal ini berarti, untuk setiap USD1 juta, seseorang dapat memiliki sebuah unit apartemen mewah dengan ukuran sekitar 276 meter persegi di Jakarta.

Baca Juga: Paramount Land Rilis Matera Residences, 'Hunian Sultan' di Gading Serpong

Besaran luas lantai ini secara signifikan lebih besar jika dibandingkan dengan budget yang sama di pasar real estat Asia besar lainnya.

Sebagai contoh, untuk USD1 juta, seseorang hanya dapat membeli sekitar 64 meter persegi properti primer di Tokyo, 32 meter persegi di Singapura, dan hanya 22 meter persegi di Hong Kong.

Di Indonesia, berdasarkan Jakarta Property Highlight Semester II 2023 terungkap bahwa pasokan residensial high end mencakup 3,7% dari total pasar properti Jakarta.

Harga rumah premium di Jakarta saat ini berada di level Rp40 juta per meter persegi dengan lokasi yang sebagian besar berada di Jakarta Selatan (76%).

Baca Juga: Metland Cyber Puri Pasarkan Cluster Rumah Mewah South Tresor Tahap Pertama

Wilayah favorit di Jakarta Selatan yang menjadi pilihan pertama investor real estat berada di Kecamatan Setiabudi dan Kecamatan Kebayoran Baru.

Kedua daerah ini relatif berdekatan dengan kawasan pusat bisnis Jakarta sehingga menjadi pilihan utama bagi para profesional korporat, ekspatriat dan populasi kelas atas Indonesia.

Harga-harga properti di lingkungan primer Jakarta Selatan dapat dimiliki di kisaran harga USD4.000 per meter persegi dengan yield sewa di rata-rata 8%.

Area Senayan dan SCBD (Sudirman Central Business District) di Jakarta Selatan juga dinilai sebagai lokasi primer untuk investasi residensial mewah.

Baca Juga: 6 Potret Mewahnya Bioskop Pribadi Rumah Para Artis, Ada yang Punya Mesin Popcorn Sendiri!

Pengembangan yang terus berlanjut dan konsentrasi aktivitas-aktivitas komersial di wilayah ini terus meningkatkan permintaan dari para individu dan rumah tangga high net worth yang mencari pengalaman gaya hidup yang mewah di dekat hub bisnis Jakarta.

Lebih jauh lagi, lingkungan kelas atas Dharmawangasa di Jakarta Selatan, yang dikenal sebagai daerah perumahan eksklusif, tampil sebagai lokasi yang dicari untuk investasi properti high end.

Areanya yang dekat dengan pusat kota, dan reputasinya sebagai kawasan mewah yang tenang, menjadikannya pilihan yang sangat menarik bagi para investor untuk memenuhi pertumbuhan populasi kelas atas Jakarta yang terus tumbuh.

Secara keseluruhan, kombinasi antara lokasi yang strategis, infrastruktur yang mumpuni dan konsentrasi populasi kelas atas dan para profesional korporat semakin mengokohkan posisi Jakarta Selatan sebagai target investasi residensial mewah yang utama di ibu kota Indonesia ini.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Interior Apartemen Verde Two, Jakarta. (Foto: Realestat.id)
Interior Apartemen Verde Two, Jakarta. (Foto: Realestat.id)
Ruko Multiguna Taman Tekno X, BSD City (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Ruko Multiguna Taman Tekno X, BSD City (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Ruang Kantor (Foto: Dok. Freepik.com)
Ruang Kantor (Foto: Dok. Freepik.com)