Tips Bersihkan Furnitur di Rumah yang Terendam Banjir

Banjir menyisakan lumpur dan air kotor yang menggenangi seluruh ruangan, hingga tak jarang juga merendam furnitur di rumah.

Dengan segera membersihkan furnitur setelah terkena banjir akan mencegah kerusakaan pada perabot rumah tersebut. (Foto: Spacestock)
Dengan segera membersihkan furnitur setelah terkena banjir akan mencegah kerusakaan pada perabot rumah tersebut. (Foto: Spacestock)

RealEstat.id (Jakarta) - Seiring dengan intensitas hujan yang meningkat, kerap menimbulkan banjir di berbagai wilayah Jabodetabek.

Baru-baru ini sejumlah perumahan di Kota Bekasi kembali terendam banjir, dengan rata-rata ketinggian air mencapai satu meter.

Banjir di Bekasi yang merendam rumah warga terjadi akibat derasnya hujan yang turun di Bogor, yang berdampak pada tingginya air di jalur pertemuan Sungai Cileungsi dan Cikeas.

Baca Juga: Trik Pilah-pilih Furnitur Bekas Biar Tidak Salah Beli

Setelah air perlahan surut, menyisakan lumpur dan air kotor yang menggenangi seluruh ruangan, hingga tak jarang juga merendam furnitur di rumah.

Agar tak menjadi rusak, furnitur yang terkena banjir haruslah segera dibersihkan dengan penanganan khusus. Berikut ini beberapa tips membersihkan furnitur sehabis terendam banjir dan menghindarinya dari kerusakaan.

Pisahkan Setiap Bagian Furnitur
Beberapa jenis furnitur kayu seperti kursi, meja, hingga tempat tidur dirancang dan dibuat untuk bisa dibongkar-pasang (flatpack).

Nah, kalau Anda memiliki furnitur dengan model flatpack seperti itu, sebaiknya pisahkan terlebih dahulu bagian-bagian perabot.

Baca Juga: Ada Jamur di Furnitur Kayu Kesayangan? Ini Dia Cara Membersihkannya

Hal itu dimaksudkan agar lebih mudah dibersihkan. Namun apabila furnitur rumah tidak bisa dibongkap-pasang, bersihkan secara detail di setiap sisinya.

Bersihkan dengan Detergen Hingga Mayones
Bila sofa berbahan fabric terendam banjir, Anda dapat membersihkan terlebih dahulu lumpur yang melekat menggunakan air bersih, sambil disikat menggunakan detergen.

Kemudian, keringkan dengan menggunakan kain lap lembut. Tunggu hingga kering. Bila yang terendam banjir merupakan furnitur kayu, Anda dapat mengoleskan mayones tanpa rasa dan diamkan beberapa menit. Akhiri dengan menggosoknya menggunakan kain katun hingga bersih.

Pastikan Dalam Kondisi Kering
Memastikannya benar-benar kering sebelum menyatukannya kembali merupakan salah satu langkah untuk menghindari kerusakan pada perabot.

Baca Juga: Apartemen Full Furnished dan Unfurnished, Mana Lebih Menguntungkan?

Furnitur minimalis yang dibiarkan dalam keadaan lembab dapat memicu jamur pada permukaan kayu.

Namun jika terlanjur ada bintik-bintik jamur di permukaan kayu, bisa Anda hilangkan dengan menggunakan cairan anti jamur yang tersedia di toko bahan bangunan.

Merestorasi material kayu dengan krim khusus dan lanolin akan membantu memulihkan kemulusan furnitur kesayangan.

Baca Juga: Langkah Panen Air Hujan untuk Keperluan Rumah Tangga

Kembalikan Kilap Dengan Kemiri
Selain berjamur, banjir juga dapat mengakibatkan furnitur kayu kesayangan Anda kehilangan kilapnya dan menjadi kusam. Untuk menangani furnitur kayu yang kusam karena terendam banjir, Anda dapat menggunakan minyak kemiri.

Caranya, tumbuk kemiri hingga halus. Lalu, bungkus kemiri dengan kain bersih dan remas hingga minyak kemiri muncul dari pori-pori kain.

Gunakanlah minyak kemiri itu untuk mengolesi dan menggosok perabot kayu. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan furnitur yang tetap terlihat mengkilap meski pernah terendam banjir.

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)