Tips Mendesain Ruang Kerja di Rumah Agar WFH Semakin Produktif

Ruang kerja yang didesain berdasarkan kesukaan dan kebutuhan, dapat menentukan efektivitas dan produktivitas kegiatan WFH.

Salah satu inspirasi desain ruang kerja di rumah yang bergaya Skandinavian Look. (Foto: pinterest)
Salah satu inspirasi desain ruang kerja di rumah yang bergaya Skandinavian Look. (Foto: pinterest)

RealEstat.id (Jakarta) - Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta yang ditetapkan kembali oleh Gubernur Anies Baswedan mulai Senin (14/09/2020) lalu, mengharuskan pekerja kantoran kembali bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Jadi, dengan kondisi PSBB tersebut, warga harus kembali mengurangi aktivitasnya di luar hunian mereka dan menyelesaikan pekerjaan kantornya dengan cara WFH.

Untuk mendukung kegiatan WFH dibutuhkan ruang kerja di rumah yang didesain nyaman. Hadirnya ruang kerja pribadi yang sesuai dengan kebutuhan, dapat menentukan efektivitas dan produktivitas saat bekerja di rumah.

Baca Juga: Cermati 4 Hal Ini Bila Pasangan Muda Ingin Punya Rumah Sendiri

Desain ruang kerja di rumah memang sedikit berbeda dengan yang ada di gedung perkantoran. Anda dapat membuat inspirasi ruang kerja minimalis yang suasananya lebih fleksibel dan nyaman.

Lalu, bagaimana cara untuk menghadirkan solusi ruang kerja yang nyaman dan menyenangkan?

Yuk mari disimak tips dan trik mendesain ruang kerja pribadi di rumah agar dapat mendukung produktivitas dalam bekerja.

Atur Secara Vertikal dan Horizontal
Memanfaatkan ruangan secara efisien adalah sebuah keharusan di rumah minimalis. Karena itu, ada baiknya mengatur benda-benda di dalam ruang kerja idaman secara vertikal dan horizontal.

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Tinggal Era New Normal

Misalnya saja, dengan menggunakan rak gantung di dinding untuk meletakkan alat tulis kantor (ATK) secara horizontal. Lalu, tata pula berkas-berkas pekerjaan di atas meja secara vertikal.

Tempatkan Meja Kerja Pada Posisi Terbaik
Biasanya, pemilik rumah akan menghadapkan meja kerja pada dinding kosong. Nah, carilah sudut terbaik dan menarik di hunian Anda untuk menempatkan meja kerja.

Contohnya saja, dekat jendela. Tak ada salahnya memiliki ruang kerja pribadi favorit yang memiliki arah pandangan ke taman rumah atau pemandangan di luar jendela ruangan.

Baca Juga: Ragam Tanaman di Rumah yang Bisa Sejukan Suhu Ruangan

Jadi saat mengistirahatkan mata dari monitor laptop, Anda bisa mendapatkan pemandangan yang menyenangkan dan bisa menyegarkan pikiran.

Namun, pabila ternyata ruangan kerja di rumah tak memiliki jendela atau view yang menarik, Anda bisa menempelkan ornamen hiasan dinding yang disukai sebagai solusi dekorasi ruang kerja di rumah.

Pilih Kursi Kerja yang Tepat
Kursi kerja memiliki peranan dalam menghadirkan rasa nyaman ketika bekerja di rumah. Punya kursi kerja modern, merupakan salah satu investasi penting untuk kesehatan Anda.

Oleh karena itu, pilihlah kursi kerja yang tepat secara model, fungsi, ukuran serta bahannya, agar terasa nyaman digunakan untuk beraktivitas dalam waktu yang lama.

Berita Terkait

Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)