Tips Feng Shui: Cara Aktifkan Energi Positif Ruang di Bawah Tangga Rumah

Untuk kepentingan feng shui, tangga perlu diletakkan pada sektor yang strategis, karena bisa mengoptimalkan energi positif di dalam tata letak interior rumah.

Desai ruang di bawah tangga. (Foto: dok. Pixabay)
Desai ruang di bawah tangga. (Foto: dok. Pixabay)

RealEstat.id (Jakarta) - Menurut aturan feng shui rumah, area di bawah tangga sebaiknya tidak digunakan sebagai kamar mandi/WC atau gudang. Pasalnya, hal ini akan membuat area tangga dikelilingi oleh energi negatif.

Selanjutnya, yang jadi pertanyaan adalah: apakah pengaturan ruang bawah tangga sesuai feng shui seperti ini dapat digunakan di rumah kecil, yang mengharuskan pemilik memanfaatkan ruang secara efisien?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya kita ingat bahwa menurut feng shui, rumah memiliki sektor dengan energi positif yang bisa diaktifkan.

Baca Juga: Feng Shui Rumah: Desain Tangga Pembawa Hoki

Misalnya, kita memerlukan ruang untuk laundry. Nah, meletakkan mesin cuci dan mesin pengering di bawah tangga merupakan gagasan yang baik.

Dengan demikian, area tangga ini bisa tetap diaktifkan, karena adanya getaran, suara, dan cahaya dari mesin yang diletakkan di bawah tangga.

Bisa saja kita tetap ingin menggunakan ruang bawah tangga ini sebagai gudang. Untuk itu, buatlah ruangan gudang ini terbuka—tidak ditutup. Dengan demikian, aliran udara pada area bawah gudang tetap bersih, tidak lembap, dan tidak ada ruangan yang terjebak di bawahnya. Lebih baik lagi jika ruangan ini diaktifkan, misalnya dengan menyalakan lampu.

Pada prinsipnya bagian bawah tangga harus “bersih” dari benda-benda lain. Artinya, sebaiknya Anda tidak menempatkan apapun dalam ruang di bawah tangga.

Baca Juga: Tips Feng Shui: Mengatur Energi Chi Agar Rumah Membawa Hoki

Tangga seperti ini memang lebih cocok untuk rumah-rumah yang ukurannya relatif besar. Desain tangga yang dikosongkan bagian bawahnya memiliki fungsi-fungsi lainnya yang perlu dipertimbangkan oleh pemilik rumah.

Pertama, tangga berfungsi membagi ruang menjadi dua domain fungsi, misalnya sebelah kirinya untuk ruang makan sedang di sisi lainnya untuk ruang keluarga. Bisa juga membagi ruang tidur dengan ruang untuk berkumpul keluarga.

Tangga yang diletakkan pada ruangan besar juga sangat berperan sebagai komponen dekoratif. Biasanya para arsitek memanfaatkan bakatnya secara kreatif merancang tangga yang bisa dinikmati pada ruang tersebut.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Sesuai Aturan Feng Shui

Tangga seperti ini umumnya berada di dalam suatu ruang void, sehingga eksistensinya terlihat secara jelas di dalam ruangan. Estetika merupakan faktor yang penting dalam hal ini, selain bersifat desain inovatif juga memiliki fungsi dan peran yang membuat rumah lebih enak dihuni.

Tentu saja estetika merupakan konsep yang bersifat subjektif. Misalnya saja, belakangan ini banyak orang menyukai desain yang bersifat minimalis.

Untuk kepentingan feng shui, tangga perlu diletakkan pada sektor rumah yang strategis, karena bisa mengoptimalkan energi positif di dalam tata-letak interior rumah.

Semoga bermanfaat.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RealEstat.id.

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com